Siapa yang tidak kenal dengan rotan? Ya, rotan adalah salah satu bahan yang kerap digunakan untuk pembuatan berbagai furnitur, seperti meja dan kursi. Bahan baku furnitur rotan banyak ditemukan di wilayah Jawa, Sulawesi, Kalimantan, dan Nusa Tenggara, kerap menjadi pilihan masyarakat lokal bahkan internasional untuk mempercantik hunian. Furnitur rotan hadir dalam berbagai macam desain, mulai dari gaya vintage hingga gaya modern, sehingga dapat disesuaikan dengan desain rumah Anda. 


Mungkin Anda sering bertanya-tanya, apa saja kelebihan rotan sebagai bahan furnitur? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!





Kelebihan Furnitur Rotan


Bahan Fleksibel


(Furnitur rotan. Foto: Dok. IKEA)


Salah satu keunggulan utama bahan rotan adalah bahannya yang fleksibel. Fleksibilitas ini membuat Anda memiliki banyak pilihan model untuk melengkapi furniture di hunian Anda. Semisal, bahan rotan dapat dijadikan kursi dan meja berbentuk persegi, bulat, atau bentuk lain. 


Perlu diketahui bahwa rotan biasanya hanya datang dalam beberapa warna pilihan, seperti hitam, abu-abu, putih, coklat, dan warna alami. Meskipun begitu, warna-warna netral ini biasanya dapat menyatu dengan semua desain. Dengan kata lain, di mana pun Anda meletakkan furnitur rotan, itu dapat membantu mempercantik ruangan Anda. 


Memiliki Perawatan yang Mudah


(Furnitur rotan. Foto: Dok. Urban Outfitters)


Furnitur berbahan rotan memiliki perawatan yang mudah, terutama jika dibandingkan dengan furniture berbahan lainnya. Cukup gunakan kain lembut dan sabun biasa untuk membersihkan furniture rotan. Untuk menjangkau sudut dan celah kecil, Anda bisa menggunakan kuas kecil. 


Ramah lingkungan


(Furnitur rotan. Foto: Dok. Urban Outfitters)


Faktanya, rotan termasuk bahan yang berkelanjutan (sustainable material), yang artinya baik untuk lingkungan. Hal ini karena, rotan merupakan tanaman yang bisa dibudidayakan dan dapat sepenuhnya tumbuh serta dipanen dalam waktu dua tahun, dibandingkan dengan beberapa pohon kayu keras yang memakan waktu hingga 20-30 tahun. Oleh karena itu, rotan adalah bahan yang sepenuhnya berkelanjutan dan ramah lingkungan. 


Tahan Di Segala Cuaca (Weatherproof)


(Furnitur rotan. Foto: Dok. Urban Outfitters)


Furniture berbahan rotan sintetis diketahui tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, baik itu hujan ataupun panas. Selain itu, bahan rotan juga tahan terhadap pertumbuhan lumut, yang salah satu penyebab kerusakan furnitur rotan. Oleh karena itu, tak heran jika furniture berbahan rotan juga kerap digunakan mempercantik area luar rumah, seperti rooftop garden atau terrace garden. 


Ringan Dan Tahan Lama


(Furnitur rotan. Foto: Dok. Urban Outfitters)




Furnitur berbahan rotan memiliki bobot yang ringan, sehingga mudah untuk dipindah atau digeser. Meskipun begitu, furniture rotan tetap kuat menahan beban dan tidak mudah rusak. Inilah alasan mengapa rotan sering dimanfaatkan untuk bahan dasar sofa maupun tempat tidur. 


Identik dengan Kesan Natural


(Furnitur rotan. Foto: Dok. Urban Outfitters)


Jika Anda ingin menghadirkan kesan natural ke dalam hunian, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan furnitur berbahan rotan. Pilihlah furniture rotan berwarna alami untuk menciptakan kesan natural. 


Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan furnitur rotan untuk hunian bergaya modern atau minimalis. Furniture rotan hadir dalam berbagai macam model yang dapat Anda sesuaikan dengan desain interior rumah Anda. Untuk rumah bergaya modern atau minimalis, pilihlah furniture rotan bergaya kontemporer yang didesain secara kreatif dan minimalis. 


Harganya Tergolong Murah


(Furnitur rotan. Foto: Dok. Homary)


Kelebihan furniture rotan berikutnya adalah harga yang tergolong relatif murah dibandingkan dengan furniture berbahan lainnya. Meskipun dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal, namun tidak membuatnya memiliki kualitas yang murahan. Kualitas furnitur rotan tidak kalah apik dengan kualitas furniture yang terbuat dari kayu solid. 


Bahan Rotan Bisa Dijadikan Apapun


(Furnitur rotan. Foto: Dok. Anthropologie)


Selain dapat dimanfaatkan sebagai furnitur, bahan rotan juga bisa digunakan sebagai bahan dekorasi atau perabot rumah. Misalnya, tudung makanan untuk meja makan, bingkai kaca, partisi atau hiasan dinding.


Hiasan juga dapat dibuat dari daur ulang barang rotan yang sudah tidak digunakan lagi. Dengan mengacu pada DIY project di internet, and voila, Anda bisa mendapatkan dekorasi rumah yang indah, unik dan menarik.


(Teaser: Foto: Ferrian Rinaldi (@adaptasi) & Desain Interior: Luwist Spatial (@luwist_) )