Pemikiran bahwa kamar anak perempuan musti menggunakan warna pink tampaknya sudah tidak terlalu relevan terhadap tren desain masa kini. Dikarenakan anak perempuan bisa saja memilih warna selain merah muda sebagai warna kesukaannya. Pilihan bisa ditentukan berdasarkan kepribadian, hobi, maupun kesukaan sang anak. Maka dari itu, coba hilangkan dahulu persepsi lama ini sebelum mulai merancang kamar untuk anak perempuan Anda.

Penggunaan palet warna natural kerap menjadi pilihan saat ini dalam membangun kamar anak perempuan yang timeless. Manfaatnya adalah memudahkan Anda saat ingin mengganti atau menambah dekorasi interior di kamar sesuai kebutuhan pada masa tumbuh kembang anak.

Namun, terlepas dari segala pertimbangan dan persepsi sebelumnya, jangan lupa untuk mengikutsertakan pendapat si buah hati sebelum memutuskan desain yang final. Mungkin saja, anak Anda memiliki opini tersendiri, terutama bagi yang tengah beranjak remaja ataupun dewasa. Lalu, jika desain kamar anak perempuan tak musti serba pink melulu, desain seperti apa sajakah yang bisa Anda terapkan?





Wallpaper Bermotif

Tidur anak tampaknya akan semakin lelap jika bisa berbaring di bawah kerlip bintang di angkasa. Triknya adalah menerapkan wallpaper bergambar langit malam pada dinding serta disambungkan pada ceiling tepat di atas tempat tidur. Wallpaper ini cukup diterapkan di sebagian ruangan saja agar menghindari kesan ruang yang terlalu gelap. Pemilihan gambar ini pasti disukai bagi anak penggemar astronomi.


@effe_interiores


Makin Enerjik dengan Area Bermain

Kamar dapat dirancang untuk beristirahat sekaligus merangkap sebagai ruang bermain. Caranya dengan menggunakan bunk bed dan memanfaatkan sudut ruang untuk indoor climbing. Agar menjaga keamanan sang anak, bantal perlu dipasang di area bermain begitu pula karpet yang menutupi seluruh permukaan lantai. Sehingga lantai kamar terasa lebih empuk dan aman saat beraktivitas.


@julianafranco.arq


Desain yang Timeless

Warna-warna pastel seperti turquoise dan merah muda akan terlihat indah saat dikombinasikan bersama warna lembut seperti krem atau abu-abu. Yang tercipta adalah kamar anak perempuan berkesan timeless yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Di samping tempat tidur, letakkan rak gantung sekaligus meja belajar sehingga Anda dapat menghemat ruang untuk belajar sekaligus menyimpan alat tulis.


@julianafranco.arq


Baca juga, Gemas! 27 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan


Gray is Cute too!

Cat dinding warna abu-abu seperti Silver Quill dalam palet warna Trust dari Dulux ternyata mampu menciptakan kesan ruangan yang lembut saat disandingkan dengan warna putih. Isi ruangan dengan furnitur serba putih dan lantai kayu guna menyuntikkan kehangatan. Menimbang keperluan penyimpanan yang banyak untuk barang-barang sang anak, Anda dapat memilih tempat tidur yang menyatu dengan laci di bagian bawahnya. Jika tempat tidur menjadi lebih tinggi daripada tinggi normal, ingat untuk menerapkan pagar tempat tidur yang dapat digeser ke bawah. Dengan demikian anak tetap aman saat baring di tempat tidur.


@julianafranco.arq


Sentuhan Biru

Kamar terlihat menggemaskan saat Anda menerapkan panel dinding setengah dari tinggi dinding kamar. Di bagian atas panel yang menjorok keluar dapat pasang LED strip sebagai indirect lighting di kamar. Pada malam hari, cahaya inilah yang digunakan untuk menemani tidur sang anak tanpa menciptakan glare berlebihan yang mengganggu istirahat.




@julianafranco.arq


Baca juga, Lampu Estetik Favorit Idol Korea Rose Blackpink


Lampu Neon Kekinian

Elemen kekinian seperti tulisan terbuat dari lampu neon membuat kamar anak perempuan terlihat lebih cool dan stylish. Dengan mendesain elemen interior bernuansa natural dengan palet warna lembut di sekitarnya, lampu pun terlihat lebih menonjol dan menjadi poin menarik di kamar milik anak.


@julianafranco.arq




Foto teaser: Dulux seri Brave Ground