Mengingat dampak global warming yang dapat tidak hanya merusak lingkungan, namun juga membahayakan banyak orang. Beberapa desainer serta produsen apparel kini terus mencoba untuk menghadirkan produk ramah lingkungan dengan menggunakan material yang berasal dari alam. Salah satunya adalah Native Shoes yang memproduksi sneaker dari bahan-bahan non hewani atau vegan.


Sangat Unik! Plant Shoe, Sepatu Vegan dari Native Shoes




Produsen sepatu asal Kanada ini berhasil mengolah bahan-bahan yang berasal dari getah pohon karet, kulit nanas, daun eukaliptus, dan material natural lainnya. Sepatu yang diberi nama Plant Shoe ini juga sama sekali tidak menggunakan polyurethane coating yang sering ditemukan di proses finishing sepatu.


Baca juga: Well-designed! Adidas Luncurkan Sepatu Ramah Lingkungan


Sangat Unik! Plant Shoe, Sepatu Vegan dari Native Shoes


Dilansir Dezeen, untuk menghasilkan bagian atas sepatu yang terbuat dari kulit nanas, Native Shoes bekerja sama dengan perusahaan Piñatex yang terkenal berkualitas dalam mengolah material ramah lingkungan, seperti katun organik dan juga kulit buah-buahan.




Baca juga: Transformasi Limbah Beracun Menjadi Tableware Indah


Sangat Unik! Plant Shoe, Sepatu Vegan dari Native Shoes


Getah pohon karet diolah menjadi material latex organic sehingga dapat diaplikasikan sebagai outsole untuk sepatu ini. Lalu pada bagian midsole, material seperti serat daun sisal dan serpihan kayu digunakan agar dapat menjaga kualitas sepatu selama pemakaian. Sedangkan bagian insole diproduksi menggunakan biji jagung dan tanaman Kenaf dari Afrika. Daun eukaliptus digunakan untuk menjaga struktur sepatu agar lebih kokoh.


Sangat Unik! Plant Shoe, Sepatu Vegan dari Native Shoes


Material yang digunakan juga memungkinkan Plant Shoe dialih fungsikan menjadi kompos ketika masa gunanya berlalu. Sehingga membuat produk ini dapat terus berguna bahkan ketika tidak lagi digunakan.


Sumber foto: dok. Native Shoes