Aquascape merupakan bentuk seni yang menempatkan tanaman ke dalam akuarium untuk menciptakan tampilan yang indah menyerupai keadaan bawah laut. Dengan kata lain, Aquascape adalah seni membuat taman bawah air yang hidup di dalam akuarium. 


Kegiatan untuk melakukan aquascape biasa disebut dengan aquascaping. Kegiatan ini disebut-sebut bisa menjadi ajang pelepas penat, hobi, dan mengurangi stres. Apakah Anda tertarik untuk memulai aquascaping? 





Terdapat beberapa jenis tanaman aquascape yang bisa menjadi pilihan untuk mempercantik akuarium rumah Anda. Kira-kira apa saja? Berikut ini, CASA Indonesia telah merangkumnya untuk Anda. 


Amazon Sword

tanaman aquascape

(modernaquarium.com)


Amazon sword termasuk tanaman midground aquascape -- ditanam di bagian tengah aquascape -- yang bisa Anda pilih untuk mempercantik akuarium Anda. Jenis tanaman ini berwarna hijau dan memiliki bentuk satu batang dengan daunnya yang menjulur ke atas. Supaya dapat tetap tumbuh dengan maksimal, berikan pencahayaan yang baik agar membantu tanaman ini berfotosintesis. 


Aponogeton Ulvaceus


(modernaquarium.com)


Tanaman aquascape, Aponogeton Ulvaceus, memiliki bentuk daun berwarna hijau yang unik yakni tampak memelintir atau spiral. Dari segi perawatan, Aponogeton Ulvaceus terbilang mudah dirawat dan dapat tumbuh panjang mencapai 60 cm. Karena panjang daunya, tanaman ini cocok diletakkan di sisi belakang akuarium (background plants). 


Anubias Nana


(modernaquarium.com)


Selain Amazon sword, tanaman Anubias Nana juga termasuk tanaman midground aquascape, atau tanaman yang cocok diletakkan di sisi tengah akuarium. Tanaman aquascape ini berasal dari Afrika Barat yang kini telah tersebar luas di Eropa, Amerika Serikat, dan Asia, 


Anubias Nana dapat tumbuh baik dengan pencahayaan sedang-tinggi, dan membutuhkan pergantian air akuarium yang teratur. 


Baca juga : Ini 10 Tanaman Langka Di Indonesia yang Terancam Punah


Pakis Lidah


(aquafood.co.uk)


Bagi pemula, tanaman Pakis Lidah bisa menjadi pilihan untuk mempercantik akuarium Anda. Ini karena, Pakis Lidah atau Microsorum pteropus dapat tumbuh dengan baik walaupun tanpa ditambah karbon dioksida ekstra atau pupuk tambahan meski diletakkan di dalam air. Tanaman ini dapat menyerap nutrisi dari air melalui daun dan akar, serta bisa tumbuh sangat baik dan optimal di bawah cahaya yang menyebar. Tanaman Pakis Lidah mempunyai daun yang memanjang, dan pada bagian pinggirnya terlihat seperti gelombang atau bergerigi. 


Water Wisteria

tanaman aquascape

(aquariumplantsfactory.com)


Tanaman Water Wisteria banyak tumbuh di negara-negara Asia Selatan, seperti India, Bangladesh, dan Bhutan. Tanaman ini tergolong midground plant yang mudah dirawat dan dapat bertahan hidup di berbagai kondisi. Pastikan suhu airnya berkisar di 18-25 derajat Celcius agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Water Wisteria memiliki daun berwarna hijau berukuran sedang dengan ujung yang sedikit bercabang. 




Bacopa Sp. Colorata

tanaman aquascape

(aquarium-planten.com)


Ingin menghadirkan sedikit warna ke dalam akuarium Anda? Anda mungkin akan suka dengan jenis tanaman aquascape yang satu ini, Bacopa Sp. Colorata. Tanaman ini memiliki batang tunggal dengan daun berwarna pink keunguan di seluruh sisinya. Tanaman Bacopa Sp. Colorata membutuhkan cahaya dan kadar karbon dioksida dalam jumlah sedang untuk dapat tumbuh dengan baik dan maksimal. 


Ludwigia Repens

tanaman aquascape

(buceplant.com)


Tak hanya Bacopa Sp. Colorata, tanaman aquascape lainnya yang bisa memberikan sentuhan warna ke dalam akuarium Anda adalah Ludwigia Repens. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau dan coklat keunguan. Ludwigia Repens dapat tumbuh hingga mencapai 30 sentimeter. 


Baca juga : Tidak Mudah Layu & Mati, Ini Dia 10 Tanaman Hias Tahan Panas


Dwarf Baby Tears

tanaman aquascape

(azgardens.com)


Dwarf Baby Tears adalah tanaman aquascape yang memiliki daun kecil dan tumbuh merambat ke samping sehingga cocok diletakkan di bagian depan akuarium. Dari segi perawatan, tanaman aquascape ini memerlukan perawatan yang sedikit ekstra, yakni membutuhkan sorot cahaya tinggi dan memadai , setidaknya 2 lampu pada akuarium. Selain itu, Dwarf Baby Tears juga membutuhkan CO2 untuk bisa tumbuh baik dan maksimal.


Java Moss

tanaman aquascape

(modernaquarium.com)


Pilihan tanaman aquascape lainnya yang cocok diletakkan di bagian depan akuarium adalah Java Moss. Tanaman Java Moss atau Lumut Jawa merupakan tanaman aquascape yang tak hanya mempercantik akuarium Anda, tetapi juga memiliki manfaat lainnya seperti meningkatkan kualitas air, memberi perlindungan untuk telur dan benih ikan, serta menyediakan makanan untuk pengembangbiakan ikan. 


Tanaman ini memiliki ukuran yang pendek seperti semak-semak. Pilihan tanaman ini menjadi pilihan tepat bagi pemula karena kuat, paling mudah tumbuh, dan tidak perlu pencahayaan khusus. 


Giant Hairgrass

tanaman aquascape

(aquariumplantsfactory.com)


Giant Hairgrass adalah tanaman aquascape yang tergolong background plant, atau tanaman yang cocok diletakkan di bagian belakang akuarium. Sesuai dengan namanya, tanaman Giant Hairgrass memiliki bentuk menyerupai rumput dan dapat tumbuh hingga mencapai 40 sentimeter. Seperti halnya rumput biasa, tanaman Giant Hairgrass ini dapat dengan mudah tumbuh tanpa perawatan ekstra. 



(Teaser: Karl muscat on Unsplash)