Mungkin jika membayangkan tentang kandang ayam, hal yang pertama terbesit di dalam pikiran adalah kotor. Tempatnya yang kurang nyaman dipandang serta tidak tertata rapi. Namun, tahukah Anda bahwa kini beberapa desainer di dunia mulai menghadirkan desain kandang ayam yang menarik, baik untuk kebutuhan peternakan dan rumah.


Mungkin kehadiran kandang ayam dengan desain dan lingkungan yang lebih baik dari metode konvensional yang ada didasari oleh isu ketahanan pangan dan ekosistem di saat menghadapi pandemi saat ini. Berikut adalah lima desain kandang ayam modern yang tersebar di seluruh dunia karya desainer dan arsitek ternama mancanegara.




Baca juga: Tiru 5 Cara Agar Rumah Sewa Anda Terasa Rumah Sendiri


1. Casa Wabi Coop karya Kengo Kuma and Associates


5 Rancangan Kandang Ayam Unik Oleh Desainer Ternama

Edmund Sumner


Kandang ayam rancangan firma arsitektur Kengo Kuma ini dibuat untuk kebutuhan peternakan ayam petelur milik Casa Wabi Foundation di Meksiko. Konsep desain untuk kandang ayam ini diambil dari model perumahan kolektif. Rancangan bangunan yang terbentuk dari kayu ini dibuat dalam bentuk grid yang digunakan untuk ternak beristirahat dan di bawahnya dibuat terbuka sehingga ayam-ayam tersebut dapat berkumpul bebas.

2. Sheffer Chicken Coop by Architecture Research Office


5 Rancangan Kandang Ayam Unik Oleh Desainer Ternama

Tim Bell


Untuk kandang ayam di New York ini, Architecture Research Office merancang bangunan unik yang terbuat dari kayu dengan metal cladding. Rancangan ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat berlindung ternak, namun juga sebagai sebuah habitat agar hewan ternak dapat beraktivitas secara natural guna menghasilkan hasil yang baik. Selain itu, kandang ayam ini juga dibekali teknologi pemanas ruangan di bagian bawah bangunannya.

Baca juga: Koleksi Furnitur ini Terbuat dari Limbah Minyak Sawit


3. Kana Talo Chicken House by Chan Brisco Architects




5 Rancangan Kandang Ayam Unik Oleh Desainer Ternama

Chan Brisco Architects


Keunikan kandang ayam satu ini adalah desainnya yang dirancang untuk menyerupai sebuah kabin atau holiday house. Berlokasi di Finlandia studio arsitektur asal London, Chan Brisco Architects merancang kandang ini sebagai bagian dari sebuah rumah musim panas. Untuk memberi keselarasan dengan banguan rumah musim panas, kandang ayam ini juga dirancang untuk berdiri di atas batuan alam yang ada di lingkungan sekitar. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko yang dapat membuat interior dari kandang tersebut lembap dari iklim subtropis di sana.

4. Chicken House by Tropical Space


5 Rancangan Kandang Ayam Unik Oleh Desainer Ternama

Quang Dam


Tropical Space merupakan sebuah studio desain asal Vietnam yang memberi aspek menyenangkan untuk sebuah kandang ayam. Untuk proyeknya yang satu ini, studio desain tersebut merancang kandang ayam dengan menghadirkan platforms dan juga tangga kecil untuk dapat digunakan oleh hewan ternak serta anak-anak untuk bermain. Ide ini hadir dari pemilik rumah yang menginginkan cucu-cucunya untuk dapat nyaman bermain saat berkunjung ke rumah kakek dan nenek mereka.

Baca juga: Seperti Film, Kepala Deadpool ini Bisa Berbicara!


5. House of Chickens by So?


5 Rancangan Kandang Ayam Unik Oleh Desainer Ternama

Ali Taptik


Sesuai dengan namanya, studio desain asal Istanbul, So? merancang sebuah kandang ayam dengan pendekatan layaknya sebuah rumah. Kandang ternak ini didesain untuk memenuhi kebutuhan serta misi dari Palanga Art and Architecture Farm in Erzincan di Turki yang ingin menyelamatkan serta memberi rumah untuk hewan-hewan yang terlantar di sekitar lingkungannya. Dibangun dengan konsep modular bermaterialkan plywood yang ringan, rumah hewan ternak ini mampu menampung 800 ayam.


Foto teaser: dok. Edmund Sumner / Dezeen