Untuk bisa berdiri, rumah biasanya membutuhkan permukaan tanah datar sebagai tempat fondasi. Di Amerika Serikat, Christopher Wright Architecture mengubah pandangan tersebut melalui proyek terbaru mereka, Kayak Point.







Sebagian dari rumah yang berada di pesisir Puget Sound, negara bagian Washington ini tidak berdiri di atas tanah sama sekali.




Ide awalnya memang datang dari sang klien. Ia menginginkan rumah yang mengombinasikan elemen desain Swiss dan sentuhan modern yang dibungkus oleh rumah kayu pinggir tebing.


Baca juga: Desain Kabin Liburan Pasca New Normal Penuh Inspirasi


Dengan kesadaran akan lingkungan hidup untuk meminimalkan jejak karbon, Christopher lalu menciptakan rumah yang tidak memakan banyak tempat. Kayak Point menggunakan struktur penyangga melayang yang melintang di bagian bawah rumah.






Karena konstruksinya dibangun dari sebagian lahan, maka rencana desain menjadi lebih fleksibel seiring dengan analisis tim terhadap lahan yang tersedia.


Baca juga: Mengintip Rumah Indah di Pinggir Tebing Santorini


Rumah ini juga bersebelahan dengan pohon cedar yang cukup besar. Penggalian fondasi dengan metode tradisional dapat merusak akar dari pohon tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, seluruh pusat massa bangunan hunian ini dibuat melayang.




Untuk desain interiornya, Kayak Point menggunakan elemen-elemen natural seperti kayu dengan desain ruangan streamlines yang mengajak penghuninya untuk bersantai dan menikmati pemandangan.


Sumber: Ihabitat
Foto & Teaser: Anna Spencer & Ben Benschneider