Meningkatkan kualitas hidup dimulai dari udara dalam rumah menjadi sangat penting untuk diperhatikan sekarang. Bahkan setelah sekian lama berada dalam rumah dan tidak beraktivitas keluar rumah, memiliki udara bersih dalam rumah tidak hanya penting dimiliki selama masa-masa berdiam di rumah tetapi sesuatu yang esensial untuk rumah pada umumnya. 




POOSH


Ada berbagai macam alat pembersih udara yang dapat Anda miliki, tetapi salah satu pembersih udara paling ampuh bukanlah alat elektronik melainkan tanaman hias yang dapat Anda tanam di dalam rumah. Terdapat banyak tanaman indoor yang dapat Anda miliki, tetapi beberapa dari mereka memiliki lebih banyak khasiat dibanding yang lainnya. 


Leaf + Lolo


Menurut riset yang dilakukan oleh NASA, 5 tanaman hias berikut ini dapat membersihkan udara rumah Anda dari berbagai macam toksin dan bahan kimia berbahaya yang tanpa diketahui terdapat di udara rumah Anda. 


1. Sanseviera


@kojoplant


Biasa diketahui sebagai tanaman lidah mertua, memiliki paras yang menarik dan berdiri tegak, tidak heran jika Sanseviera biasa hadir sebagai tanaman indoor. Bukan sekedar stylish, Sanseviera juga dapat membersihkan udara dari formaldehida yang biasa ditemukan di dalam produk pembersih, dan perlengkapan rumah lainnya. Tanaman ini juga dapat memproduksi oksigen setiap malamnya. 


Plantis et Java


2. Spider Plant


@rulantplants


Melalui rangkaian tes yang dilakukan NASA, Spider Plant terbukti dapat menghilangkan sekitar 90% formaldehida yang memiliki potensi menyebabkan kanker dari udara. Spider Plant merupakan salah satu tanaman hias yang pantas dimiliki untuk living space ataupun area kerja Anda. Tanaman ini juga dapat memfilter toksin lainnya seperti trikloroetilen dan bensol.


@rulantplants


3. Peace Lily


Plantis et Java


Peace Lily merupakan salah satu tanaman hias yang terdiri dari bunga dan dedaunan. Oleh karena itu, Peace Lily memerlukan sedikit lebih banyak perhatian seperti menyemprotkan air pada daunnya beberapa hari sekali dan memastikan tanah pada potnya tetap lembab. Perawatan ini yang sebenarnya mengaktivasikan Peace Lily sebagai humidifier alami untuk rumah.




Cassa Kebun


Selain itu, Peace Lily juga dapat membasmi jamur dalam rumah, pastikan untuk menempatkan tanaman ini dibawah sinar matahari pagi dan sore hari yang tidak terlalu terik.


Plantis et Java


4. Monstera


Cassa Kebun


Salah satu favorit dari tipe tanaman philodendron berdaun lebar adalah tanaman hias Monstera yang juga termasuk dalam daftar tanaman hias yang menurut NASA efektif dalam membersihkan polusi udara. Hanya saja tanaman ini mungkin tidak cocok dimiliki jika Anda tinggal dengan anak-anak dan memiliki hewan peliharan, meski ampuh dalam membersihkan udara daun monstera beracun jika termakan.


Salmanda Plants


5. Fern Plant

Plantis et Java


Fern Plant atau biasa diketahui sebagai tanaman pakis merupakan tanaman yang baik untuk menghilangkan berbagai macam polutan udara termasuk formaldehida, xylene, dan toluena. Jika Anda belum tahu sebelumnya, polutan udara ini yang biasa menyebabkan pusing kepala, gangguan pernapasan, dan tumbuhnya sel kanker. Betul, semua polutan ini kemungkinan terdapat di udara dalam rumah Anda dan tanaman pakis dapat membantu membasminya.


Plantis et Java


Ada berbagai macam tanaman pakis yang dapat menjadi pilihan Anda, salah satu yang sangat efektif dalam membersihkan udara yaitu Boston Fern. 


Sumber teaser: Leaf + Lolo
Teks oleh: Annika Fathma