Memiliki tanaman hias merupakan sesuatu yang tidak asing di kalangan masyarakat saat ini. Tanaman hias menjadi sebuah sentuhan hijau yang diidamkan banyak orang untuk rumah. Tanaman sendiri memiliki banyak khasiat yang baik untuk meningkatkan kualitas hidup, hanya saja kali ini terasa seperti orang-orang seolah membutuhkannya lebih dari sebelumnya dan menyadari pentingnya kehadiran tanaman di rumah. 



Untuk sebagian banyak dari kita, memilih tanaman hias sesuatu yang baru dan terlalu mudah untuk menyimpulkan tanaman hias yang kita inginkan ketimbang apa yang memang dibutuhkan.



Mempersedikit banyaknya tanaman yang dapat menjadi tanaman hias pertama Anda, Zodiak memiliki gambaran terhadap tanaman yang pantas menjadi pilihan Anda yang dapat menimbulkan rasa harmoni terhadap rumah Anda. 


1. Cancer: Pachira

Flower Council


Walaupun identik dengan uang dan harta, pachira atau biasa dikenal sebagai money tree memiliki makna mendalam yang tersirat pada wujud akarnya yang dalam dan batang pohon yang memutar. Batang pohon yang memutar juga mencerminkan pribadi seorang Cancer yang memiliki hubungan erat dengan keluarganya.


The Spruce


Seorang Cancer yang perhatian juga dapat dengan mudah merawat tanaman ini, sehingga tanaman pachira dapat memancarkan energi positifnya sebaliknya. 


Pertama Kali Memilih Tanaman Hias? Simak Menurut Zodiak

Flower Council

2. Leo: Bromelia


Seorang Leo memiliki kepribadian yang berani dan riang, sebuah tanaman yang dapat bertahan di lingkungan tropis seperti bromelia sangat mengkomplemen orang yang berzodiak Leo.


Pertama Kali Memilih Tanaman Hias? Simak Menurut Zodiak


Tanaman bromelia sendiri tidak membutuhkan banyak perawatan maka sebuah pilihan yang baik untuk tanaman pertama Leo. Warna mencolok dan dedaunan yang eksotis seolah mencerminkan Leo yang berkepercayaan diri tinggi dan stand out. 



3. Virgo: Rubber Plant



Orang-orang yang memiliki zodiak Virgo sangat detail-oriented dan tekun terhadap apa yang dilakukan. Sebuah rubber plant memiliki beberapa step perawatan yang wajib diikuti, akan tetapi bahkan sebagai first-timer Virgo tidak akan merasa kesulitan.


Pertama Kali Memilih Tanaman Hias? Simak Menurut Zodiak


Karena itu, seorang Virgo dan rubber plant merupakan pasangan yang serasi karena saling melengkapi satu sama lain terutama dalam hal tanggung jawab yang harus dipenuhi. 



4. Libra: Monstera



Libra cenderung diketahui sebagai pecinta seni, maka tidak heran bahwa Anda akan tertarik terhadap tanaman hias seperti monstera. Meskipun demikian, monstera sendiri memiliki banyak karakteristik yang selaras dengan gaya hidup seorang Libra maka sangat cocok untuk hadir di rumahnya bahkan sebagai tanaman hias yang pertama.



Belahan simetris yang terdapat pada daun monstera menyuarakan kebutuhan seorang Libra untuk keseimbangan dalam hidupnya. Selain itu, monstera sendiri dapat memulai pembicaraan yang baik bagi tamu seorang Libra dirumahnya. 


Pertama Kali Memilih Tanaman Hias? Simak Menurut Zodiak


5. Scorpio: Dracaena

ProFlowers


Scorpio dikenal sebagai seorang yang mudah mengungkapkan pikiran dan perasaannya, maka saat dihadapi dengan sebuah tantangan atau sekadar pekerjaan dengan passion. Dracaena menjadi sebuah tanaman hias yang cocok untuk Scorpio karena memiliki sifat yang sama.


ProFlowers


Jika menerima terlalu banyak air, daun pada tanaman dracaena akan berubah kuning dan jatuh, hingga sifat dracaena yang terus terang ini seolah dapat dengan mudah untuk diatasi oleh Scorpio.


ProFlowers


6. Sagittarius: Alocasia


Pemilik zodiak Sagittarius selain dikenal sebagai adventurous dan suka travelling merupakan ekstrovert dan sangat eksentrik. Tanaman alocasia sendiri sebenarnya berasal dari Filipina tetapi juga terdapat di negara tropis seperti Indonesia.


Greenery Unlimited


Memilih alocasia sebagai tanaman hias untuk seorang Sagittarius akan menghadirkan sentuhan asing dari luar negeri yang terasa familiar baginya, maka merawat tanaman akan terasa lebih menyenangkan. 


Pertama Kali Memilih Tanaman Hias? Simak Menurut Zodiak

Our House Plants

7. Capricorn: Bonsai

Pertama Kali Memilih Tanaman Hias? Simak Menurut Zodiak




Disiplin dan tradisional menggambarkan seorang Capricorn dengan baik. Mengikuti peraturan dan tradisi menjadi kedua hal yang menjadikan Capricorn pemilik yang pantas untuk tanaman Bonsai. Tanaman yang identik dengan budaya Jepang ini merupakan memerlukan banyak perawatan dan waktu untuk dapat menumbuhkan tanaman Bonsai.


Pertama Kali Memilih Tanaman Hias? Simak Menurut Zodiak


Tanaman ini sesuatu yang tidak luput dari tradisi dan disiplin seorang Capricorn terhadap apa yang dilakukan membuat merawat sebuah Bonsai sekadar hobi. 


Pertama Kali Memilih Tanaman Hias? Simak Menurut Zodiak


8. Aquarius: Pothos

Pertama Kali Memilih Tanaman Hias? Simak Menurut Zodiak


Tanaman pothos merupakan salah satu tanaman yang berperan sebagai air-purifying plant. Bagi Aquarius yang altruistis, hal ini seolah membantunya membuat dunia lebih aman dan nyaman dimulai dari udara di dalam rumahnya.



Memilih pothos sebagai tanaman hias untuk rumah seorang Aquarius juga sesuatu hal tidak lagi diragukan, dedaunan tanaman pothos yang panjang dan bercorak putih mencerminkan seorang Aquarius sebagai visioner dan periang.



9. Pisces: ZZ Plant 


Pisces merupakan salah satu orang dengan sifat yang mudah memaafkan dan berbelas kasih, sama halnya dengan ZZ plant. Tanaman ini tidak akan cepat terpengaruh jika Anda melupakan untuk memberi air atau disaat matahari yang cukup tidak tersedia.



Memilih tanaman ini untuk rumah Anda dan juga sebagai tanaman hias pertama yang dimiliki memungkinkan seorang Pisces untuk melakukan yang terbaik berkat sifat tanamannya yang toleran. 



10. Aries: Sukulen


Seorang Aries dikenal sebagai sangat terus terang karena itu memilih sebuah sukulen sebagai tanaman hias sesuatu hal yang mudah untuk ditentukan. Merawat sukulen pun sangat terus terang karena hanya membutuhkan disiram dan sinar matahari sesekali tanpa perawatan yang ribet.



Aries juga memiliki semangat yang tinggi dan keinginan untuk aktif berada di luar, sama seperti sukulen yang beragam warna dan menyukai berada di bawah sinar matahari. 


Pertama Kali Memilih Tanaman Hias? Simak Menurut Zodiak


11. Taurus: Fiddle Leaf Tree



Seorang Taurus yang gigih dan sabar mempunyai gambaran bagus agar dapat mendapatkan apa yang diinginkannya bahkan jika harus meluangkan waktu ekstra untuk bekerja agar dapat mencapai hal tersebut.


Pertama Kali Memilih Tanaman Hias? Simak Menurut Zodiak


Taurus juga diketahui yang memiliki selera mewah, dan sebuah fiddle leaf tree merupakan pilihan favorit desainer interior dan penghuni apartemen untuk mengemukakan desain rumah yang mewah dan asri.



Walaupun tanaman fiddle membutuhkan perawatan yang rumit, tanaman ini sangat cocok dengan gaya hidup dan juga keahlian seorang Taurus. 


12. Gemini: Philodendron


Gemini sangat mudah beradaptasi dan fleksibel terhadap berbagai situasi yang dihadapi. Philodendron yang dapat beradaptasi terhadap kebanyakan lingkungan indoor dan juga beragam kondisi pencahayaan menjadikannya pilihan tanaman hias yang serasi dengan Gemini.


Pertama Kali Memilih Tanaman Hias? Simak Menurut Zodiak


Banyaknya pilihan tanaman dari keluarga philodendron dan daun yang merambat mencerminkan sifat seorang Gemini yang mudah bersosialisasi dan kemauan untuk mengemukakan ide-ide baru. 



Sumber teaser + foto: Gardenista
Teks oleh: Annika Fathma