Wastafel adalah salah satu komponen penting yang sangat diperlukan dalam sebuah kamar mandi. Secara fungsi, wastafel digunakan sebagai tempat mencuci tangan, mencuci muka, menyikat gigi, dan lain sebagainya. 


Wastafel kamar mandi hadir dalam berbagai ukuran, material, bentuk, dan warna. Anda dapat menyesuaikannya dengan selera dan desain interior rumah Anda secara keseluruhan. Berikut ini CASA Indonesia telah merangkum lima inspirasi desain wastafel minimalis untuk mempercantik kamar mandi Anda. 





1. Wastafel Minimalis dari Kaca


(Wastafel minimalis kaca. Foto: Dok. Victor Vasilev)


Desain wastafel kamar mandi seperti ini akan memberikan kesan futuristik ke dalam kamar mandi Anda. Wastafel minimalis ini memiliki desain berbentuk kubus dengan penggunaan material kaca yang membuatnya tampak seolah melayang dan hampir tidak terlihat. Pinggiran wastafel yang diberi warna hitam juga makin menonjolkan kesan minimalis. Ditambah lagi, desain wastafel yang dibuat pada 2010 oleh Victor Vasilev ini menampilkan desain ramping yang unik, sehingga dapat menambah nilai estetika di dalam kamar mandi Anda. 


Menariknya lagi, keran air ditempatkan pada dinding yang terhubung pada kubus, sedangkan pipa air ini disembunyikan di balik dinding untuk memberikan tampilan kamar mandi yang unik dan menawan. 


2. Wastafel Minimalis dari Kayu Jati


(Wastafel minimalis melayang. Foto: Dok. Magnus Home)


Kayu jati dihargai karena keindahan dan kekuatannya. Maka tak heran, jika kayu jati menjadi material furnitur serbaguna, termasuk untuk furnitur di kamar mandi. Hal ini karena, kayu jati mengandung minyak alami yang membuatnya tahan terhadap air dan mencegahnya melengkung, retak atau menjadi rapuh. Kayu jati secara alami tahan terhadap jamur, sehingga menjadikannya pilihan ideal untuk lingkungan kamar mandi yang lembap dan basah.


Selain karena ketahanannya, penggunaan material kayu untuk wastafel juga akan memberikan kesan alami, mewah dan menciptakan lingkungan yang hangat untuk kamar mandi Anda. 


Di sisi lain, perawatan wastafel berbahan kayu jati mudah dilakukan, yakni hanya dengan menggunakan sabun lembut dan kain lembut, serta hindari segala jenis produk atau alat pembersih bersifat abrasif, agar wastafel lebih tahan lama dan tidak mudah mengalami kerusakan. 


3. Wastafel Minimalis Melayang


(Wastafel minimalis melayang. Foto: Dok. Etsy / Pinterest)




Pada dasarnya, wastafel melayang merupakan wastafel yang ditempatkan pada dinding, yang menciptakan tampilan ramping sehingga cocok untuk kamar mandi yang tidak terlalu luas. Wastafel ini juga dapat meningkatkan estetika minimalis, serta dapat dapat menciptakan ilusi ruang lebih banyak di kamar mandi. 


4. Wastafel Minimalis dari Batu Alam


(Wastafel minimalis dari resin. Foto: Dok. Build)


Model wastafel minimalis dari batu alam mampu menciptakan nuansa kamar mandi yang alami dan unik. menariknya dari model wastafel ini adalah setiap wastafel batu alam dibuat dalam kondisi alami, sehingga membuatnya sangat unik. Untuk semakin menambah kesan minimalis ke dalam ruangan kamar mandi Anda, padukan wastafel batu alam dengan cabinet kayu sebagai penyanggah wastafel dan juga sebagai ruang penyimpanan. 


Di samping keunikannya, wastafel batu membutuhkan perawatan yang ekstra agar batu tidak mudah mengalami keropos dan dapat bertahan lebih lama. Maka dari itu, hindari produk pembersih yang mengandung asam dan bahan kimia yang keras atau abrasif. Selain itu, jangan biarkan deposit mineral seperti besi, garam, kapur, atau sabun menumpuk di wastafel dalam waktu yang cukup lama.


5. Wastafel Minimalis dari Resin


(Wastafel minimalis dari resin. Foto: Dok. Homary)


Resin terbuat dari campuran poli-resin, yang memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan batu. Material resin juga dikenal sebagai "batu buatan manusia,” dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam furnitur, termasuk wastafel. Hal ini karena, resin termasuk material yang tidak mudah keropos, tahan terhadap goresan, noda, dan perubahan warna. 


Tak kalah dengan material wastafel lainnya, penggunaan material resin untuk wastafel juga akan memberikan kesan minimalis, unik dan mewah untuk kamar mandi Anda. 


Dari segi perawatan, wastafel resin tidak memerlukan perawatan yang khusus, cukup bersihkan permukaan dengan kain lembut kering setelah digunakan. Hindari produk pembersih apa pun yang mengandung bahan abrasive, asam, atau amonia.


Teaser: Duravit (@duravit)