Setiap ruangan di rumah kita memiliki fungsi masing-masing dengan kegunaan yang berbeda. Perbedaan yang ada di setiap ruangan dari kelembapan sampai pencahayaan tentu berpengaruh terhadap pilihan tanaman hias yang dapat ditanamkan.




Mama Botanica


Tidak hanya itu, manfaat yang terdapat pada setiap tanaman hias juga dapat disesuaikan terhadap ruangan di rumah Anda.


Harus Tahu! 6 Tanaman Hias untuk Tiap Ruangan di Rumah

@homesteadbrooklyn


Dari tanaman hias yang dapat membersihkan udara sampai bentuk tanaman yang dapat memfokuskan konsentrasi pada suatu ruang, CASA Indonesia telah merangkum 6 tanaman hias pada daftar ini untuk setiap ruangan di rumah Anda. 


1. Spider Plant untuk Kamar Tidur

Kamar tidur membutuhkan suasana ruang yang tenang untuk mendapatkan tingkat relaksasi serta kualitas istirahat yang baik dengan menghadirkan sentuhan hijau pada ruang.



Salisbury Greenhouse


Spider plant memiliki berbagai macam manfaat sebagai sebuah tanaman hias.


The Gardener South Jakarta


Satu sampai dua buah tanaman ini sudah cukup untuk menghadirkan keasrian tanpa terkesan ramai di ruangan seperti kamar tidur. Spider plant juga merupakan salah satu pembersih udara alami yang dapat menghilangkan polutan berbahaya yang mungkin terdapat di udara dalam rumah. 


Life Patisserie

2. Tanaman rempah untuk Dapur

Walaupun kehadiran tanaman hias dalam dapur dapat terlihat segar, tanaman indoor terkadang dapat memakan banyak tempat di area dapur.


Harus Tahu! 6 Tanaman Hias untuk Tiap Ruangan di Rumah

Decoholic


Pilihlah tanaman kecil seperti herbs atau rempah-rempahan yang dapat digunakan sebagai bahan masakan sekaligus dekorasi yang asri untuk dapur.


Decoholic


Aroma segar yang terdapat pada herbs juga dapat berkontribusi pada suasana ruang yang hangat. 


Decoholic


3. Sansevieria untuk Ruang Kerja

Sansevieria merupakan salah satu tanaman indoor favorit karena bentuknya yang menarik dan berdiri tegak.


Gardenista


Menghadirkan tanaman hias di dalam ruang kerja dapat mencegah rasa letih dan meningkatkan produktivitas.

Havenly


Tanaman seperti snake plant juga dapat membantu mencetuskan ide atau kreativitas karena daunnya yang panjang dan memiliki corak garis kuning. Sesuatu yang menarik dan unik sama seperti sebuah lukisan dapat mengungkapkan ide dan pikiran bagi siapapun yang memandangnya.


Harus Tahu! 6 Tanaman Hias untuk Tiap Ruangan di Rumah

@homesteadbrooklyn




4. Fern Plant untuk Kamar Mandi

Kamar mandi yang tidak biasanya memiliki pencahayaan alami dan memiliki kelembaban yang tinggi juga pantas mendapatkan keasrian dari tanaman.


Pinterest


Pilihlah tanaman yang low-maintenance seperti fern plant yang dapat bertumbuh di tingkat kelembaban yang tinggi seperti di kamar mandi.


Gardenista

Kamar mandi Anda merupakan salah satu tempat yang dapat disiasati untuk menumbuhkan tanaman tropis seperti ini tanpa perhatian yang banyak.


Harus Tahu! 6 Tanaman Hias untuk Tiap Ruangan di Rumah

Gardenista

5. Peace Lily untuk Ruang Keluarga

Ruang keluarga tentu merupakan ruangan dimana Anda menghabiskan banyak waktu di hari termasuk tempat untuk menjamu tamu, maka sebuah peace lily dengan parasnya yang cantik dan minimal cocok untuk ruangan ini.


Flower Council Holland


Peace lily dapat bertumbuh kembang dengan baik di ruangan yang memiliki pencahayaan rendah ataupun terang. Bentuknya yang berdiri dan sebuah tanaman hias yang berbunga dapat Anda taruh sesuai dengan ruang keluarga Anda.


Harus Tahu! 6 Tanaman Hias untuk Tiap Ruangan di Rumah

Flower Council Holland


Jika bunga pada tanaman masih belum mekar, tanaman dapat Anda sampingkan dekat dengan jendela di bawah sinar matahari, jika sudah bertumbuh tinggi tanaman bisa  ditaruh di samping kursi sofa ataupun dekat meja tv.


Harus Tahu! 6 Tanaman Hias untuk Tiap Ruangan di Rumah

Patch

6. Philodendron/Tanaman Hias Kecil untuk Dining Room

Sama seperti ruang keluarga, dining room merupakan ruangan Anda biasa berkumpul bersama keluarga ataupun tamu. Meskipun begitu, hindari memilih tanaman yang terlalu mengganggu dan tidak bercorak.


Harus Tahu! 6 Tanaman Hias untuk Tiap Ruangan di Rumah

House Beautiful


Philodendron merupakan tanaman pembersih udara alami lainnya yang efektif dalam membersihkan udara yang dapat Anda taruh di sudut ruangan Anda.


HGTV


Jika ingin menaruh tanaman di atas meja, tanaman bambu ataupun kaktus kecil dapat menjadi centerpiece pada meja makan Anda.


The Owner Builder Network


Sumber Teaser: Havenly
Teks oleh: Annika Fathma