Bagi Anda yang ingin mendirikan atau merenovasi rumah atau tempat bisnis, pasti hal pertama yang Anda lakukan adalah mencari referensi desain. Lalu bertanya, “apa tren desain tahun ini ya?” Berbeda dengan fashion, perubahan tren desain dan arsitektur lebih lama atau bertahan bisa hingga 5-10 tahun. Tetap ada perubahan tren namun dalam skala kecil, misalnya tone warna atau motif interior.


Tren Desain Interior Rumah dan Arsitektur Tahun 2021 casa indonesia




Cavare Grigio & Galaxia Oscuro


Walau tahun 2021 sudah mencapai di tengah tahun, tapi tidak ada kata terlambat untuk mengikuti tren. Apalagi di saat pandemi ini, begitu banyak orang yang memutuskan untuk merenovasi rumah. Kunci dalam merancang interior rumah adalah kenyamanan Anda. Baca referensi tren desain lalu kutip yang menurut Anda sesuai dengan selera dan bentuk rumah.


Jangan memaksakan menggunakan desain yang tidak cocok dengan kebutuhan Anda di rumah atau hanya sekadar ingin menyenangkan tamu saat datang, karena Anda lah yang menempati rumah itu sehari-hari.


Tren Desain Interior Rumah dan Arsitektur Tahun 2021 casa indonesia

Marquina Nero Matte & Bronze Oxide


Berbeda dengan merancang tempat bisnis, Anda harus mempunyai desain yang diminati oleh masyarakat saat ini, terutama mempelajari tentang kebutuhan dan habitnya. Setelah membaca beberapa riset dan mempelajari karakter desain selama 6 bulan ini, berikut ini tren desain dan arsitektur di tahun 2021 menurut CASA Indonesia:


Tampilan dinding yang semakin berkelas

Jika membahas tentang dinding, pasti berkaitan dengan warna. Setiap tahunnya, Pantone mengeluarkan tren warna. Di awal tahun ini, warna “Ultimate Gray” dan “Illuminating Yellow” terpilih sebagai warna tahun 2021. Menurut Pantone, penggabungan dua warna itu dapat memberikan kesan perasaan yang lebih mendalam dengan suasana yang cerah dan ramah.


Warna abu-abu adalah warna netral yang banyak diminati orang. Namun di sisi lain, tak banyak orang yang berani menggunakan warna kuning karena dianggap terlalu mencolok terutama untuk di rumah. Tips dari CASA Indonesia adalah gunakan warna ultimate gray sebagai warna utama, sedangkan illuminating yellow sebagai aksen. Anda bisa menerapkannya di salah satu kursi di ruang tamu, bantal, atau elemen interior lainnya.


Tren Desain Interior Rumah dan Arsitektur Tahun 2021 casa indonesia

Ferro Marmo & Velare Grigio


Tapi apakah Anda sudah mulai merasa bosan dengan hanya menggunakan cat dinding berwarna abu-abu yang plain? Tren desain 2021 adalah berani bermain motif, namun melebur dengan dinamis di interior. Jadi finishing atau material dinding itu tidak selalu harus wallpaper dan cat dinding.


Material yang biasanya Anda gunakan di lantai pun juga bisa digunakan di dinding. Tak hanya kamar mandi dan dapur, namun kini ruang tamu dan kamar tidur pun semakin banyak menggunakan design treatment ini. Salah satu material yang bisa Anda coba adalah sintered stone slab dari Quadra.


Sintered Stone Slab adalah material yang terbuat dari campuran bahan bebatuan berkualitas yang dipadatkan dengan tekanan tinggi, lalu dibakar dengan suhu sangat tinggi yaitu 1.250°. Banyak pilihan material bernuansa abu-abu yang akan membuat rumah Anda terlihat begitu elegan, antara lain Cavare Grigio, Ferro Marmo, dan Galaxia Oscuro.


Tren Desain Interior Rumah dan Arsitektur Tahun 2021 casa indonesia

Cavare Grigio & Galaxia Oscuro


Bagi yang suka nuansa alam, Galaxia Oscuro memadukan antara warna keabuan gelap dan kecoklatan; ditambah dengan warna beige pada uratnya. Anda bisa menggunakannya sebagai wall treatment di kamar tidur; bagian bed head. Sedangkan Cavare Grigio merupakan koleksi dengan permukaan Luxurious Matte yang berukuran 240x120 cm serta ketebalan 9 mm. Kedua material ini memiliki empat pilihan random faces.


Ferro Marmo (ukuran 320x160 cm) memberikan dimensi baru berkat perpaduan warna logam (tembaga) dengan marmer. Dengan tambahan shiny effect dalam balutan permukaan luxurious matte, koleksi ini memiliki kombinasi yang mengagumkan berkat penggunaan wet ink.


Motif yang memberikan kesan mewah

Membahas tentang pilihan motif, Quadra baru saja meluncurkan 22 koleksi teranyarnya, jadi Anda punya banyak pilihan seperti tampilan yang menyerupai marble, stone, quartz, metal dan cemento. Seluruh produk Quadra diproduksi di Indonesia dengan menggunakan teknologi tercanggih dari Italia atau dengan kata lain availability assurance berkelas internasional.


Tren Desain Interior Rumah dan Arsitektur Tahun 2021 casa indonesia

Purezza Bianco


Namun motif marble masih menjadi top of mind terutama yang berwarna putih dengan sulur hitam. Alasan motif ini banyak diminati karena warnanya yang terang memberikan efek ruangan yang luas. Banyak juga residensial yang menggunakan motif ini karena menginginkan nuansa rumah selayaknya hotel berbintang lima.


Baca juga, 22 Material Dinding Lantai Ini Bikin Rumah Jadi Elegan


Bigger is better

Bigger is better bukan berarti rumah harus besar, namun penggunaan material berukuran besar. Semakin besar material lantai dan dinding yang Anda gunakan, semakin kecil juga nat yang terlihat. Nat adalah garis pertemuan material.


Contohnya ceramic tile. Jika Anda perhatikan secara seksama, sisi pinggir keramik lebih turun dibanding bagian tengahnya. Jadi jika dipertemukan dengan keramik lain, akan ada lekukan di sekitarnya. Garis nat yang terlalu besar dan repetisi sering kali membuat interior terlihat kurang menarik.


Tren Desain Interior Rumah dan Arsitektur Tahun 2021 casa indonesia

Sodalite Blue, Rock Noir, Persia Grigio


Yang membuat produk Quadra ini sangat unik adalah ukuran yang extra large serta kaya akan motif. Koleksi Quadra hadir dalam ukuran 3.2 x 1.6 m, 2.4 x 1.2 m, 1.6 x 1.6 m, 1.2 x 1.2 m. Dengan menggunakan sintered stone slab berukuran besar, interior Anda dijamin akan terlihat elegan karena pertemuan antar material sangat rapi.


Tren Desain Interior Rumah dan Arsitektur Tahun 2021 casa indonesia

Statuario Gold & Marquina Nero


Seandainya dinding Anda berukuran 3 x 1.5 m, Anda bisa menggunakan koleksi Quadra berukuran 3.2 x 1.6 m tanpa sambungan sama sekali. Namun jikalau tetap membutuhkan lebih dari satu lembar, produk Quadra akan terlihat sangat presisi.


Instagrammable is the key

Bagaimana dengan tempat bisnis? Material sintered stone lab sangat cocok untuk segala jenis bisnis, terutama lobi, salon, restoran, dll. Keunikan atau tampilan yang instagrammable sekarang menjadi prioritas saat merancang ruang publik.


Tren  Desain Interior Rumah dan Arsitektur Tahun 2021 casa indonesia

Mistico Nero, Salika Grigio, Montana Bruno




Salah satu produk Quadra yang unik seperti Salika Grigio yang memiliki permainan paduan warna hijau keabuan dengan ornamen urat-urat dalam desainnya. Anda bisa aplikasikan sebagai wall treatment meja resepsionis dan backdrop logo perusahaan.


Seperti yang dibahas sebelumnya, ukuran material besar menjadi keuntungan dan vocal point dalam interior yaitu sebagai centerpiece. Dengan ketebalan 12mm, produk Quadra bisa dipasang atau digantung secara vertikal pada sisipan logam (dengan cara yang sama dinding tirai kaca digantung).


Tren Desain Interior Rumah dan Arsitektur Tahun 2021 casa indonesia

Palisandro Novulato, Rock Grigio, Rock Noir


The All New Collections 2021 ini menghadirkan pilihan permukaan (surface) yaitu Shiny Polished, Luxurious Matte, Original Matte dan Lite Matte. Untuk tempat bisnis, kebanyakan menggunakan shiny polished untuk menambah design value.


Nuansa alam yang menenangkan

Earthy tone sangat populer dalam desain interior, terutama di tahun 2021. Warna yang menenangkan sangat dibutuhkan untuk memberikan rasa nyaman karena pandemi ini memberikan tingkat stres yang cukup tinggi. Earthy tone seperti shades of brown, sands, beige, dan terracotta menjadi pilihan cantik untuk hunian.


Tren Desain Interior Rumah dan Arsitektur Tahun 2021 casa indonesia
Statuario Platinum  Bronzo Bruno, Persia Grigio


Tak hanya mengusung motif alam, namun semua produk Quadra diciptakan dengan filosofi green concept. Kelestarian lingkungan saat proses produksinya diperhatikan dengan baik oleh Quadra, seperti meminimalkan polusi, water recycling, penggunaan gas sebagai bahan bakar, dsb.


Lebih dari sekadar timeless design

Renovasi atau mendirikan rumah dan tempat bisnis membutuhkan biaya yang besar, sehingga akan dilakukan lagi dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu, terapkan konsep desain yang paling Anda sukai serta pilih material dengan durabilitas yang kuat agar tidak cepat bosan dan rusak.

Quadra memiliki beberapa keunggulan yang pintar. Material ini UV resistance, non-porous surface, stain resistance, fire & heat proof, dan mudah dibersihkan. Dengan kekuatan ini, material Quadra cocok dan tahan digunakan di eksterior seperti fasad bangunan ataupun interior seperti kitchen countertop.



Seluruh produk ini dapat Anda temukan di showroom Quadra di Quadra Centrum, Jl. Taman Aries Blok E1.3 Meruya. Anda bisa menghubungi (021) 256 84930 atau cek Instagram accountnya @quadra.surface untuk menemukan e-catalog dan website Quadra.


Sumber foto: Quadra