Mencari tanaman hias untuk rumah menjadi lebih mudah berkat adanya instagram. Tidak lagi harus mengunjungi toko tanaman dekat rumah untuk mencari tanaman yang sesuai dengan kemauan Anda. Dengan katalog berupa foto di Instagram dan berbagai macam pilihan tipe tanaman yang terdapat di masing-masing toko, mempermudah melengkapi koleksi tanaman hias Anda. 






Berikut ini, daftar 8 toko tanaman lokal yang dapat Anda beli secara online dan memiliki Instagram yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk koleksi tanaman hias Anda. 


1. Kojo

Kojo Plant merupakan salah satu toko tanaman yang pada awalnya menjual secara online dan sekarang dapat dikunjungi di Cayenne Home, Kemang ataupun pada laman instagram mereka.



Toko ini juga tidak hanya menjual tanaman hias tetapi juga locally made products lainnya. Tanaman hias yang dapat dibeli di Kojo Plants dapat dibelikan dengan pot keramik yang merupakan hasil kerja sama dengan pengrajin lokal dari Yogyakarta dan Bandung. 



2. L.O.F.

LOF yang memiliki kepanjangan Lots of Flowers berbeda dari yang lainnya karena bukan sekadar toko tanaman biasa tetapi juga merupakan sebuah cafe.



Pemilik LOF sendiri terinspirasi dari cintanya terhadap tanaman, sehingga membuat satu tempat yang terfokus terhadap segala hal yang dibutuhkan seseorang untuk membeli, merawat, dan repotting. LOF Plants and Kitchen juga merupakan one-stop-shop untuk Anda yang ingin mencari kado ataupun ingin mengikuti workshop yang diselenggarakan setiap bulannya selain membeli tanaman.



3. Grow and Grow 

Grow and Grow salah satu toko tanaman yang patut Anda follow sebagai pecinta tanaman hias.



Laman Instagram mereka lengkap dengan kurasi tanaman hias mereka yang digunakan oleh beberapa brand interior ternama dan desainer interior antara lain. Grow and Grow juga dapat dibeli secara online melalui Tokopedia dan secara langsung di offline store mereka. 



4. Cassa Kebun

Cassa Kebun merupakan Plant Gift Specialist, dimana Anda dapat membelikan tanaman hias sebagai kado.



Tanaman hias yang terdapat di Cassa Kebun merupakan hasil tumbuhan pemilik. Setiap plant gift akan dibungkus pada bagian pot lengkap dengan pita dan kartu ucapan seperti kado ataupun diberikan dengan sebuah tas keranjang. 





5. Plantis et Java

Plantis et Java, berdiri sejak tahun 2017, memiliki beragam pilihan tipe tanaman dari tanaman hias populer seperti philodendron dan sansevieria sampai small potted plants seperti cacti.



Selain tanaman, mereka juga menjual perlengkapan berkebun serta pilihan bot yang beragam bentuk. Plantis et Java dapat dikunjungi di Hunter and Grower, Kemang. 




6. Inn and Props

Inn and Props merupakan salah satu toko tanaman lokal yang dapat dibeli secara online, melalui instagram.



Mereka memiliki beragam pilihan tanaman hias seperti calathea, monstera, hingga rubber plant. Setiap pembelian tanaman akan mendapatkan care guide yang dapat dipelajari untuk merawat tanaman hias tersebut dengan baik. 




7. Sanggar Kemuning

Sanggar Kemuning bukan sekadar toko tanaman tetapi juga menawarkan berbagai jasa seperti plant styling, garden maintenance, dan landscape design.



Terdapat beragam pilihan tanaman yang dapat Anda pilih untuk area indoor bahkan outdoor rumah Anda. Tanaman dapat dibeli secara online maupun langsung dengan membuat appointment terlebih dahulu sebelum berkunjung.

 



8. The Gardener South Jakarta

The Gardener South Jakarta merupakan toko tanaman lokal lainnya yang dapat dibeli secara online dan hanya untuk daerah Jadetabek.



Selain menjual tanaman hias, tanaman pada katalog juga dapat disewa atau rental. Instagram The Gardener South Jakarta seringkali memposting foto-foto penempatan hingga styling tanaman hias di dalam rumah yang dapat dijadikan inspirasi untuk koleksi tanaman hias Anda.




Sumber teaser: L.O.F.
Teks oleh: Annika Fathma