Sebagaimana diketahui, kamar tidur menjadi salah satu ruangan yang penting dalam setiap hunian. Bagaimana tidak, di kamar tidur Anda bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman di atas kasur setelah lelah seharian beraktivitas. 


Memilih ukuran kasur yang tepat adalah bagian yang mudah, tetapi ada begitu banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan, seperti warna, bahan, dan kerangka tempat tidur. Salah satu kerangka tempat tidur yang mungkin bisa menjadi pilihan adalah ranjang besi minimalis. Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa ranjang besi minimalis? Berikut ini beberapa keunggulan ranjang besi minimalis untuk kamar tidur Anda. Simak pemaparannya di bawah ini!





Ranjang Besi Minimalis Cocok dengan Berbagai Desain Interior  


(Ranjang besi minimalis. Foto: Dok. Paynes Gray / Pinterest)


Apakah desain interior kamar Anda bernuansa kontemporer? Atau desain interior kamar Anda bernuansa tradisional? Baik kontemporer atau tradisional, keduanya sangat cocok dipadupadankan dengan ranjang besi. Hal ini karena, dari desain kontemporer yang berani hingga desain elegan dan klasik, ranjang besi dapat Anda sesuaikan dengan tampilan yang Anda inginkan. Selain itu, ranjang besi juga tersedia dalam berbagai warna dan sentuhan akhir yang bisa Anda sesuaikan dengan dekorasi kamar. 


Ranjang besi akan menghadirkan kesan simpel, mewah dan elegan. Dengan begitu, Anda tidak perlu perlu repot-repot mengganti tempat tidur setiap kali hendak mengganti desain kamar tidur.


Ranjang Besi Minimalis Lebih Kuat dan Stabil


(Ranjang besi minimalis. Foto: Dok. Way Fair Canada)


Tidak hanya memiliki kualitas estetika yang indah, ranjang besi juga dinilai lebih kuat dan stabil. Faktanya, ranjang besi dapat menahan sejumlah berat, sehingga Anda tidak perlu khawatir tempat tidur akan cepat rusak. Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli tempat tidur yang dapat bertahan lama, ranjang besi adalah pilihan yang sangat baik. 


Ranjang Besi Minimalis Minim Perawatan


(Ranjang besi minimalis. Foto: Dok. Living Spaces)


Selain cocok dengan berbagai desain interior dan lebih kuat, keunggulan lainnya adalah ranjang besi membutuhkan perawatan yang sangat sedikit. Artinya, ranjang besi minimalis tidak membutuhkan banyak perawatan untuk membuatnya tetap awet hingga puluhan tahun. Selain itu, ranjang besi juga tidak mudah rusak oleh serangga atau hama dan karenanya membutuhkan sedikit perawatan.


Namun, bukan berarti ranjang besi minimalis tidak membutuhkan perawatan sama sekali. Perawatan ranjang besi minimalis yang mungkin diperlukan adalah membersihkan debu secara berkali dan lakukan pengecatan ulang saat warnanya sudah mulai memudar. Untuk mencegah karat, Anda bisa mengaplikasikan lapisan anti karat pada ranjang besi.




Ranjang Besi Minimalis Lebih Tahan Lama


(Ranjang besi minimalis. Foto: Dok. Overstock)


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ranjang besi minimalis lebih kuat, stabil dan tidak mudah rusak, sehingga dapat bertahan lebih lama bahkan bisa mencapai puluhan tahun. Dengan kata lain, usia pemakaian ranjang besi minimalis bisa lebih tahan lama dibandingkan dengan ranjang dengan material lainnya. Hal ini karena material besi atau logam umumnya memiliki usia pemakaian yang lama karena lebih mudah beradaptasi di segala cuaca. Karena itulah, tidak ada istilah lapuk untuk ranjang besi minimalis. 


Ranjang Besi Minimalis Ringan


(Ranjang besi minimalis. Foto: Dok. IKEA)


Mungkin sebagian besar dari Anda berpikir jika ranjang besi minimalis memiliki bobot yang berat. Padahal kenyataannya, ranjang besi minimalis memiliki bobot yang ringan, jika dibandingkan dengan tempat tidur bermaterial kayu solid. Dengan bobotnya ringan, membuat Anda lebih mudah untuk digeser atau dipindahkan. Meskipun memiliki bobot yang ringan, ranjang besi minimalis tidak kalah kuat dan stabil daripada tempat tidur yang dibuat dengan material lainnya. 


Ranjang Besi Minimalis Tidak Memakan Tempat


(Ranjang besi minimalis. Foto: Dok. Joss and Main / Pinterest)


Umumnya, ranjang besi minimalis memiliki rangka yang lebih kecil, sehingga membuat desain ranjang besi ini lebih sederhana. Karena desainnya yang sederhana, membuat Anda dapat menghemat lebih banyak ruang di kamar tidur Anda. Dengan begitu, Anda bisa mewujudkan kamar tidur yang lapang dan nyaman, bahkan dalam ruangan yang terbatas sekalipun. 


Itulah beberapa keunggulan penggunaan ranjang besi minimalis di kamar tidur Anda. Bagaimana, Anda tertarik menggunakannya? 


Teaser: Foto & Desain Interior : Sarah Vandy (@sarahjoyblog) / Instagram