Dari kejauhan, bangunan ini terlihat seperti memiliki fasad menyerupai kulit dari sarang lebah. Sejatinya ini merupakan bangunan masjid ciptaan Andy Rahman Architect di sebuah komplek perumahan di kawasan Sidoarjo.


Tetap Sejuk! Ini Desain Masjid Cocok untuk Iklim Tropis 1



Tetap Sejuk! Ini Desain Masjid Cocok untuk Iklim Tropis 2


Kerap dipanggil dengan nama masjid Sarang Lebah, rumah ibadah ini terinspirasi dari sebuah ayat dalam Al-Quran surat An-Nahl yang secara garis besar menyatakan peran lebah. Hewan ini dianggap sebagai makhluk hidup yang banyak membantu serta bermanfaat positif kepada umat manusia.


Tetap Sejuk! Ini Desain Masjid Cocok untuk Iklim Tropis 3


Ini pula yang menginspirasi Masjid di atas lahan 270 meter persegi ini untuk mejadi rumah ibadah yang sejuk dengan desain masjid yang cocok untuk iklim tropis di Indonesia.


Baca juga, 5 Tips Mendesain Musholla untuk Rumah Minimalis


Tetap Sejuk! Ini Desain Masjid Cocok untuk Iklim Tropis 4


Berangkat dari kearifan Nusantara, arsitek mengadaptasi konsep rumah panggung serta menciptakan dinding bangunan dengan lubang ventilasi berukuran kecil sebagai siasat memberikan aliran udara segar di masjid. Dengan demikian, tanpa harus menggunakan air conditioner, para Jemaah masjid tetap merasa nyaman saat bertandang.


Tetap Sejuk! Ini Desain Masjid Cocok untuk Iklim Tropis 5

Tetap Sejuk! Ini Desain Masjid Cocok untuk Iklim Tropis 6




Dinding luar berwarna putih yang menyerupai sarang lebah ini terbuat dari balok tanah liat berbentuk segi enam yang diproduksi khusus oleh pengrajin lokal asal Buduran, Sidoarjo. Ini pula yang kerap menjadi ciri khas arsitek Andy Rahman dalam menggarap proyek desain, yaitu bersentuhan erat dengan nilai Nusantara baik secara desain, konstruksi, hingga material.


Tetap Sejuk! Ini Desain Masjid Cocok untuk Iklim Tropis 7

Denah Lantai Dasar


Tetap Sejuk! Ini Desain Masjid Cocok untuk Iklim Tropis 8

Denah Lantai 1


Tetap Sejuk! Ini Desain Masjid Cocok untuk Iklim Tropis 9

Denah Lantai 2


Baca juga, Sensasi Beribadah Dari Tengah Permata Bersejarah


Tetap Sejuk! Ini Desain Masjid Cocok untuk Iklim Tropis 10

Tetap Sejuk! Ini Desain Masjid Cocok untuk Iklim Tropis 11


Berkaitan dengan arah qibla saat beribadah, masjid ini memiliki arah bangunan menghadap barat laut yang membuatnya sedikit serong saat dilihat dari depan. Selain itu, rumah Ibadah yang terbagi atas tiga lantai ini turut dilengkapi dengan ramp untuk mempermudah akses bagi difable membuatnya semakin mudah untuk dipergunakan beragam kalangan.


Tetap Sejuk! Ini Desain Masjid Cocok untuk Iklim Tropis 12



Sumber Foto: Mansyur Hasan / Andy Rahman Architect / Archdaily