Interior bergaya Modern dan Klasik sebenarnya seringkali bertolak belakang. Jika Modern identik dengan dekorasi yang minimal, sebaliknya Klasik begitu vibrant dengan permainan warna dan aksen dekorasi yang rumit.


Sudah banyak desainer-desainer interior yang coba menggabungkan interior bergaya Modern dan Klasik dalam satu tempat, namun kebanyakan kombinasi tersebut digunakan untuk rumah-rumah dengan luas bangunan realtif besar.







Di tangan Creata Interior, biro desain yang berbasis di Tangerang, kombinasi dua elemen interior tersebut ternyata juga bisa disematkan pada Bali Tropical, proyek mereka yakni rumah dengan luas bangunan yang relatif terbatas. Yuk simak tips dan triknya!


Pilih warna dinding yang lebih "aman"




Warna dinding di dalam langgam Modern identik dengan warna ekspos kayu, beton, atau warna netral seperti putih. Namun agar bisa bersanding dengan aksen interior vintage seperti credenza dengan banyak detail dan juga list gypsum, warna dinding juga harus dibuat seimbang.


Baca juga: Resort Ini Menjadi Rumah Baru Hutan Berusia 1000 Tahun


William Calvin dari Creata Interior menggunakan wallpaper dengan nuansa yang lebih hangat, juga aksen natural melalui penggunaan lantai Vinyl Taco berpola kayu.


Menghindari desain klasik yang terlalu berulir dan rumit




Meski elemen Klasik di dalam interior Bali Tropical terlihat jelas melalui penggunaan kabinet-kabinet vintage dengan warna dominan putih, William secara spesifik tidak ingin mengaplikasikan furnitur yang terlalu besar.


Agar sesuai dengan luas ruangan, sebaiknya pilih unsur-unsur Klasik yang paling sederhana dan minimalis, dengan warna senada yang tidak terlalu mencolok.




Tambahkan unsur kain di beberapa bagian ruangan




William juga suka menambahkan elemen kain pada interior Bali Tropical untuk mendapatkan kesan Modern dan juga Klasik. "Kain dapat menambahkan elemen kompleksitas pada desain Klasik tetapi tidak terasa terlalu berat," ujarnya. 




Di ruang makan, unsur kain dapat digunakan pada sofa, dining chair, dan table runner. Di kamar tidur, kain dapat ditambahkan sebagai padded untuk sandaran ranjang, karpet, gorden agar ruangan terasa lebih hangat.


Gunakan furnitur custom agar ruangan terasa lebih luas




Kombinasi elemen Modern dan Klasik kian terlihat ketika menyambangi area dapur dan ruang makan. Ruang makan memiliki desain lebih Modern dengan meja beraksen kayu solid untuk kesan yang hangat.


Baca juga: Desain Rumah Modern & Mewah dengan 2 Konsep Hunian Unik


Untuk dapur, elemen Klasik tampil melalui penggunaan kitchen cabinet custom putih dengan aksen kaca kotak-kotak.




Warna putih sebagai unsur dominan pada dapur membuat ruangan terasa lebih luas. Tidak hanya itu, kabinet custom yang dibuat penuh hingga mencapai plafon juga memberikan kapasitas penyimpanan tambahan.


Desain interior Bali Tropical oleh Creata Interior
Foto & Teaser: Pandji Fotoperspektif