Menyewa rumah menjadi pilihan banyak orang yang ingin berpindah tempat untuk sementara waktu atau agar lebih dekat dengan tempat kerja salah satunya. Banyaknya orang yang menyewa rumah, mencari apartemen atau rumah sewa yang memenuhi berbagai macam kebutuhan dan sesuai dengan desain rumah yang disukai tentu sangat sulit dan jarang ditemukan. 





Fine Line


Rumah Anda, baik untuk sementara waktu ataupun sewaan, pantas menjadi tempat Anda terasa nyaman dan layaknya rumah sendiri. Tidak sulit mengemukakan desain untuk hunian sewaan Anda, 6 cara berikut ini dapat menyulap rumah sewa Anda terasa seperti milik sendiri.


1. Gantikan pencahayaan pada ruangan


Matthias Eckert Photography


Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menggantikan bohlam lampu atau lampu yang ada dalam rumah sewa Anda.


Vievva Designers / iDesignArch


Menggantikan sinar lampu yang terlalu redup dengan yang terang atau warm tone untuk dalam kamar dapat membuat suasana rumah terasa lebih friendly dan menyambut. 


Robert Granoff / Matter


2. Pasangkan atau ganti tirai pada jendela


Robert Granoff / Matter


Siapapun yang pernah menyewa rumah pasti pernah merasa terganggu atas gorden atau tirai yang berwarna norak yang terdapat di hunian sewaan Anda. Menggantikan tirai dengan warna yang lebih kalem, berukuran floor-length, dan dengan tipe bahan yang sesuai dapat mengubah estetika ruangan dan menyiasati sinar matahari dengan baik.


Emily Andrews / Athena Calderone

Sekadar tirai tipis atau gorden dengan fungsi black-out dapat Anda sesuaikan dengan gaya hidup dan selera desain Anda agar terasa seperti rumah Anda sendiri.


Banda


3. Dekorasi dengan tanaman hias



Melyssa Griffin

Banyak rumah sewa tidak memperbolehkan untuk memaku dinding, maka dari itu menggantung karya seni atau frame foto tidak dapat menjadi pilihan sebagai dekorasi. Tanaman hias menjadi pilihan dekorasi yang pas untuk rumah sewaan yang dapat dengan mudah mempercantik dan menyegarkan rumah Anda.


Leaf + Lolo


Di dalam kamar mandi, di atas meja makan, di samping tempat tidur, ada berbagai macam tanaman hias yang dapat Anda hadirkan di dalam rumah Anda sesuai dengan kegunaan ruang. Selain itu, tanaman hias juga memiliki manfaat sebagai pembersih udara yang dapat membasmi toksin yang mungkin saja terdapat pada rumah sewa Anda.



Leaf + Lolo

4. Manfaatkan kaca cermin




Deb and Danelle


Tidak perlu dipasangkan pada dinding, sebuah kaca cermin berukuran full-length yang biasa disandarkan pada dinding biasa dikaitkan dengan gaya desain yang maksimal dan mewah. Kaca cermin juga dapat membuat ilusi ruangan yang lebih leluasa dan terasa lega terutama untuk ruangan kecil.



Dylan James / Karin Bochnik


Sebuah kaca cermin juga dapat Anda gunakan pada dinding untuk menyembunyikan kotak listrik. Pilihlah kaca cermin yang sesuai dengan gaya desain kesukaan Anda, baik yang memiliki frame vintage atau cermin dengan lampu LED yang modern.


Fine Line

5. Merubah layout furnitur semula


LAANK


Jangan merasa Anda harus nyaman dengan layout furnitur dan penempatan ruang yang ada, rubah layout furnitur agar Anda memaksimalkan ruangan dengan baik. Memindahkan dan menempatkan furnitur sesuai keinginan Anda juga dapat merubah tempat tinggal Anda agar terasa baru dan segar.


Matthias Eckert Photography


Penempatan furnitur juga dapat Anda gunakan untuk mengkamuflase hal-hal yang terlihat berantakan seperti rangkaian kabel dari televisi.


Banda

6.Tambahkan sentuhan gaya desain Anda


Emily Andrews / Athena Calderone


Walaupun rumah sewa bukan milik Anda secara permanen, rumah sewa Anda patut memiliki sentuhan gaya desain Anda sendiri. Menambahkan selera gaya desain Anda merupakan satu-satunya cara membuat rumah terasa seperti milik Anda sendiri. Jika Anda menyukai karya seni, hadirkan karya seni yang berukuran besar yang dapat Anda sandarkan pada dinding.


Dylan James / Karin Bochnik


Membeli furnitur yang berkualitas dan sesuai dengan gaya desain Anda menjadi pilihan furnitur yang baik karena dapat Anda gunakan kembali setelah berpindah dari rumah sewa Anda.


Banda


Meskipun akan memakan biaya yang lebih banyak, membeli barang yang berkualitas dan tentunya Anda sukai pasti akan terpakai dan Anda miliki untuk jangka waktu yang panjang. 


Sumber teaser: LAANK
Teks oleh: Annika Fathma