Menghabiskan waktu bersama keluarga saat liburan sekolah adalah waktu yang ditunggu-tunggu. Tentu Anda sudah menyiapkan jadwal cuti, namun apakah sudah menemukan tempat berlibur yang menyenangkan untuk keluarga?


Liburan anak sekolah kali ini cukup panjang, jadi pastikan Anda merencanakan liburan dengan baik dan menyenangkan bagi seluruh keluarga.



Simak beberapa rekomendasi tempat liburan outdoor di Jakarta, Tangerang, Bandung, dan kota lainnya versi CASA Indonesia. 


Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk / Cindy Putri


Selain tempat bermain outdoor berupa taman dan waterbom, artikel ini juga memberikan rekomendasi tempat untuk glamping. Istilah Glamping (glamorous camping) kembali marak, terutama saat liburan sekolah.


The Lodge Maribaya, Cibodas

The Lodge Maribaya, Cibodas / Wisata Asik


Anda dan keluarga bisa tidur di tenda namun memiliki fasilitas selayaknya hotel. Jadi jangan perlu kuatir untuk kualitas makanan dan kamar mandi, karena dijamin akan menyenangkan. 


1. Glamping Legok Kondang Lodge, Ciwidey

Istilah Glamping (glamorous camping) kembali marak dan tempat ini adalah salah satu recommended.


Legok Kondang Lodge menyediakan beberapa tipe kemah yang mewah, salah satunya Family Suite Tent yang dilengkapi dengan toilet berfitur pemanas air, TV kabel, breakfast, serta api ungun. Tempat ini berkapasitas hingga 10 orang (dengan tambahan 2 extra bed). 


Hubungi langsung ke Legok Kondang untuk mengetahui harga dan ketersediaan kamar.


2. The Highland Park Resort, Bogor

Bentuk tenda di The Highland Park Resort sangat unik selayaknya bangsa Mongolia dan Indian (Apache), namun memiliki fasilitas yang membuat Anda lupa bahwa sedang camping.



Tidur di tenda ini selayaknya di hotel dengan queen size bed, TV cable, serta wifi. Tempat ini menyediakan meeting room, ballroom, outbound, equestrian club (berkuda), edu-camp, golf, mini-zoo, dan waterbom.


Dengan tenda seharga Rp 1,2 juta hingga 1,6 juta, Anda sekeluarga dapat mendapatkan alam segar dan pemandangan Gunung Salak yang memberikan pengalaman yang berkesan. 


Glamping Legok Kondang Lodge, Ciwidey


3. Playparq, Kemang dan Bintaro

Didedikasikan bagi anak berumur satu hingga dua belas tahun, Playparq menghadirkan beragam atraksi seru di indoor dan outdoor.


Playparq, Kemang


Tempat bermain ini menyediakan delapan permainan, yaitu Flying Fox, Super Sliding, Big Trampoline, Kora Duck dan masih banyak lagi. Keseruan lainnya adalah Rumah Pohon yang jarang ada di Indonesia, terutama Jakarta.


Playparq, Bintaro


Bagi para orang tua, bisa menghabiskan waktu sembari menunggu di Prefere72 Café & Lounge yang memiliki ragam hidangan lezat. 



Playparq dibuka setiap hari Senin-Minggu (10:00-18:00) dan Selasa (14:00-18:00). Harga tiketnya beragam tergantung hari kunjungan, namun harga dimulai dari Rp 35.000. Ada promo menarik setiap hari Kamis karena Buy 1 Get 1. 


4. The Lodge Maribaya, Cibodas

Terletak tidak jauh dari Lembang, The Lodge Maribaya bisa memberikan pengalaman liburan seru yang tidak akan terlupakan.


The Lodge Maribaya, Cibodas


Untuk penginapan, tempat ini menyediakan pilihan tipe tenda atau village house. Aktivitas utama di sini adalah trekking, panahan, dan berkendara dengan Land Rover.



The Lodge Maribaya dapat Anda booking mulai dari harga berkisar Rp 970.000 hingga Rp 1.2 juta.


Baca juga, Hotel Keluarga di Bandung yang Super Nyaman untuk Anak


5. The Valley Resort, Dago Pakar

Belum ke Bandung jika belum naik kuda atau menikmati pemandangan rumput luas.


The Valley Resort, Dago Pakar


The Valley Resort mengajak anak-anak untuk jauh dari gadget dan beraktivitas dengan alam, olahraga, dan binatang.


The Valley Resort, Dago Pakar


Tempat ini memiliki wall climbing, area berkuda santai, remote control car track, driving range, dan ATV track. Para ibu bisa menikmati spa saat anak-anak bermain.



Dengan kamar hanya seharga Rp 800.000, Anda sekeluarga dapat mendapatkan alam segar dan keseruan bersama keluarga dalam satu paket


6. Scientia Square Park, Gading Serpong

Jika Anda memiliki keluarga dengan ragam usia, taman ini cocok dijadikan destinasi berlibur bersama.



Scientia Square Park memiliki fasilitas beragam, mulai dari kids playground, skate dan rollerblade park, lapangan futsal, outdoor amphitheater, remote controlled car track, air mancur, peternakan, dan masih banyak lagi.



Taman ini dibuka setiap hari mulai dari jam 06:00 – 21:00. Khusus weekend, taman ini buka hingga pukul 23:00.



Terdapat shuttle bus dari Summarecon Digital Centre ke Summarecon Mal Serpong setiap 15 menit. Harga tiket masuk Scientia Square Park dimulai dari Rp 25.000 


7. Tanakita, Sukabumi

Memiliki area tanah seluas dua hektar, Tanakita membagi 4 area untuk menginap dengan jumlah tenda yang berbeda-beda (10-20 tenda berkapasitas hingga lima orang).


Tanakita, Sukabumi


Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, seperti flying fox, bermain di sungai, menikmati api unggun, membuat sarapan pancake, dan mencari kunang-kunang saat malam hari.



Setiap akomodasi menginap di sini, setiap orang dikenakan biaya Rp 550.000 dan sudah termasuk tenda dan makan. Anak berusia di bawah 3 tahun, gratis. 


8. Waterbom Jakarta, Pantai Indah Kapuk 

Berenang di tengah-tengah cuaca Jakarta yang panas adalah ide cemerlang. Waterbom Jakarta memiliki luas area sebesar 38.000 meter persegi, jadi Anda sekeluarga dijamin akan puas berenang dan bermain seharian dari pukul 08:00-19:00.


Waterbom Jakarta, Pantai Indah Kapuk


Harga tiket Waterbom Jakarta senilai Rp 220.000 per anak dan Rp 280.000 per orang dewasa dan sudah termasuk semua wahana air, ban, dan jaket pelampung anak.


Waterbom Jakarta, Pantai Indah Kapuk


Waterbom Jakarta berbagai wahana air yang memiliki jadwal operasional yang berbeda-beda, jadi pastikan Anda cek jadwalnya sebelum bermain.


Waterbom Jakarta, Pantai Indah Kapuk


Wahananya antara lain wave pool, twizted zone, kiddy zone, extreme zone, bomblazter, dan hairpine zone.


Baca juga, Pasti Seru! 16 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Asyik


9. Trizara Resort, Lembang

Nikmati tenda di Trizara Resort dengan queen size bed, kamar mandi pribadi, dan santapan ayam penyet yang menggugah selera.


Trizara Resort, Lembang


Trizara Resort memiliki 47 tent room seharga 1,2 hingga 1,8 juta dengan dua jenis; untuk pasangan atau keluarga.


Trizara Resort, Lembang


Tempat ini menghadirkan aktivitas yoga, paintball, memanah serta menyediakan rental sepeda untuk mengelilingi tempat ini. Kunjungi websitenya untuk melihat virtual 360 tour.


Trizara Resort, Lembang


10. Faunaland, Ancol

Ancol terkenal dengan Sea World dan Dunia Fantasi (Duran), namun ada wahana lain yang tidak kalah serunya.


Faunaland, Ancol


Kenalkan sang buah hati dengan alam yang segar dan binatang-binatang secara langsung di Faunaland.



Dengan harga tiket Rp 85.000 (khusus untuk tanggal 11-24 Juni 2018), kebun binatang ini memadukan flora dan fauna dari benua Asia dan Australia.



Dekorasi totem di kebun binatang ini merupakan hasil pengrajin Asmat serta nuansa Papua yang terasa kental pada arsitektur Faunaland.



Faunaland sering kali dipakai sebagai school trip atau area lari marathon. Faunaland dibuka Senin - Jumat (09:30 – 17.30) dan Sabtu, Minggu, Hari libur (08:00 – 17.30).


11. Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Mangrove bisa menjadi destinasi wisata alam yang menyejukan.



Tempat ini juga menyediakan tempat penginapan yang dibuka untuk umum dalam rupa rumah tenda atau camping ground. Tempat wisata ini memiliki luas lahan sebesar 99,82 hektare dan 40 persennya digunakan untuk konservasi hutan bakau yang alami.


Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk


Selain menggunakan kano dan sepeda air, Anda bisa menyewa perahu untuk menjelajahi perairan di sekitar seharga Rp 250.000 berkapasitas enam orang.


Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk


Selain menikmati hutan yang asri, tempat ini menyediakan short course untuk belajar menanam mangrove. Tiket masuk turis lokal seharga Rp 25.000/orang dan bisa dinikmati dari pukul 08:00 – 18:00. 


Baca juga, 8 Hotel Keluarga di Jakarta yang Seru untuk Anak-Anak


(Harga di atas sewaktu-waktu bisa berubah. Harga yang tercantum diambil pada saat artikel ini terbit)


Foto opening: The Highland Park Resort, Bogor
Dok: Cindy Putri, Waterbom Jakarta, Jakarta Tourism, Blog Reservasi, detikHOT, The Highland Park Resort Bogor, Tempat Wisata di Indonesia, Celebrities For, playparq, Wisata Asik, A-HOTEL.com, The Valley Resort Hotel, TripAdvisor, Dolan Dolen, Pegipegi.com, Dolan Yok, Wikimapia, BeMyGuest, Kadung Campur, Liputan6.com, Kaskus FJB, TRIVINDO, yulia rosdiati