Ternyata, kehadiran new normal memang membawa pengaruh baru yang baik bagi sebagian orang untuk tetap menjaga kesehatan serta mengubah gaya hidup yang lebih seimbang. Pada masa ini, di kota-kota besar termasuk Jakarta, mulai banyak orang-orang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utama untuk menopang kegiatan sehari-hari.


Opsi bersepeda dipilih karena alat transportasi memberi batasan agar orang-orang tetap dapat mengikuti arahan physical distancing namun tidak mengganggu mobilitas saat dibutuhkan. Selain itu, sepeda juga menawarkan dampak positif bagi orang-orang yang sulit menemukan waktu dalam berolahraga tapi ingin menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. 




4 Tips Mudah Bersepeda Dengan Aman Di Jalan Raya

Petra Appelhof


Tentu bersepeda menjadi sebuah budaya baru di masyarakat yang sebelumnya memilih untuk menggunakan kendaraan bermotor sebagai moda pendukung mobilitas sehari-hari. Tidak dapat dipungkiri, dengan adanya budaya berkendara baru ini, sangat diperlukan adaptasi di seluruh lapisan masyarakat agar tetap menjaga keselamatan saat perjalanan. Mengingat masih minimnya fasilitas yang layak untuk para pesepeda di Indonesia.


Baca juga: Rubah Raksasa Ini Ditemukan di Tengah Kota Rotterdam!


Berikut adalah tips mudah bersepada secara aman di jalan raya


1. Gunakan helm saat berkendara


4 Tips Mudah Bersepeda Dengan Aman Di Jalan Raya

foto.net


Dengan maraknya budaya bersepeda seperti saat ini, edukasi terkait keselamatan pengendara serta pengguna jalan lainnya perlu sangat diperhatikan. Jika Anda baru mulai menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari, pastikan saat berkendara Anda menggunakan helm. Dengan menggunakan helm, tentunya Anda sadar untuk menjaga keselamatan diri sendiri saat di jalan. 

2. Pastikan sepeda dibekali dengan aksesori keselamatan


4 Tips Mudah Bersepeda Dengan Aman Di Jalan Raya

27bicyclegarage


Selain helm, Anda juga harus membekali sepeda dengan aksesori keselamatan, di antaranya adalah lampu. Bagi Anda yang bekerja menggunakan sepeda atau siapapun yang memilih sepeda sebagai transportasi utama di masa new normal ini, keberadaan lampu ini sangatlah pending. Baik lampu depan dan lampu belakang perlu dipasang pada sepeda Anda sebelum mulai berkendara. Dengan membekali sepeda Anda dengan lampu, pengguna jalan lainnya akan dapat memahami keberadaan Anda di jalan, sehingga mengurangi risiko kecelakaan.

3. Menjaga jarak aman


4 Tips Mudah Bersepeda Dengan Aman Di Jalan Raya

Humas Bandung


Mengingat masih minimnya fasilitas bersepeda di perkotaan Indonesia, para pesepeda harus lebih piawai dalam menjaga jarak aman baik dengan pesepeda lainnya atau pengguna jalan raya secara keseluruhan. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk bersepeda secara beriringan antara satu sama lain dan berlaku juga untuk pengendara bermotor. Hal ini tentunya akan membuat alur berkendara lebih nyaman serta mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

Baca juga: Arloji Mewah ini Bukti Cepatnya Bugatti Chiron


4. Beri sinyal saat ingin bermanuver


4 Tips Mudah Bersepeda Dengan Aman Di Jalan Raya

Unsplash




Karena sepeda tidak dibekali dengan lampu sein dan walaupun sudah ada aksesori lampu sinyal untuk sepeda Anda, ada baiknya untuk memberikan sinyal menggunakan tangan saat ingin bermanuver. Anda bisa mengarahkan tangan anda ke kanan atau ke kiri untuk berbelok sesuai arah tangan. Atau memberikan sinyal tangan ke bawah dan membuka telapak tangan sambil dengan gestur naik turun untuk memberi tahu pengendara di belakang Anda agar mengurangi kecepatannya.

Setelah mengetahui tips dalam bersepeda yang aman di jalan raya, mungkin Anda kini sudah memiliki daftar sepeda impian atau sedang mencari sepeda dengan desain yang menarik. Berikut adalah lima sepeda dengan desain menarik untuk digunakan di dalam kota. 

1. Specialized Tarmac Disc Pro



4 Tips Mudah Bersepeda Dengan Aman Di Jalan Raya

Trevor Raab


Nama Specialized bukanlah nama yang asing bagi para pesepeda. Brand satu ini dikenal dengan durabilitasnya hingga dapat digunakan hingga waktu yang sangat lama. Salah satu tipe sepeda yang bisa dipilih untuk Anda berkendara sekaligus bergaya adalah seri Tarmac Disc Pro. Memiliki bentuk yang sedikit lebih kecil dari jenis road bike lainnya, sepeda ini dibuat sangat ringan dan juga sangat mudah untuk bermanuver yang tentu mengurangi tingkat lelah saat bersepeda.

2. Cannondale CAAD13 105 Disc


4 Tips Mudah Bersepeda Dengan Aman Di Jalan Raya

Trevor Raab


Lahir dari sebuah brand sepeda ternama dan premium, nyatanya seri CAAD13 105 Disc dari Cannondale diproduksi untuk pasar yang lebih luas. Meskipun jadi lini paling terjangkau, sepeda ini tentunya dirancang dengan material premium, seperti karbon untuk rangkanya yang membuatnya lebih ringan. Selain itu kombinasi warna yang tidak mencolok namun terkesan sporty dan kokoh membuat sepeda ini bisa diminati oleh berbagai kalangan.


Baca juga: Gemas! Gelas Kopi Ini Semakin Artsy Berkat Ilustrasi


3. Vello Speedster


4 Tips Mudah Bersepeda Dengan Aman Di Jalan Raya

Vello


Di antara banyaknya jenis sepeda, model sepeda lipat merupakan tipe yang banyak diminati oleh bagi sebagian orang. Bahkan untuk yang sudah lama bersepeda. Namun sering kali, sepeda lipat bukanlah jenis sepeda yang ideal untuk melakukan perjalanan jauh, hingga Vello memperkenalkan Speedster. Brand asal Jerman ini menawarkan opsi sepeda lipat yang ringan dan cepat layaknya road bike yang sangat optimal untuk digunakan di kawasan perkotaan.

4. Triumph Trekker GT


4 Tips Mudah Bersepeda Dengan Aman Di Jalan Raya

Triumph


Saat ini, kehadiran electric bike (e-bike) atau sepeda elektrik masih belum jadi primadona di Indonesia. Namun, keberadaannya bisa jadi alternatif untuk merasakan pengalaman baru dalam berkendara. Menyambut gempita dalam bersepeda, produsen otomotif asal Inggris, Triumph meluncurkan sepeda elektrik pertamanya sejak 118 tahun berdiri bernama Trekker GT. Sepeda yang dibekali dengan baterai ini mampu membantu Anda dalam mengayuh pedal hingga 150 kilometer per jam.

5. BMW Exploro


4 Tips Mudah Bersepeda Dengan Aman Di Jalan Raya

BMW


Tidak mau ketinggalan hype akan sepeda, brand raksasa otomotif asal Jerman ini juga memperkenalkan seri sepeda elektrik terbarunya bernama Exploro. Dalam proses rancangannya BMW bekerja sama dengan manufaktur sepeda ternama asal Italia, 3T dalam menghadirkan sepeda elektrik yang mampu digunakan di segala macam kondisi dan perkotaan adalah salah satunya. Secara tampilan, sepeda ini menawarkan kesan mewah dan sporty dalam sebuah kesatuan hingga membuat setiap orang ingin memilikinya.


Foto teaser: dok. M Biz Market