Tanaman merupakan salah satu elemen penting untuk mempercantik teras rumah, ini termasuk tanaman rambat. Keberadaan tanaman rambat di teras rumah dapat memberi kesan menyejukkan, asri, dan bahkan bisa menambah nilai estetis bila dilengkapi dengan jenis tanaman yang tepat. 


Dalam artikel ini, CASA Indonesia akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa jenis tanaman rambat untuk mempercantik teras rumah Anda. 





1. Sirih Gading 

tanaman rambat

theplantpoint.com


Jika Anda ingin memiliki tanaman rambat yang tak hanya dapat mempercantik teras rumah tetapi juga bermanfaat, sirih gading adalah jawabannya. Tanaman hias sirih gading dapat memberikan nuansa teras rumah yang lebih asri, nyaman, sejuk, dan natural. 


Dari segi perawatannya, tanaman ini terbilang sangat mudah sehingga cocok bagi Anda yang masih pemula. Pastikan sirih gading tidak terkena sinar matahari langsung karena bisa membuat daunnya kering dan menghilangkan keindahannya. 


2. English Ivy


livelyroot.com


Membahas mengenai tanaman rambat untuk mempercantik rumah, tidak lengkap rasanya jika tidak memasukan tanaman english ivy ke dalam daftarnya. English ivy atau Hedera helix merupakan tanaman hias rambat yang memiliki bentuk daun unik, yakni menyerupai kaki bebek. Warnanya hijau dan cukup rimbun untuk membuat suasana rumah Anda lebih teduh dan asri - pastinya cantik. Tanaman rambat ini bisa tumbuh dengan baik, meskipun di suhu panas sekalipun - di atas 35 derajat Celcius. Ini menjadikan English Ivy masuk ke dalam daftar jenis tanaman rambat tahan panas. 


Baca juga : Bisa Mempercantik Rumah, Ini 8 Tanaman Hias Daun Merah



3. Morning Glory Plant

tanaman rambat

homestratosphere.com


Jika Anda ingin memberikan sedikit sentuhan warna ke dalam teras rumah, tanaman morning glory mungkin bisa Anda pertimbangkan. Tanaman hias ini memiliki bunga berbentuk terompet dengan berbagai warna, seperti biru, ungu, pink, magenta, dan putih. 


Tanaman hias rambat ini dapat tumbuh lebat dengan cepat, tanpa perlu adanya perawatan khusus bila sudah beradaptasi baik dengan lingkungannya. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk menata penyebaran morning glory secara teratur.


4. Begonia Rex

tanaman rambat

selectedseeds.com.au


Selain morning glory plant, begonia rex bisa menjadi pilihan tanaman rambat lain untuk mempercantik rumah jika Anda cukup bosan dengan tanaman berwarna hijau. Tanaman ini memiliki daun warna merah anggur dengan kombinasi guratan berwarna putih. Serupa dengan daunnya, batang tanaman ini juga memiliki warna merah anggur. 


Begonia rex terbilang tanaman yang cukup unik, karena memiliki corak, bentuk daun, dan warna yang tidak biasa. Tanaman ini memiliki warna yang beragam warna, seperti hijau, merah, merah muda, ungu, perak, dan coklat.


Agar begonia rex dalam tumbuh dengan baik, letakkan tanaman ini di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Selain itu, Anda perlu menyirami tanahnya cukup sering karena begonia rex menyukai kondisi tanah yang lembap. 


5. Air Mata Pengantin (Antigonon)

tanaman rambat

alohatropicals.com


Tanaman rambat selanjutnya yang dapat mempercantik hunian Anda adalah air mata pengantin atau Antigonon. Air mata pengantin merupakan salah satu tanaman rambat cantik yang memiliki warna bunga pink keunguan.


Dari segi perawatan, tanaman ini terbilang tidak terlalu merepotkan. Ini karena, air mata pengantin bisa tumbuh di iklim apa pun, dalam kondisi kering, dan tahan panas. Pastikan untuk memangkasnya secara rutin karena pertumbuhan tanaman ini tergolong sangat cepat.


6. Mandevilla

tanaman rambat

Etsy.com


Jika kamu ingin mendapat kesan tropical yang menyegarkan sebagai penghias di teras rumah, maka Mandevilla merupakan pilihan yang tepat. Mandevilla, dikenal juga sebagai rocktrumpet, adalah genus tanaman merambat berbunga yang tumbuh di iklim tropis dan subtropis. Mandevilla memiliki warna bunga yang sangat variatif, seperti pink, merah, putih, dan kuning. Tanaman rambat berbunga cantik ini bisa tumbuh dengan sangat baik jika mendapat sinar matahari tidak langsung.




Baca juga : Ini 10 Jenis Tanaman Aquscape untuk Akuarium Anda!


7. Bougainvillea

Tanaman rambat

Fotografer: Simon Griffiths / homestolove.com.au


Tanaman yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi untuk Anda, ya Bougenvillea atau Bougenville. Tanaman rambat yang satu ini sangat digemari karena mudah dirawat dan cepat berbunga, serta merupakan salah satu tanaman rambat tahan panas. Warna bunga Bougenville cukup beragam, mulai dari pink, merah, orange, hingga putih. 


Supaya dapat tumbuh dengan baik, Bougenville membutuhkan sinar matahari cukup banyak. Oleh karena itu, Anda perlu meletakkan tanaman rambat ini di tempat yang terkena sinar matahari cukup banyak, dan teras rumah bisa menjadi pilihan yang tepat.


8. Flame of Irian (Melati Irian)

tanaman rambat

DH Florist ( @dhflorist_ )


Sesuai dengan namanya, tanaman ini memang berasal dari berasal dari tanah Papua, Indonesia. Orang-orang sering menyebutnya juga dengan nama Kuku Macan, Anggrek Irian, atau Bunga Api Irian. Satu hal yang paling mencolok dari tanaman ini adalah warna bunganya, oranye kemerahan mirip seperti kobaran api. Selain itu, bentuk tanaman ini juga unik, yakni menggelembung dan mengerucut pada ujung bunganya.


Warna bunganya yang mencolok dapat mencuri perhatian, dan tetap memberi kesan segar dan cantik pada teras rumah Anda. Jika teras rumah Anda memiliki pergola, tanaman melati Irian ini cocok dibiarkan tumbuh merambat di atasnya untuk menghalau panas dan terik sinar matahari. 


Namun, karena tanaman ini terbilang langka dan cukup banyak peminatnya, Anda perlu merogoh kocek yang cukup dalam karena harga tanaman ini tergolong cukup mahal di pasaran.


9. Soapwort

tanaman rambat

(westcoastseeds.com)


Sopwort merupakan salah satu jenis tanaman rambat berbunga yang menghasilkan bunga-bunga kecil dengan warna beragam, mulai dari warna merah muda, putih, dan ungu. Bunga tanaman Sopwort memiliki aroma manis yang semerbak. 


Pada awalnya, tanaman Soapwort populer sebagai salah satu bahan dalam pembuatan sabun. Ini karena, tanaman ini mengandung saponin tinggi, yakni senyawa yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan deterjen ringan dan sabun.


Tanaman Soapwort adalah salah satu tanaman rambat tahan panas, karena dapat tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari yang penuh. Tanaman ini dapat tumbuh subur di tanah berbatu dan berpasir tetapi untuk hasil terbaik, tanam Soapwort di tanah yang dikeringkan dengan baik dan lean soil. Jika tanahnya terlalu kaya, tanaman ini bisa menjadi terlalu subur dan terlihat berantakan. 


10.  Vernonia elliptica

tanaman rambat

(Photo: Andreas Widi (@andreaswidi) Arsitek: Phidias Indonesia (@mharfansyah))


Anda mungkin sudah sering melihat tanaman merambat yang satu ini di tembok rumah atau bangunan? Iya, tanaman merambat ini adalah Vernonia elliptoca, atau disebut sebagai tanaman Lee Kwan Yew atau tanaman Janda Merana. Tanaman Lee Kwan Yew merupakan tanaman rambat yang tumbuh secara vertikal atau menjuntai ke bawah. 


Dari segi perawatan, merawat tanaman Lee Kwan Yew terbilang cukup mudah, karena hanya memerlukan tanah yang mudah menyerap air dengan baik dan ekspos sinar matahari yang penuh - tidak begitu bergantung pada kelembapan dan suhu. 


Anda bisa menanam tanaman rambat ini di dinding luar rumah, dinding teras rumah, atau balkon sebagai dekorasi, biarkan tumbuh menjuntai ke bawah seperti tirai, untuk menghasilkan kesan rumah yang lebih sejuk. 


Itulah 10 tanaman rambat yang bisa menjadi pilihan untuk mempercantik teras rumah Anda. Manakah yang menjadi pilihan Anda?



(Teaser: Rumah Terang (@rumah.terang))