Bagaimana caranya sebuah resort menampung ribuan pohon berasal dari Provinsi Jiangxi, Tiongkok?





Menikmati hotpot dengan pemandangan alam di Amanyangyun


Hal yang dirasa tidak mungkin terjadi ini diwujudkan oleh Ma Dadong, owner dari Amanyangyun Resort di Shanghai, Tiongkok. Sebagai philanthropist beliau mencanangkan usaha penyelamatan hutan berusia 1000 tahun serta 50 vila antik yang terancam musnah akibat proyek pembangunan bendungan pada tahun 2002.


Two-bedroom Antique Villa


Baca juga, Isolasi Diri Paripurna dengan Resort Tengah Hutan ini


Kerry Hill Architects mengemban tugas dalam mewujudkan visi sang pemilik dalam menciptakan resort sekaligus rumah baru bagi 10.000 pohon kapur ini. Tanuj Goenka sebagai Direktur Kerry Hill Architects menyatakan bahwa proyek resort ini tak hanya menciptakan ruang relaksasi bagi tamu namun turut menjadi usaha dalam mempreservasi potongan sejarah negeri Tiongkok.


Antique Villa


Baca juga, Museum di Tiongkok ini Menyatu dengan Alam

One bedroom Antique Villa


Kolam renang di Antique Villa


Conference Area


Seluruh bagian rumah serta vila antik yang disinyalir telah berdiri sejak dinasi Ming dan Qing dipindahkan dan dileburkan dalam karya arsitektur kontemporer. Hasilnya adalah 24 unit kamar tamu, 43 vila eksklusif, serta deretan public space yang membuat tamu betah untuk mengeksplorasi Amanyangyun.


Detail elemen rumah antik yang diterapkan kembali pada resort


Baca juga, Wow, Desa di Tiongkok ini Disulap jadi Museum Seni!


Relaxation room


Kebanggaan dari resort yang berjarak 50 menit dari tengah kota Shanghai ini adalah Spa & Wellness Centre seluas 2.840 meter. Fasilitas ini siap memanjakan seluruh indera bersama dengan Russian Banya Spa House dan Moroccan Hammam Spa House yang disuguhkan. Selama pandemi, resort tetap setia memanjakan pengunjung yang datang.


Baca juga,7 Destinasi Spa Terbaik dari Aman Hotels & Resorts


Ming Courtyard Suite






Hotel mengusung konsep A Walled Village yang dilengkapi sejumlah taman. Rentetan suite tersusun mengelilingi courtyard yang kerap indentik terlihat pada arsitektur tradisional Tiongkok.



One bedroom Antique Villa


Baca juga, Jarang! Rumah ini Hadirkan Taman di Kamar Tidurnya!




"Amanyangyun is a living museum, not just because of the antique houses but also the guest experience”, ujar Tanuj Goenka.


Menekuni kerajinan tradisional di Nan Shufang



Upacara teh


Berada di jantung resort, hadir Nan Shufang sebagai ruang untuk mengenal serta belajar akan kerajinan tradisional. Beberapa contoh kegiatannya adalah berlatih kaligrafi serta upacara teh.


Bar


Baca juga, Terbaru! Kengo Kuma Mendesain Butik Terbaru di Amanpuri


Hidangan andalan dan private dining di restoran Lazu


Deretan menu segar semakin melengkapi pengalaman tiada dua saat bertandang ke resort. Dimulai dari menikmati Yinlu (hotpot restaurant) di pinggir danau hingga menu makanan asal Tiongkok di Lazhu, serta hidangan Italia di Arva.





Sumber foto: Kerry Hill Architects, Amanyangyun Resort