Hal apa saja yang membuat Anda takjub saat menonton drama korea Mine? Tak hanya alur cerita, namun akting para pemeran utama, fashion, hingga tempat syuting dari drama ini berhasil memukau penonton di korea maupun masyarakat global.


Tahukah Anda bahwa rumah utama yang disebut Cadenza dalam drama Mine, ternyata adalah museum ciptaan starchitect, Tadao Ando. Memang hanya di drama inilah, museum ciptaan Tadao Ando justru dijadikan rumah bagi keluarga Hyowon dengan kekayaan yang tak bisa dibayangkan oleh publik pada umumnya.


Cuplikan rumah Cadenza dan Rubato dalam drama Mine / tvN


Diberi nama Museum SAN (Space Art Nature), museum telah berdiri pada tahun 2013 dengan nama Museum Hansol sebelum mengadaptasi namanya sekarang sejak tahun 2014. Dioperasikan oleh Hansol Foundation of Culture di Oakvalley, Wonju, Gangwon, Korea Selatan, harmonisasi alam serta seni menjadi hal utama yang dicanangkan oleh arsitek dalam perancangannya. Ini pula yang menginspirasi museum dalam mengadaptasi slogan Disconnect to Connect yang diartikan sebagai tempat untuk beristirahat serta relaksasi berkat alam dan seni kepada pengunjung yang datang kesana.



Museum SAN


Naver blog hani


Baca juga, Keseimbangan Jadi Alasan Tadao Ando Rancang Museum Ini


Bangunan yang diselubungi permukaan dinding terbuat dari batu, kerap menjadi elemen ikonis dari museum seperti yang terlihat saat karakter Jung Seo Hyun (diperankan oleh Kim Seo Hyung) beranjak keluar rumah di beberapa adegan drama Mine. Selain arsitektur nan puitis, museum turut dikelilingi lingkungan yang mampu menyegarkan mind and soul melalui taman dengan tiga konsep, yaitu bunga, air, dan bebatuan.


netflixid


Naver blog victorybest7


Naver blog hani


Selama masa pandemi, museum menyemarakkan program meditasi yang dapat Anda jalani di Mediation Hall. Turut dirancang oleh Tadao Ando, tempat Seo Hi Soo (diperankan oleh Lee Bo Young) melakukan yoga ini terinspirasi dari makam tua pada dinasti Silla. Berbentuk seperti dome, ruang dengan luas area sebesar 132 meter persegi ini menerapkan arched skylight pada bagian tengahnya. Dengan demikian, interior seakan mendapatkan garis cahaya yang proyeksi langit di luar yang terus berubah setiap waktunya.


Cuplikan adegan yoga oleh Seo Hi Soo / tvN




Museum SAN



Tak hanya patung Archway ciptaan Alexander Liberman yang terletak di pathway pintu masuk, museum dikenal menaungi koleksi James Turrell terbanyak di Asia. Salah satunya adalah Skyspace yang termasuk dalam satu di antara enam karya site-specific di institusi seni ini.



Archway oleh Alexander Liberman / Museum SAN


Adegan brunch di patio rumah dalam drama Mine / tvN


koreabyme



Selain drama Mine yang meraih rating tertinggi di antara stasiun TV kabel dengan 10,5% pada episode terakhirnya, museum juga pernah hadir di beberapa drama korea hits lainnya. Contohnya saja, Vincenzo, Hyde, Jekyll & I, Love Alarm, About Time, dan Tomorrow with You.








Foto teaser: Sothebys, Netflixid