Sempat mengerjakan proyek retail store berfasad kaca untuk Chanel Amsterdam di tahun 2016 lalu dan terbengkalai. Kini setelah 3 tahun berjalan MVRDV menyelesaikan proyek tersebut dan untuk pertama kalinya membuka Crystal Houses untuk Hermes di kawasan PC Hoofstraat. Desain fasad gerai ini menjadi sangat penting, karena area bangunan tersebut berdiri merupakan kawasan high-end shopping yang sudah mendunia namanya.


MVRDV Rancang Gerai Transparan untuk Hermes




Dilansir Design Boom, Crystal Houses merupakan langkah dari MVRDV yang mencoba untuk menghidupkan kembali entitas bangunan tradisional dengan sentuhan modern. Fasad Hermes yang dirancang firma arsitektur asal Belanda ini menggunakan kaca yang dibentuk menyerupai bongkahan batu bata.


Baca juga: Jejak Sejarah dalam Pameran Hermes Heritage


MVRDV Rancang Gerai Transparan untuk Hermes




Bentuk tersebut dipilih agar menyesuaikan dengan gaya bangunan awalnya yang menggunakan terakota dan masih dipakai pada bagian atas bangunan. Sedangkan “batu bata” kaca dianggap sebagai bentuk transparan dari material tersebut.


Baca juga: 7 Seniman Melukis Gedung Gucci ArtLab di Casellina


MVRDV Rancang Gerai Transparan untuk Hermes


RDAI selaku desainer interior untuk Hermes Amsterdam menata bagian dalam store tersebut agar produk-produk fashion asal Prancis tersebut dapat terlihat secara jelas dari luar. Dampak yang dihasilkan dari fasad tersebut adalah mengundang ketertarikan para orang-orang yang berlalu lalang di kawasan tersebut.


Sumber foto: dok. Daria Scagliola & Stijn Brakke