Bagi para pecinta ikan, memiliki kolam ikan di rumah bisa menjadi salah satu hal yang menenangkan. Apalagi, dengan memiliki kolam ikan itu bisa memberikan daya tarik tersendiri bagi penghuni ataupun tamu yang datang.

Sebelum membuat kolam ikan, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu, seperti menentukan tema dan desain dari kolam ikan yang nantinya dibuat, berapa luasan area kolam ikan, material apa yang digunakan untuk pembuatan kolam, bagaimana cara merawatnya, sampai jenis ikan apa saja yang akan dipelihara nantinya.





Baca juga, 12 inspirasi taman rumah minimalis di lahan kecil


Tetapi, dari semua hal di atas Anda pasti akan lebih melihat detail dari desain kolam renang karena pada nantinya, itu yang akan dilihat sehari-hari baik untuk Anda yang tinggal di rumah, ataupun tamu yang datang.

Berikut ini ada beberapa inspirasi desain kolam ikan minimalis:


Kolam ikan yang menyatu dengan desain rumah

Selain meletakkan kolam ikan di halaman depan atau di halaman belakang rumah, Anda bisa menempatkan kolam ikan di dalam rumah juga bisa menjadi salah satu ide untuk menambah keindahan rumah. Apalagi kolam yang menyatu dengan desain rumah, agar air tidak membasahi lantai sekitar kolam, Anda harus mengeruk lebih dalam kolam yang akan dibuat.


homedesgn


DP + HS Architects / Don Pieto  

Jembatan kayu di atas kolam

Pilihan jembatan kayu di atas kolam ikan bisa memberikan sensasi menyenangkan bagi penghuni rumah atau para tamu yang datang. Adanya jembatan ini, membantu untuk menghubungkan rumah dengan taman belakang atau halaman dengan gaya yang lebih estetik.


Netluxury


Nataneka / Rinal Wiratama

Kolam bertingkat 

Memiliki desain unik, kolam bertingkat bisa jadi salah satu solusinya, umumnya kolam ikan hadir dalam bentuk persegi panjang atau dengan batu alam dan memiliki air terjun. 


decoratio





Studio Air Putih / Sefval Mogalana 


Baca juga, 9 Inspirasi Desain Kolam Renang


Kolam di foyer

Foyer sebagai tempat pemisah antara teras dan ruang tamu bisa diganti dengan adanya tambahan kolam ikan. Kolam ikan yang terletak di area ini juga bisa menambah kesegaran tersendiri untuk rumah Anda.


ultralinx


Platform Architects / Vicky Tanzil


Kolam di bagian samping rumah

Kolam berbentuk persegi panjang di bagian samping rumah juga bisa menciptakan nuansa segar. Ditambah dengan suara dari gemericik air di ujung kolam yang membuat kolam terasa lebih segar. Tentunya Anda yang memiliki kolam ini musti menyesuaikan ikan jenis apa yang bisa diletakkan disini agar ikan tidak terasa sesak karena penuh. 


Trending Home Decoration


Goutama Design Consultant / Fernando Gomulya

Kolam ikan yang menjadi penghubung rumah

Selain diletakan di halaman depan, belakang, samping. Kolam ikan juga bisa diletakkan di tengah-tengah, contohnya seperti kolam yang berada di tengah area rumah bisa ditambahkan dengan jembatan yang terbuat dari kayu agar penghuni bisa berjalan diatasnya. Tentu konsep kolam seperti ini bisa memaksimalkan luas kolam yang Anda miliki.

 

DB Arqutetos


A&Partners / Masuria Sudjana


Foto Teaser: Wahana Architect / Fernando Gomulya