Pandemi virus corona memang membuat sebagian aktivitas outdoor tidak bisa dilakukan, salah satunya mendaki gunung.


Namun setelah imbauan kehidupan normal baru mulai dicanangkan, pemerintah Indonesia mulai kembali membuka 29 taman nasional dan tempat wisata alam untuk kembali dikunjungi tentu dengan protokol kesehatan.





Protokol tersebut di antaranya menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, surat sehat, dan asuransi perjalanan.


Berikut 5 gunung yang bisa Anda daki saat pandemi virus corona sesuai dengan penghimpunan CASA Indonesia. 


1. Gunung Gede Pangrango



Air terjun Cibereum / Jejak Piknik


Salah satu protokol kesehatan yang harus dilakukan ketika mendaki gunung adalah diperbolehkannya one day trip saja atau kegiatan satu hari.


Hal tersebut membuat kegiatan pendakian hingga puncak gunung cenderung mustahil untuk dilakukan.


Meski demikian, di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang terletak di Bogor, Jawa Barat, Anda tetap bisa menikmati keindahannya dengan berkemah di kaki gunung atau mengunjungi air terjun Cibereum.


2. Gunung Bromo Tengger Semeru



Wisata mobil jip di kaki Gunung Bromo / Go-Jeep


Taman nasional lainnya yang dibuka adalah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman nasional yang terletak di Jawa Timur ini merupakan tempat dari gunung tertinggi di pulau Jawa, yakni Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 mdpl.


Baca juga: Pergi Liburan Sendiri akan Tren Lagi Selama Pandemi?


Meski untuk mencapai puncak Gunung Semeru membutuhkan waktu 2-3 hari, Anda tetap bisa menikmati keindahan alamnya dengan menyewa mobil jip untuk mengelilingi lautan pasir Gunung Bromo.




3. Gunung Rinjani



Danau Segara Anak / Super Adventure


Destinasi yang terletak di Pulau Lombok ini menjadi gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Taman Nasional Gunung Rinjani memiliki tinggi 3.726 mdpl dan menjadi salah satu destinasi favorit pendaki Indonesia.


Karena untuk mencapai puncak Rinjani juga membutuhkan waktu lebih dari sehari, Anda bisa mengunjungi Danau Segara Anak yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki 8-10 jam.


4. Gunung Papandayan



Hutan Mati Papandayan / PegiPegi


Meski tidak masuk jajaran gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Papandayan yang berlokasi di Kabupaten Garut, Jawa Barat tetap banyak menarik wisatawan berkat medannya yang relatif mudah.


Baca juga: Kangen Travelling? Ini Tempat Liburan Wajib Dikunjungi


Anda bisa mengunjungi salah destinasi favorit di Gunung Papandayan, yakni Hutan Mati yang menawarkan pemandangan indah nan misterius.


5. Gunung Merbabu



Penampakan Gunung Merbabu / Tokopedia


Taman Nasional Gunung Merbabu terletak Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dengan tinggi 3.145 mdpl, Gunung Merbabu menjadi salah satu lokasi pendakian yang populer karena medannya yang cukup menantang.


Selain pendakian amatir tidak disarankan di Gunung Merbabu, para pendaki juga harus memerhatikan banyaknya kabut tebal, juga hutan homogen dan tradisi warga lokal yang harus dihormati.


Teaser: Super Adventure