Pulau Santorini, pulau yang terletak di selatan Laut Aegean dan menjadi bagian dari Yunani ini banyak menawarkan keajaiban. Selain pemandangan tepi lautnya yang dramatis, Santorini juga memiliki keindahan arsitektur Cycladic bersejarah yang sangat indah.







Arsitektur monolitik tersebut digubah dalam bentuk lebih modern oleh biro arsitek asal Yunani, Kapsimalis Architects oleh karya terbaru mereka, House in Pyrgos.




House in Pyrgos merupakan rumah liburan berbentuk benteng yang dibalut dengan plaster bernuansa tanah. Dibangun di lokasi pinggir tebing, rumah tersebut dikelilingi oleh kebun anggur dan langsung menghadap Laut Aegean.


Baca juga: Tetap Sejuk! Ini Desain Masjid Cocok untuk Iklim Tropis


Rumah satu atap ini dapat dipisah dengan mudah menjadi tiga apartemen terpisah dengan masing-masing ruang outdoor privat.






Dibangun dalam dua lantai, House in Pyrgos dilengkapi dengan dapur dan ruang keluarga di lantai pertama, dan tiga kamar tidur dan dapur kecil di lantai kedua.




Pada bagian luar, rangkaian jalur setapak menghubungkan berbagai ruangan yang terletak di ketinggian berbeda. Salah satu jalur menuju teras, lalu kolam berbentuk unik dengan sunken lounge.


Baca juga: Hotel Di Meksiko Tawarkan Sentuhan Lokal Pada Desainnya


Untuk material utama, rumah ini menggunakan beton olahan sebagai struktur, lengkap dengan atap pelana bulat yang halus serupa atap-atap arsitektur Cycladic khas Santorini.




Beton lalu dikombinasikan dengan aksen keramik, bebatuan, dan finishing kayu untuk menggambarkan jika rumah ini masih bagian dari lanskap alami Santorini yang indah.


Sumber: Dezeen
Foto & Teaser: Kapsimalis Architects / Giorgos Sfakianakis