Jika Anda pernah mengunjungi Osaka, Jepang dan singgah di area Dotonbori untuk merasakan kuliner seafood-nya yang terkenal, Anda mungkin familiar dengan lampion raksasa berbentuk fugu atau ikan kembung di sana.


Lampion tersebut merupakan monumen paling ikonis yang lekat dengan keberadaan kota Osaka sebagai salah satu sumber panganan laut terenak di dunia, seperti kepiting dan fugu.







Monumen ikonis itu sendiri merupakan milik dari Zuboraya, restoran seafood yang telah berdiri sejak 1920 silam. Di Zuboraya, panganan berbahan ikan kembung memang menjadi specialties favorit para turis lokal, maupun mancanegara.


Baca juga: The Lakehouse, Sensasi Makan di Tengah Hutan Pinus


Sayangnya akibat pandemi Covid-19 yang ikut menghantam perekonomian Jepang, restoran Zuboraya yang baru saja merayakan 1 abad ulang tahun mereka, terancam tutup dan monumen ikonis tersebut juga akan dicopot dari tempatnya.






Pemilik Zuboraya mengatakan jika ia memang merencanakan untuk menutup restoran akibat persaingan pasar yang semakin ketat. Sebaliknya ia akan fokus untuk mengembangkan bisnis real-estate yang dia miliki.




Zuboraya Dotonbori untuk sementara ini masih dibuka untuk umum, sedangkan cabang lainnya di Shinsekai baru mulai dibuka pada 15 Juni. Kedua restoran tersebut akan beroperasi hingga akhir September dan semua staf akan dipekerjakan dan dibayar penuh hingga akhir.


Sumber, Foto:  Soranews24
Teaser: Japan Highlights Travel