Begitu banyak bangunan bersejarah yang telah berdiri sejak tahun 1910 dan kini masih berdiri dengan kokoh.


Kesepuluh bangunan di bawah ini terpilih berkat kontribusinya di dunia arsitektur, seperti menjadi pencetak sebuah langgam dengan karakternya masing-masing atau portofolio dari arsitek ternama, seperti Frank O. Gehry, Le Corbusier, Frank Llyod Wright, dan lainnya.




Menapaki kiprah selama sepuluh tahun, CASA Indonesia menengok perjalanan arsitektur di berbagai belahan dunia. Inilah sepuluh karya arsitektur ikonis selama sepuluh dekade pilihan tim editorial CASA Indonesia di tahun kesepuluhnya.


Bangunan-bangunan bersejarah ini sering tampil di buku-buku arsitektur dunia, bahkan tampil sebagai scene film ternama. 


1910 – 1920

WOOLWORTH BUILDING, New York City, Amerika Serikat

Arsitek: Cass Gillbert



Gedung yang muncul dalam serial Ugly Betty, sebagai tempat Betty bekerja, dijuluki Cathedral of Commerce. Sang pemilik gedung adalah seorang pengusaha bernama Frank Woolworth yang berambisi membangun gedung tertinggi di dunia.


1920 – 1930

VILLA SAVOYE, Poissy, Paris, Prancis

Arsitek: Le Corbusier dan Pierre Jeanneret



Sebuah karya seorang pionir desain modern yang berpengaruh besar pada era modernisme internasional. Vila ini dibangun menggunakan beton bertulang, yang kemudian melahirkan Five Points of New Architecture.


1930 – 1940

FALLING WATER, Pennsylvania, Amerika Serikat

Arsitek: Frank Llyod Wright



Sebagai penggagas gaya arsitektur organik, karya legendarisnya ini adalah rumah pertama di dunia yang memasukan unsur air ke dalam rumah. Kediaman milik Efgar J. Kaufmann, pendiri Kaufmann Department Store, ini diklaim sebagai karya terbaik sepanjang sejarah Amerika Serikat.


1940 – 1950

BAKER HOUSE, Cambridge, Amerika Serikat

Arsitek: Alvar Aalto


Desain gedung asrama yang terletak di Massachussets Institute of Technology ini memadukan konsep ski lodge dan kapal. Menyerupai bentuk huruf W, asrama ini memiliki 318 kamar dengan 22 desain yang berbeda, study lounge terbuka, dan pemandangan ke Charles River yang menakjubkan. Amar Bose sebagai founder Bose Corporation dan Wesley Chan, inovator Google Inc., pernah tinggal di asrama ini.


1950 – 1960

HIGH COURT CHANDIGARH & HARYANA, Punjab, India

Arsitek: Le Corbusier



Di tahun 1950an, Le Corbusier menjadi salah satu arsitek yang ditunjuk untuk membangun kota Chandigarh sebagai ibukota provinsi Punjab. Gedung Pengadilan Tinggi Punjab dan Haryana merupakan salah satu masterpiece Le Corbusier yang masih kokoh berdiri dan berfungsi hingga kini. Kompleks Chandigarh Capitol Complex ini resmi dijadikan sebagai warisan budaya oleh UNESCO pada tahun 2016 silam.


1960 – 1970

OPERA HOUSE, Sydney, Australia

Arsitek: Jørn Utzon




Opera House memang telah melekat sebagai simbol kota Sydney bahkan negara Australia berkat gaya ekspresionis hasil rancangan arsitek Jørn Utzon. Gedung Opera House mulai dibangun pada periode 1960 dan resmi dibuka pada tahun 1973. Di bawah pemerintahan Gubernur Negara Bagian New South Wales saat itu, Joseph Cahill, pembangunan Opera House sebagai gedung serbaguna kota Sydney kala itu mengalami banyak kontroversi.


1970 - 1980

VILLA BATU JIMBAR, Bali, indonesia

Arsitek: Geoffrey Bawa



Bangunan ini sebenarnya merupakan rumah pribadi seniman warga Australia, Donald Friend yang sejak tahun 1970 bermukim di Bali. Arsitek asal Srilangka, Geoffrey Bawa dikenal memiliki gaya perancangan minimalis tropis, ditantang untuk mendesain bangunan yang bisa merangkul keindahan pantai dan bangunan Bali. Terinspirasi dari istana-istana tradisional seperti Klungkung serta taman air Tirta Gangga, Villa Batu Jimbar ini menjadi bangunan ikonis arsitektur Bali modern.


1980 – 1990

ACKERBERG HOUSE, Malibu, California

Arsitek: Richard Meier




Denah rumah berbentuk L ini memiliki internal courtyard yang terhubung ke living room, lapangan tenis dan teras granit. Garis perancangan arsitek Amerika, Richard Meier yang sangat kuat terlihat pada bangunan dua lantai berwarna putih ini. Konteks lahan yang ekstrem antara pegunungan, pesisir pantai dan jalan raya mengusung desain rumah khas California Selatan. Permainan garis vertikal dan horizontal, kebebasan sinar matahari menerobos ruang-ruang tengah dan pemandangan ke arah laut dan langitbiru menjadi perhatian dunia arsitektur tentang desain rumah.


1990 – 2000

GUGGENHEIM MUSEUM, Bilbao, Spanyol

Arsitek: Frank O. Gehry




Bentuk bangunan sculptural yang menyerupai kapal layar ini berada di tengah pemukiman yang padat. Tak heran museum ini didaulat sebagai landmark kota baru yang menjadi tujuan favorit turis dunia sehingga berdampak besar bagi kemajuan ekonomi kota Bilbao.


2000 – 2010 

BURJ KHALIFA, Dubai, Uni Emirat Arab

Arsitek: Adrian Smith dan Skidmore, Owings, & Merrill (SOM)



Burj Khalifa yang merupakan ikon pariwisata kota Dubai ini sukses mempertahankan rekor sebagai bangunan dengan struktur tertinggi di dunia yang menjulang hingga 829,8 meter.


Follow instagram @casaindonesia untuk menemukan inspirasi desain dan tempat-tempat terbaru.


Sumber foto: Addison Godel, Alvar Aalto Museum, Access.com, idcenturyhome.com, Surfsupusa, Eric Kilby, Scconline.com, Sydney.com.au, Villabatujimbar.com, Richardmeier.com, Guggenheim, Burj Khalifa