Siapa yang gemar menonton video berisi perilaku menggemaskan dari kucing?

Keinginan memelihara kucing di rumah bisa timbul karena rasa gemas saat menonton video tersebut. Namun, bisa pula karena merasa iba dan tidak tega melihat kucing yang terlantar nasibnya di shelter maupun di jalanan.




Tahu 3 Hal Ini Dahulu Sebelum Adopsi Kucing Peliharaan 1

Iloom


Apapun alasannya, saat mengadopsi kucing Anda perlu mengetahui beberapa hal dasar guna memastikan sang hewan meraih well being sepantasnya. Akan lebih baik jika sebelum secara resmi mengadopsi kucing, Anda telah mencari tahun kebutuhan dasar apa saja yang dibutuhkan oleh hewan ini.




Jadi, hal apa sajakah yang wajib Anda ketahui sebelum mengadopsi kucing sebagai peliharaaan?


1. Buat daftar keperluan esensial

Seperti yang digambarkan dalam ilustrasi ciptaan Ayang Cempaka ini, berikut merupakan rangkaian alat serta makanan yang penting untuk dimiliki saat memelihara kucing. Contohnya saja makanan. Tergantung jenis kucing serta sistem pencernaannya, pemilik kucing musti mengetahui apakah peliharaannya memerlukan makanan yang kering atau basah. Tak luput pula alat perawatan untuk menjaga kebersihan hewan.



Baca juga, Manjakan Anjing dan Kucing Anda dengan 6 Produk Ini


2. Pilih pasir kotoran kucing sesuai kebutuhan

Terdapat dua tipe pasir untuk litter box milik kucing, yaitu pasir yang mudah menggumpal ataupun berupa kristal. Beberapa pemilik kucing memilih menggunakan pasir menggumpal karena mudah saat ingin dibersihkan dan terasa lembut di kaki kucing. Namun, ada pula yang memilih kristal karena mampu menyerap cairan dengan baik.


Tahu 3 Hal Ini Dahulu Sebelum Adopsi Kucing Peliharaan 2

Chewy


3. Senjata ampuh pembersih jejak dan bau akibat kucing

Akibat bau air seni kucing yang cenderung kuat, maka Anda perlu menyiapkan pembersih serta penghilang bau tidak sedap terutama bagi yang tinggal di apartemen. Pembersih khusus ini dapat Anda beli saja ataupun dibuat sendiri dengan membuat campuran satu setengah cup air hangat dan setengah cup cuka.




Tahu 3 Hal Ini Dahulu Sebelum Adopsi Kucing Peliharaan 3

Bioline


Layaknya seorang ibu dan ayah, pastinya Anda ingin menyediakan seluruh kebutuhan sang kucing agar memastikan mereka sehat dan terawat selalu. Namun, bagi seorang pemula terdapat beberapa produk dan makanan yang pada tahap awal ini tidak terlalu perlu kalian persiapkan.


Tempat tidur kucing

Pada dasarnya, kucing akan tidur dimanapun yang ia suka. Maka dari itu, saat pertama kali mengadopsi hewan ini, Anda tak perlu khawatir harus menyiapkan tempat tidur khusus untuk ia beristirahat.


Tahu 3 Hal Ini Dahulu Sebelum Adopsi Kucing Peliharaan 3

Chewy


Cat grass

Bagi kucing rumahan, 60% waktunya akan dihabiskan untuk membersihkan bulu badan mereka. Cat grass ini merupakan campuran dari gandum, barley, oats, ataupun rye yang dikonsumsi kucing untuk membantu menghindari mereka sering memuntahkan hairball. Namun, sejatinya asupan ini dinilai tidak terlalu urgent untuk dimiliki saat pertama kali merawat kucing. Anda dapat menyediakan jika memang diperlukan nantinya.


Tahu 3 Hal Ini Dahulu Sebelum Adopsi Kucing Peliharaan 4

Instructables


Baca juga, Pencinta Kucing Pasti Suka Perabot Aktor Korea Gong Yoo


Mainan

Beragam alat dapat digunakan untuk bermain dengan kucing. Seperti bulu-bulu, cat tower, scratch post, dan masih banyak lagi. Sejatinya permainan terbaik yang bisa Anda berikan kepada kucing adalah meluangkan waktu untuk bermain dengan mereka. Jadi, tak perlu khawatir maupun terpaksa untuk memiliki mainan khusus untuk kucing.





Foto teaser: catastrophic creations