Memiliki rumah kecil bukan menjadi sebuah halangan Anda untuk memaksimalkan setiap penggunaan sudut yang ada, salah satunya area dapur. Dengan tata letak ruang, memilih peralatan apa saja yang akan digunakan, dan memikirkan ide desain dapur nantinya mau seperti apa, itu bisa membantu untuk memaksimalkan dapur Anda.







Sirkulasi gerak pun termasuk dalam hal-hal yang harus dipikirkan dari awal. Kitchen work triangle, sebuah teori peletakan kompor, sink dan kulkas yang sudah dipercaya efisien dalam melakukan aktivitas di dapur ini perlu dipirkan matang-matang saat berencana merancang sebuah dapur. Pastinya Anda harus menentukan dahulu berapa luas area dapur nantinya, bagaimana bentuk dapur, apakah posisinya akan seperti huruf L, bersebrangan atau seperti tapal kaki kuda? Barulah tentukan kitchen work triangle yang sesuai.


Baca juga, Sudah Dicoba, 15 Cara Menata Dapur Sederhana dan Rapi


Berikut ada beberapa tips untuk memkasimalkan penggunaan dapur Anda di rumah:


1. Singkirkan kabinet, biarkan dapur terlihat terbuka

Penggunaan kabinet pada dapur kecil bisa memberikan efek sesak dan tertutup untuk ruangan. Untuk membuat kesan yang lebih lega dan lapang, Anda bisa beralih untuk menggunakan rak dinding terbuka sebagai gantinya. Selain itu, ternyata rak terbuka juga bisa membantu menjaga peralatan dari kelembapan dan menghemat waktu dalam mencari peralatan yang diperlukan.



The Boholoft


2. Tata dapur serapi mungkin

Merapikan dapur kecil bisa membantu dalam memberikan suasana lega. Salah satunya dengan menambahkan rak gantung untuk meletakan peralatan masak, atau gelas. Dengan menggantung peralatan tersebut itu bisa memberikan kesan unik dan mempermudah Anda dalam mencari peralatan tersebut.




Baca juga, 7 Tips Hemat Memperbaiki Dapur Lama Menjadi Baru


3. Biarkan dapur tersembunyi

Kamuflase ruang, dengan cara ini Anda bisa menyembunyikan ruangan dapur dan membuat dapur terlihat lebih luas. Bisa dengan menggunakan pintu atau panel lipat untuk menutup area dapur yang berantakan setelah dipakai ini. Hal ini juga bisa membantu Anda dalam memaksimalkan area rumah yang terbatas. 



Tokyo apartment karya Minorpoet / Satoshi Shigeta / Dezeen




4. Pasang Island di tengah-tengah dapur

Memiliki dapur kecil bukan berarti Anda tidak bisa menambahkan sebuah solusi untuk meletakan makanan yang disajikan ditengah dapur, island. Dengan bentuk yang ramping, serta mempertimbangkan kitchen work triangle, penggunaan island di dapur kecil tentu bisa maksimal. 



The Boholoft


5. Tambahkan tempat duduk

Setelah memasang island tentunya Anda bisa menambahkan tempat duduk untuk menikmati makan malam santai atau kopi pagi. Kursi bar bisa menjadi pilihan yang cocok untuk meja tambahan ini.



Hudson Valley Lighting


Baca juga, 25 Desain Dapur Cantik yang Bisa Anda Tiru dengan Mudah


6. Maksimalkan pintu kabinet sebagai storage 

Selain menjadi penutup kabinet, Anda bisa menggunakan pintu kabinet sebagai tempat untuk meletakan tutup panci yang berbentuk pipih dan sebaiknya diletakan dibawah untuk mempermudah saat dibutuhkan. Konsep ini bisa digunakan untuk memaksimalkan tempat yang terbatas, panci-panci yang ada juga bisa diletakan dibawah dengan cara memasukan panci kecil kedalam panci yang lebih besar.



spitzhuettl.de


7. Laci sisipan

Peranan laci sangat penting didapur yaitu untuk menyimpan peralatan-peralatan masak. Kini, ada sistem praktis nan cocok untuk dapur kecil yang bisa menjadi salah satu pilihan Anda dalam menyimpan barang. Tidak terlalu makan tempat tetapi bisa mengoptimalkan dalam kerapian bumbu-bumbu atau perlatan masak. 


Pull out storage unit / Hafele


8. Pull out swivel storage

Rak bersusun bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengisi ruang dan bisa diletakan di pintu kabinet. Saat membuka pintu pull out swivel ini akan terbuka dengan optimal dan itu akan mempermudah Anda dalam mengambil barang yang ada di dalam.



Pull out swivel storage / woodlandsatthegreens.com


Sumber teaser: small kitchen