Bukan Kengo Kuma kalau tidak menciptakan arsitektur menakjubkan menggunakan kayu sebagai elemen utama.







Di dalam karya terbarunya yakni restoran Mikuni Izukogen, yang terletak di tebing Semenanjung Izu, Shizuoka, Jepang, konfigurasi papan cypress wood saling-silang bersanding dengan indahnya pantai berbatu dan hijaunya hutan.




Kengo Kuma and Associates ingin menciptakan bangunan yang memiliki "struktur serupa awan" di antara lanskap sekelilingnya dan dapat berbaur dengan lokasi yang berbukit.


Baca juga: Simak Inspirasi Unik Desain Rumah Dua Lantai Minimalis


Untuk membuat hal tersebut terealisasi, Kuma memutuskan untuk menggunakan Kakezukuri, metode konstruksi Jepang menggunakan pilar untuk memberikan tumpuan stabil bagi bangunan yang berdiri di puncak bukit atau tebing.






Rangkaian balok baja menjadi fondasi yang menopang Mikuni Izukogen. Bangunan utamanya sendiri dibangun menggunakan kaca, agar pengunjung dapat menikmati pemandangan Teluk Sagami yang indah.


Baca juga: Menyulap Rumah Tradisional Jepang dengan Paras Modern


Papan cypress wood yang lebar dengan panjang 11.4 meter lalu disusun dalam konfigurasi saling-silang di atas atap. Papan tersebut menjorok jauh hingga melewati dinding kaca restoran dan juga berfungsi sebagai shade.




Masuk ke bagian dalam, area makan sengaja dibuat simple agar tidak mengganggu pemandangan lanskap yang dramatis. Di bagian ceiling, konfigurasi saling-silang panel kayu tetap dapat terlihat, berpadu dengan warna natural dari lantai timber.


Sumber: Dezeen
Foto & Teaser: Kobayashi Kenji Photograph Office