Untuk memiliki dapur yang rapi, apa saja tips yang sering Anda dengar atau lihat?

Salah satu tips yang wajib Anda ikuti adalah membuat rak atau ruang penyimpanan banyak. Mengapa demikian? Faktanya, ruang dapur terlihat berantakan dikarenakan kurangnya tempat menyimpan barang, sehingga Anda terpaksa meletakkan barang di atas meja makan, kabinet, dan permukaan furnitur lainnya.





Raknya Banyak Lemari Dinding Yang Wajib Anda Miliki / Pluck Kitchen 2


Baca juga, Sudah Dicoba, 15 Cara Menata Dapur Sederhana dan Rapi


Raknya Banyak Lemari Dinding Yang Wajib Anda Miliki / Pluck Kitchen 3


Menghadapi kondisi seperti ini, lemari dinding ciptaan Pluck Kitchen bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Berbasis di Brixton, London Selatan, brand yang berspesialisasi merancang ruang dapur ini kerap menerapkan Larder sebagai lemari dinding dalam rancangannya. Larder memiliki arti sebuah ruang atau lemari besar untuk menyimpan persediaan makanan.




Originally a larder was where raw meat was larded-covered in fat-to be preserved. By the 18th century, the term had expanded. Now a dry larder is where bread, pastry, and dry goods are stored. – Pluck Kitchen

Lemari dinding untuk di dapur ini dapat Anda buat dalam bentuk single door ataupun double door. Untuk memaksimalkan storage, pintu lemari dapat diberi door rack. Rak ini kerap digunakan untuk menaruh botol bumbu, saus, atau bahan masak dengan berat yang ringan.


Raknya Banyak Lemari Dinding Yang Wajib Anda Miliki / Pluck Kitchen 4

Contoh single door (sisi kiri)


Raknya Banyak Lemari Dinding Yang Wajib Anda Miliki / Pluck Kitchen 5

Contoh double door


Dalam lemari ini, Anda bisa membuat laci dalam guna menyusun rapi produk dalam bentuk kemasan berbungkus. Sehingga memudahkan jika ingin mengambil bahan makanan ketika laci ditarik keluar, ketimbang dibiarkan tersusun tegak di area rak terbuka.




Raknya Banyak Lemari Dinding Yang Wajib Anda Miliki / Pluck Kitchen 6


Fitur terakhir yang bisa ditambahkan dalam lemari dinding adalah rak metal untuk menaruh sayur dan buah. Rak seperti ini cocok untuk beberapa jenih sayur dan buah yang musti disimpan dalam suhu ruang, namun musti terhindar dari cahaya matahari secara berlebihan. Contohnya, tomat, pisang, maupun jeruk. Selain itu, sayur dan buah lebih tersusun rapi serta terhindar bau dari produk kemasan.


Raknya Banyak Lemari Dinding Yang Wajib Anda Miliki / Pluck Kitchen 7

Rak sayur dan buah di bagian bawah lemari


Keseluruhan fitur lemari dikemas menjadi rangkaian lemari dinding tertutup. Dengan demikan menciptakan kesan rapi dan luas pada interior dapur.


Baca juga, Tips dan Cara Mendesain Dapur Sempit Jadi Luas


Raknya Banyak Lemari Dinding Yang Wajib Anda Miliki / Pluck Kitchen 8


Furnitur yang dibuat tim Pluck identik dengan komponen rak yang banyak, sehingga membuat lemari dinding ciptaan Pluck Kitchen termasuk wajib untuk Anda miliki. Menggunakan birch plywood sebagai kerangka, produk ini menerapkan wood veneer sebagai lapisan luar guna meminimalisir penggunaan hardwood dalam produksinya. Berpedoman menciptakan furnitur yang ramah lingkungan, laminate dengan warna menggemaskan pada lemari dinding ini turut dikeratkan menggunakan perekat non toxic serta solvent free. Pilihan finishing seperti ini membuat pintu lemari lebih mudah untuk dibersihkan dari noda ketika masak.


Raknya Banyak Lemari Dinding Yang Wajib Anda Miliki / Pluck Kitchen 9

Raknya Banyak Lemari Dinding Yang Wajib Anda Miliki / Pluck Kitchen 10




Sumber Foto: Pluck Kitchen