Meja dapur merupakan furnitur pendukung yang biasanya ada di setiap dapur. Memiliki fungsi yang jelas, yaitu untuk menyediakan perlengkapan makanan hingga meletakkan makanan yang sudah matang untuk para keluarga menikmatinya dengan nyaman. Meja makan yang memiliki beragam model ini ternyata mempunyai satu yang paling populer di kalangan masyarakat, yaitu model meja makan minimalis. 


Memiliki berbagai jenis lagi di dalamnya, jenis meja dapur minimalis, material dapat disesuaikan dengan penghuni rumah dan keseluruhan desain dari dapur tersebut. Untuk itu, CASA Indonesia telah menyediakan 10 model meja makan minimalis yang dapat menjadi inspirasi untuk dirumah!




1. Meja dapur yang menyatu dengan meja makan

Yuta Yamada / Hearth Architects


Multifungsi, itu yang mencerminkan meja dapur ini. Bayangkan, dalam satu meja Anda bisa melakukan beragam aktivitas, mulai memasak, mencuci, serta menyantap hasil masakan dalam meja yang sama. Tentunya Anda tidak perlu repot-repot untuk bolak-balik saat menghidangkan makanan pada nantinya. 


Baca juga, 25 Desain Dapur Cantik yang Bisa Anda Tiru dengan Mudah


2. Simpan peralatan dapur di dalam meja ini


David St George / Pac Studio


Punya banyak peralatan dapur atau bahan-bahan makanan? Meja dapur yang memiliki ruang penyimpanan bisa menjadi solusinya. Biasanya meja ini memiliki banyak kabinet untuk menyimpan makanan ataupun peratalannya. Hal ini tentu mempermudah proses mencari sebelum memasak.


3. Ciptakan nuansa berbeda dalam satu ruang


Leclair Decor


Area panty dan dining bar ini menghadirkan gaya modern tropis dengan sentuhan maskulin dan natural. Tambahkan karpet dan lampu gantung bermaterialkan brass menjadi aksen yang memberi warna segar pada ruangan.


Baca juga, Sudah Dicoba, 15 Cara Menata Dapur Sederhana dan Rapi


4. Gunakan kursi yang nyaman untuk meja dapur Anda

Studio DB


Jangan lupa tambahkan kursi bar yang nyaman untuk menambah mood saat makan di island table yang biasanya memiliki ukuran standard 90 - 120 sentimeter.


5. Pilih material island table yang mudah untuk di rawat


The Marc Boutin Architectural Collaborative Inc / Bruce Edward, Yellow Camera Photography


Penambahan island juga berperan penting untuk menggabungkan tempat makan, menyiapkan makanan serta membersihkan dalan satu kesatuan. Agar mudah untuk merawatnya serta pembersihannya, pilihlah material solid surface pada tabletop.




Baca juga, Solusi Rumah Kecil: Desain Ruang Makan & Dapur Jadi 1


6. Tentukan jenis island table yang ingin digunakan


Maya Visnyei / Autumn


Island table pada dapur tak selalu harus berupa built-in atau fixed furniture. Meja kayu dengan kombinasi mozaik heksagon bisa menjadi pilihan furnitur yang mudah dipindahkan.


7. Tampil minimalis dengan kursi bar yang menjadi aksen di dapur


Christian Stock, HGA Henning Grahn Architektur, Marc Flick Architekt BDA / David Schreyer


Bila memilih dapur dengan island table, gunakan kursi bar yang nyaman untuk makan. Ukuran meja bar standar adalah 90-120 cm, sehingga jika memilih kursi posisi duduk yang baik dapat membantu mempengaruhi mood Anda saat makan.


Baca juga, 5 Meja Makan Kayu Minimalis Paling Gaya


8. Elemen kayu yang membuat dapur terasa lebih alami


Kiearch / Mande Austriono


Membuat dapur nampak alami dengan  menggunakan elemen kayu dengan finishing berwarna bening sehingga serat kayu dapat terekspos dengan baik untuk kitchen set dan meja dapur. Selain itu, furnitur rotan seperti kursi juga dapat memperkuat kesan back to nature yang ingin dihadirkan.


9. Beraktivitas di dapur dengan nuansa terbuka


CM Studio / Alexandra Gordon / Anson Smart


Maksimalkan area dapur yang terletak dekat dengan taman dengan menghadirkan bukaan agar proses memasak menjadi semakin menyenangkan


Baca juga, Ingin Dapur Rapi? Coba 9 Ide Rak Dapur Minimalis Ini


10. Lebih menarik dengan kaki menyilang dari island table ini

Derek Swalwell / Whiting Architects


Desain island table pada dapur yang ideal perlu dapat untuk mengakomodasi fungsi, seperti penyimpanan, persiapan memasak serta penyajian. Rancang struktur kaki meja secara menyilang sebagai penyimpang ruang agar ruangan tidak terasa terlalu penuh.


Sumber foto + teaser: Andrea Papini / Nordiska Kok / Caroline Sandstrom