Dalam memilih pintu ruangan di rumah, tidak hanya penting untuk memerhatikan desainnya saja tetapi juga materialnya. Hal ini karena, masing-masing material pintu memiliki perannya masing-masing terhadap kondisi suatu ruangan. Misalnya saja, pintu berbahan PVC atau polivinil klorida yang umum digunakan sebagai pintu kamar mandi, karena dinilai memiliki ketahanan yang baik terhadap air. 


Namun, sebelum memilih pintu berbahan PVC, ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan pintu PVC untuk kamar mandi. Yuk, disimak!





Kelebihan Pintu PVC untuk Kamar Mandi


1. Pintu PVC Mudah untuk Dibersihkan


(Ilustrasi pintu PVC mudah untuk dibersihkan. Foto: Dok. Purl Soho


Ingatlah, semua jenis pintu apapun materialnya perlu untuk dibersihkan secara berkala, agar dapat memperpanjang usia pakai dan tampilannya, termasuk pintu berbahan PVC. 


Pintu PVC diketahui mudah untuk dibersihkan dan tidak memerlukan pengecatan atau pewarnaan secara rutin. Tidak seperti pintu berbahan kayu yang membutuhkan pembersih khusus, pintu PVC hanya membutuhkan air, sabun, dan kain lap bersih untuk membersihkan debu atau noda. 


2. Pintu PVC Memiliki Daya Tahan yang Baik


(Pintu PVC untuk Kamar Mandi. Foto: Dok. Direct Door)


Pintu berbahan PVC memiliki sifat anti korosif, bebas lapuk, anti karat, dan tahan lembap dibandingkan dengan pintu berbahan kayu, logam dan besi. Karena alasan inilah, penggunaan pintu PVC untuk kamar mandi adalah solusi terbaik.


Pintu PVC terbuat dari material plastik atau polimer yang tahap terhadap air dan anti rayap, sehingga dapat bertahan lama meski sering terkena air. 


3. Pintu PVC Memiliki Desain dan Warna yang Bervariasi


(Pintu PVC untuk Kamar Mandi. Foto: Dok. Direct Door)


Seiring perkembangan industri dekorasi rumah inovatif, tak hanya pintu depan rumah saja yang memerlukan desain unik dan menarik, tetapi pintu kamar mandi juga menjadi komponen penting dari keseluruhan desain rumah. 


Pintu PVC dibuat dengan alat cetak berteknologi tinggi sehingga membuatnya memiliki banyak pilihan desain dan warna pintu yang bisa disesuaikan dengan konsep desain rumah Anda. Mulai dari desain minimalis, bergambar, tersedia dalam beragam warna, hingga yang lengkap dengan cermin. Bahkan, hampir semua desain pintu PVC biasanya dilengkapi dengan lubang sirkulasi udara, sehingga kamar mandi akan terbebas dari pengap dan bau tidak sedap. 


4. Pintu PVC Memiliki Harga yang Murah


(Pintu PVC untuk Kamar Mandi. Foto: Dok. Alibaba)




Pintu PVC memiliki harga yang relatif murah dibandingkan pintu berbahan lainnya. Plus, pintu PVC juga memiliki daya tahan yang baik dan memerlukan pemeliharaan yang sederhana, sehingga dapat menghemat biaya. 


5. Pemasangan Pintu PVC Sangat Mudah


(Pintu PVC untuk Kamar Mandi. Foto: Dok. Direct Door)


Kelebihan penggunaan pintu PVC untuk kamar mandi berikutnya yaitu pemasangannya yang sangat mudah. Hal ini karena, pintu ini memiliki bobot yang ringan, sehingga membuatnya lebih mudah untuk dipasang meskipun tanpa bantuan jasa tukang. Dengan begitu, Anda bisa semakin menghemat biaya pengeluaran. 


Kekurangan Pintu PVC untuk Kamar Mandi


1. Pintu PVC Tidak Cocok untuk Penggunaan Luar Ruangan


(Ilustrasi pintu PVC tidak cocok untuk penggunaan luar ruangan. Foto: Dok.Lisa Fotios / Pexels)


Pintu PVC dapat mengalami degradasi bila terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. Akibatnya, warna pintu akan memudar, dan membuatnya menjadi lebih rapuh. Aspek ini perlu dipertimbangkan ketika Anda ingin menggunakan pintu berbahan PVC untuk kamar mandi yang letaknya di luar ruangan.


Selain itu, suhu udara di luar ruangan yang panas juga dapat membuat material PVC yang terbuat dari plastik atau polimer ini lebih mudah memuai, sehingga dapat memperpendek usia pakai pintu PVC, serta dapat menyebabkan pintu PVC mudah retak dan jadi sulit untuk dibuka-tutup.


2. Pintu PVC Tidak Ramah Lingkungan


(Ilustrasi pintu PVC tidak ramah lingkungan. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


Sebagaimana diketahui, pintu PVC terbuat dari material plastik atau polimer yang sulit untuk untuk didaur ulang. Tak berhenti sampai disitu saja, pada saat proses produksinya melepaskan sejumlah zat kimia berbahaya yang dapat memberikan dampak negatif untuk lingkungan. 


Kurangnya lagi, material PVC juga bisa berbahaya bagi kesehatan manusia, karena material pintu PVC dapat melepaskan VOC (Volatile Organic Compounds) ke udara, sehingga dapat meningkatkan risiko alergi bagi mereka yang tidak memiliki toleran kesehatan terhadap VOC. 


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan pintu PVC untuk kamar mandi. Semoga bermanfaat!


Teaser & Desain Interior: Dok. CM Studio (@cmstudio)