Di Jepang, kereta merupakan jenis moda transportasi paling favorit. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya perusahaan kereta api yang menawarkan berbagai macam bentuk perjalanan yang menghubungkan seluruh penjuru negaranya. Bahkan tidak asing bagi seseorang untuk mengatakan dirinya adalah railfan atau penggemar kereta api di Jepang.


Desain Kereta Wisata Ini Dianugerahi Pritzker Prize




Karena apresiasi terhadap kereta sangat tinggi, banyak desainer berlomba-lomba untuk menghadirkan desain kereta yang modern, menarik, namun tetap memiliki aspek fungsiona; yang tinggi. Salah satu desainer tersebut adalah Kazuyo Sejima yang merancang sebuah rangkaian kereta wisata bernama Laview. Pertama kali diperkenalkan pada Maret 2019 yang lalu, desain kereta ini berhasil mendapatkan penghargaan Pritzker Prize.


Baca juga: Tirai Shower ini Akan Buat Kamar Mandi Kecil Jadi Lucu


Desain Kereta Wisata Ini Dianugerahi Pritzker Prize


Jika dilihat dari bagian kepalanya, kereta ini seakan memiliki gaya gabungan kontemporer dan modern berkat bentuknya yang membulat. Kereta ini didesain sebagai rangkaian andalan bagi perusahaan kereta api, Seibu Railway. Sebagai kereta wisata, fitur utama yang paling terlihat dari kereta ini adalah kehadiran jendela yang besar. Jendela ini memiliki ukuran sebesar 1.350 milimeter x 1.580 milimeter.




Desain Kereta Wisata Ini Dianugerahi Pritzker Prize


Rona cerah ditawarkan pada interior kereta ini. Warna hijau stabilo yang teraplikasi pada kursi penumpangnya seakan mengundang daya tarik para calon penumpang yang melihat kereta ini dari luar. Kenyamanan juga jadi nilai penting dalam desain interiornya.


Baca juga: Seperti Alien, Ini Hasil Eksperimen Teknik Fotografi!


Desain Kereta Wisata Ini Dianugerahi Pritzker Prize


Agar para penumpang tetap merasa nyaman, setiap kursi dirancang untuk dapat menopang postur tubuh secara seutuhnya. Bagian punggung yang masuk agak ke dalam dan sanggahan paha yang besar membuat perjalanan kereta ini akan terasa lebih nyaman. Kursi ini juga dilengkapi dengan stopkontak dan tray yang bisa dilipat sebagai fitur praktis untuk Anda yang bepergian namun membutuhkan daya listrik untuk komputer atau gadget.


Sumber foto: dok. Seibu Railway / Design Boom