Merancang dan mengubah bangunan publik dengan konsep modern yang digemari generasi muda merupakan hal yang biasa SO-IL lakukan. Solid Objective-Idenburg Liu, disingkat SO-IL adalah biro arsitek muda dari New York. Didirikan tahun 2008 oleh pasangan suami-istri, Florian Idenburg dan Jing Liu yang sebelumnya pernah bekerja bersama di SANAA, firma arsitektur di Jepang.


Di bawah SO-IL Idenburg dan Liu telah mendapatkan penghargaan atas rancangan-rancangannya di MOMA PS1 Young Architects Awards di tahun 2010, serta Progressuve Architecture Awards pada tahun 2016. Di tahun 2017, mereka memenangkan kompetisi “Reinventer La Seine” di Place Mazaz. Paris dan diproyeksikan akan selesai di tahun 2020.

Konsep Place Mazas, Paris


Meskipun tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuktikan kualitas mereka sebagai arsitek, namun mereka mengakui jika mereka membutuhkan waktu setidaknya lima tahun untuk menemukan alur kerja yang nyaman sehingga tidak mengganggu aspek di luar profesi mereka.

Kukje Gallery, Korea Selatan


Dengan bekerja bersama-sama, Idenburg dan Liu memastikan bahwa setiap rancangan mereka tidak hanya baik dan benar, tetapi punya nilai seni dan estetika dalam setiap karyanya.


Foto: dok. SO-IL