Memutuskan untuk tinggal di sebuah kosan merupakan sebuah keputusan yang berat, apalagi bagi Anda yang terbiasa memiliki kamar berukuran luas dan gemar untuk mendekorasinya agar kerasan. Bukan hanya keterbatasan lahan yang menjadi masalah dalam merenovasi interior kamar kosan, namun kebijakan untuk tidak mengubah atau memodifikasi elemen bangunan juga menjadi kendala.





Meskipun cukup bermasalah, namun masih banyak cara dalam menghias kamar kosan yang dapat merepresentasikan citra dan gaya personal. Salah satu cara tersebut adalah dengan menghadirkan tanaman hias dalam kamar kosan Anda.


Temukan Tanaman Hias yang Cocok Untuk Kamar Kosan Anda!

West Elm


Baca juga: Tinggal di Kosan? Siap Sedia 17 Barang Wajib Ini!


Manfaat Tanaman Hias


Selain dapat menghadirkan sentuhan personal pada dekorasi desain kamar kosan, tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk manusia.


1. Mampu hadirkan suasana segar pada kamar kosan


Temukan Tanaman Hias yang Cocok Untuk Kamar Kosan Anda!

Indoor Plants


Di ruangan terbatas, seperti kamar kosan, kesan sesak biasanya tidak terhindarkan. Oleh karena itu, kehadiran tanaman hias ternyata mampu berikan suasana segar, terutama di pagi hari ketika tanaman sedang berfotosintesis dan mengeluarkan oksigen.


2. Mengurangi debu di dalam ruangan


Temukan Tanaman Hias yang Cocok Untuk Kamar Kosan Anda!

The Sill


Dengan menyiram tanaman hias di dalam ruangan secara rutin, kamar kosan Anda akan lebih terasa memiliki tingkat kelembapan yang baik sehingga meminimalisasi debu menempel di dalam ruangan.


3. Meringankan kondisi mata lelah dan mengurangi stres



Kamar kosan bagi beberapa orang mampu meningkatkan produktivitas sehingga sering kali dijadikan tempat bekerja. Kondisi mata lelah pun tidak jarang terjadi, namun dengan mengalihkan pandangan sejenak ke tanaman hias yang segar dan berwarna cerah, kondisi tersebut dapat teratasi. Selain itu juga, hal yang sama dapat membantu Anda mengurangi stres.


Baca juga: Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian


Jenis tanaman hias untuk kamar kosan


1. Lidah Mertua




Temukan Tanaman Hias yang Cocok Untuk Kamar Kosan Anda!

Succulent City


Memiliki karakteristik daun yang tegak dan agak keras dan minim penyiraman, membuat Lidah Mertua menjadi salah satu tanaman hias yang cocok untuk ada di kamar kosan. Karakteristik tersebut memungkinkan Anda untuk meletakkan tanaman hias ini di hampir setiap sudut tanpa harus khawatir adanya batang pohon yang menjalar.


2. Lidah Buaya


Temukan Tanaman Hias yang Cocok Untuk Kamar Kosan Anda!

Sahifa


Sebagai tanaman hias berjenis sukulen, Lidah Buaya dapat ditanam dalam pot berukuran kecil sehingga tidak memakan tempat secara berlebihan di dalam kosan. Selain itu, tanaman ini juga dapat menyembuhkan luka bakar, sehingga tidak hanya memperindah namun juga bermanfaat.


Baca juga: 18 Desain dan Layout Kamar Kosan Kecil Tapi Stylish


3. Sirih Gading


Temukan Tanaman Hias yang Cocok Untuk Kamar Kosan Anda!

Teal Notes


Meskipun digolongkan sebagai tanaman merambat, Sirih Gading dapat menjadi pilihan untuk menghias kamar kosan Anda. Perawatannya yang mudah, dengan daun berbentuk hati yang cantik tentu dapat menambah kesan indah untuk kamar . Kebanyakan orang, menggantung tanaman ini agar daunnya menjuntai serta meminimalisasi pemakaian ruang.


4. Sukulen Jade


Temukan Tanaman Hias yang Cocok Untuk Kamar Kosan Anda!

Mauricio Acostas Rojas


Sukulen Jade dikenal sebagai tanaman pemberi keburuntungan. Bentuknya yang sangat mungil, memudahkan Anda dalam meletakkan tanaman di area kamar kosan sesuai dengan keinginan. Mengelap daun secara rutin, serta menyiram dan menyianginya secara berkala merupakan cara perawatan tanaman yang sangat mudah.


5. Anthurium


Temukan Tanaman Hias yang Cocok Untuk Kamar Kosan Anda!

Naturebring


Dengan bentuk daunnya yang unik, serta warna bunga merah yang indah, kehadiran Anthurium mampu hadirkan kesan ceria dan menyenangkan pada kamar kosan Anda. Anda tidak perlu memerlukan tanah dalam jumlah yang banyak untuk merawatnya dan hanya perlu untuk menjaga kuantitas air untuk akar tanaman ini.


Foto teaser: Do You Even Paleo