Dengan berkurangnya lahan yang tersedia di Jakarta untuk membangun rumah, maka pilihan yang tersedia adalah membangun seadanya atau pergi ke kota-kota tetangga. Bagi yang tetap tertarik untuk membangun rumah di Jakarta, ada satu hal yang harus sangat anda perhatikan, yaitu memaksimalkan ruang yang ada.

Memaksimalkan open space yang ada di dalam maupun bagian luar rumah memang tidak gampang. Untuk mempermudah, tips-tips berikut bisa anda coba aplikasikan sendiri.


1. Jangan terlalu boros




Yang dimaksud adalah anda jangan terlalu boros menaruh furnitur-furnitur yang anda inginkan. Sesuaikan jumlahnya dan kegunaannya agar tidak memenuhi ruangan yang ada.


2. Letak ruangan usahakan mengarah ke luar




Dengan anda memaksimalkan ruangan yang mengarah ke halaman belakang luar, akan tercipta suasanya ruang yang luas secara alami.


3. Pencahayaan alami yang cukup




Karena perspektif ruang yang luas, maka kadar pencahayaannya pun harus cukup besar. Oleh karena itu perhatikan arah cahaya dan gunakanlah jendela atau sliding door yang besar untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan natural di rumah anda.


4. Pilihlah warna cat yang menawarkan rasa hangat




Pemilihan cat tembok di ruangan ini berkesinambungan dari pentingnya cahaya alami yang masuk. Tentu anda tidak ingin memiliki ruangan yang gelap di mana anda dan keluarga melakukan aktivitas.


5. Aksesoris sebagai sekat ruangan




Pilihlah aksesoris seperti lemari yang bisa diisi oleh foto-foto keluarga, pajangan-pajangan meja yang juga akan mempercantik ruangan anda yang berperan juga mengisi kekosongan tanpa harus memadatkan ruangan.


Untuk tips-tips menarik lainnya, jangan lupa untuk follow @casaindonesia di Instagram.


Foto: dok. Arsitag, desaininterior.me, & selipan.com