Guna menghadirkan kenyamanan maksimal saat merancang hunian idaman di lahan terbatas, selalu ada satu ruang yang harus terpaksa didesain dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Salah satu ruang yang kerap mendapatkan treatment tersebut adalah kamar mandi. Pemilihan kamar mandi sebagai salah satu ruang yang dibiarkan mungil ini biasanya diambil berdasarkan aspek fungsionalnya.


Meskipun dirancang dengan ukuran yang mungil nan minimalis, bukan berarti kamar mandi Anda tidak dapat didesain secara nyaman dan menyejukkan. Pada rumah minimalis yang biasa didominasi oleh rona monokromatis, kehadiran sentuhan natural akan membuat hunian terasa akan sedikit lebih hangat. Tidak terkecuali untuk sentuhan di kamar mandi.




5 Desain Kamar Mandi Minimalis DiRumah Lahan Terbatas

Dean Schmideg


Berikut adalah lima inspirasi desain kamar mandi mungil untuk rumah minimalis.


Baca juga: 6 Tips Sederhana Menentukan Cat Eksterior Rumah


1. Sematkan tanaman hias di dalam kamar mandi


5 Desain Kamar Mandi Minimalis DiRumah Lahan Terbatas

Paula


Selain memiliki fungsi yang dapat membuat udara di dalam ruangan terasa segar, kehadiran tanaman hias di pada kamar mandi minimalis juga berguna untuk menghadirkan kesan teduh dan hangat. Meskipun hanya satu atau dua tanaman saja yang diletakkan pada kamar mandi, nyatanya kontras warna alami yang hadir akan membuat rona monokromatis dari rumah minimalis lebih nyaman dipandang.

2. Hadirkan aksen kayu di tengah-tengah ruangan


5 Desain Kamar Mandi Minimalis DiRumah Lahan Terbatas

Bent Architects / Tatjana Plitt


Seperti halnya dengan tanaman hias, aksen kayu pada kamar mandi minimalis juga dapat membawa kehangat ke dalam area kamar mandi yang cenderung memiliki gambaran lembap. Selain itu, dengan menambahkan dinding kayu, Anda dapat merekatkan cermin lebih baik di kamar mandi daripada hanya menempelkannya pada dinding keramik.

3. Pastikan untuk memiliki pencahayaan yang baik




5 Desain Kamar Mandi Minimalis DiRumah Lahan Terbatas

Somia Architecs & Interior dan Maekayu Interior & Furniture / Mario Wibowo


Pencahayaan yang baik tidak hanya digunakan untuk sebuah ruangan agar terlihat terang. Untuk kamar mandi pada rumah minimalis Anda, pencahayaan yang cukup akan membuat ruangan tersebut memberi kesan kuat pada karakter desain yang tersemat. Jika ingin menghadirkan kesan yang lebih stand out dan dramatis, Anda bisa gunakan sumber pencahayaan alami yang menyelinap masuk melalui kisi-kisi ceiling.


Baca juga: Dekorasi Nuansa Natural Cocok Untuk Rumah Pasangan Muda

4. Sekat kaca transparan agar kamar mandi terkesan luas


5 Desain Kamar Mandi Minimalis DiRumah Lahan Terbatas

Casey Keasler / Rafael Soldi


Agar memisahkan area basah dan area kering, sebuah sekat diperlukan pada kamar mandi. Agar membuat kamar mandi minimalis terkesan lebih luas dan memanjang, Anda bisa pilih untuk menggunakan sekat kaca transparan untuk memisahkan area shower. Kehadiran kaca yang transparan akan membuat perimeter ruangan minimalis dapat jadi lebih luas.

5. Rancang dengan ceiling yang tinggi


5 Desain Kamar Mandi Minimalis DiRumah Lahan Terbatas

SALA2 arquitetura e design / Evelyn Müller


Ceiling yang tinggi merupakan salah satu tips yang bisa Anda terapkan untuk kamar mandi minimalis di rumah Anda. Dengan bentang luas ruangan yang cukup terbatas, kehadiran ceiling yang tinggi dapat mengurangi kesan sempit untuk kamar mandi Anda.

Foto teaser: Arent & Pyke / Tom Ferguson