Jika memiliki pajangan ataupun memorabilia, rak dinding kerap menjadi furnitur yang digunakan untuk menaruh barang-barang tersebut. Dengan demikian, beragam produk dapat tersusun rapi dan menambahkan nilai estetika terhadap interior rumah.

Rak dinding terbuat dari kayu kerap menjadi pilihan populer di interior masa kini karena tahan lama dan memiliki permukaan yang indah. Begitu pula Wind Shelf ciptaan desainer Jerry Low yang tak hanya menawan, namun juga memiliki banyak fungsi. Mengapa rak dinding kayu ini dianggap memiliki banyak fungsi?





Rak Dinding Kayu Ini Punya Banyak Fungsi 1


Furnitur dari brand Jotter Goods ini memiliki dua fungsi, yaitu sebagai rak untuk menampilkan pajangan kesayangan dan partisi yang berguna untuk menciptakan zonasi di dalam rumah. Terbuat dari rangkaian kayu solid dan rak terbuat dari smoked glass, rak dinding kayu ini diciptakan dengan pinggiran melekuk. Kisi-kisi vertikal berongga yang dimiliki rak ini membantu Anda membagi ruang interior tanpa menghadirkan kesan tertutup.


Rak Dinding Kayu Ini Punya Banyak Fungsi 2



Baca juga, 9 Inspirasi Rak Dinding Kecil Serba Guna untuk di Rumah


Rak Dinding Kayu Ini Punya Banyak Fungsi 3


Identik dengan furnitur bergaya mid-century modern, membuat desainer asal Singapura ini kerap melakukan eksplorasi menggunakan material kayu berparas natural. Seperti halnya Wind Shelf yang diproduksi kembali menggunakan American cherry serta American white oak yang semakin menonjolkan craftmanship yang dijunjung tinggi oleh desainer.

“It allows me to work on a different scale, from a table or a console unit down to a small handle. The flowing grain and colour of the different species exude a richness and charm which no other material can replace” – ujar Jerry Low terhadap furnitur terbuat dari kayu solid.


Rak Dinding Kayu Ini Punya Banyak Fungsi 4


Terkait penggunaan bahan kayu asal Amerika oleh Jerry Low, ini berkesinambungan pula dengan visi American Hardwood Export Council (AHEC) dalam mempromosikan penggunaan kayu di dunia internasional. AHEC dikenal sebagai asosiasi terkemuka bagi industri hardwood asal Amerika sekaligus merepresentasikan para perusahaan eksporter kayu. Lebih dari 25 tahun lamanya, asosiasi ini turut membangun lingkungan kreatif bagi brand pengguna American Hardwood serta berbagi informasi teknis bagi manufaktur, specifier, serta desainer di beragam belahan dunia. Salah satunya adalah brand Jotter Goods.







Rak Dinding Kayu Ini Punya Banyak Fungsi 5


Desainer bercerita bahwa Jotter Goods dan Star Furniture selaku bisnis partner, turut memiliki produk andalah selain Wind Shelf, yaitu Jotter Desk. Terbuat dari American white oak, meja kerja ini dirancang compact untuk interior dengan luas terbatas yang masih  mampu mengakomodasi sebuah laptop berukuran 13 inci serta notepad mungil.


Rak Dinding Kayu Ini Punya Banyak Fungsi 6


Baca juga, Canggih Banget! Meja Kerja Nam Do San di Drama Start Up


Rak Dinding Kayu Ini Punya Banyak Fungsi 7


“We respect every plank is precious and we keep wastage to a minimum”, ujar Jerry Low. Inilah yang menginspirasi desainer yang pernah meraih Red Dot Design Award ini dalam memanfaatkan potongan kayu sisa produksi menjadi fitur menggemaskan pada meja. Dipotong menyerupai rumah mungil, elemen ini dilengkapi dengan magnet sehingga dapat Anda geser dengan mudah dan bisa dimanfaatkan untuk menjepit kertas pula.


Rak Dinding Kayu Ini Punya Banyak Fungsi 8


Dengan demikian, membuktikan bagaimana proses kreatif tak hanya menghasilkan furnitur yang brilian, namun inovasi untuk meminimalisir limbah produksi serangkaian produk.



Sumber foto: JotterGoods by Star International
Foto teaser: Designboom