Kate Patterson, pemilik studio desain lanskap KPLA yang berbasis di Melbourne, pada awalnya tidak pernah memikirkan untuk merancang taman di rumahnya sendiri.






Bahkan rumahnya yang bergaya Edwardian yang berdiri sejak 1912 ini semula memiliki rumput palsu pada taman belakang dan bebatuan vulkanik dari tahun 80an di bagian depan rumah.



Setelah sekian lama, Kate akhirnya menyulap yang sebelumnya sebuah lahan rumput liar menjadi sebuah taman asri untuk rumah keluarganya ini. Sang desainer menggunakan single species plantings dengan tambahan tanaman yang unik dan berbeda diantara lanskap, seperti pohon ceri dan stroberi yang ditanamkan di sekitar jalan masuk rumah. 





Terdapat beberapa area courtyard pada seluruh rumah untuk mengundang nuansa asri kedalam rumah. Menghadirkan sebuah courtyard internal membantu membukakan cahaya dan sentuhan hijau bertumpahan pada area dapur, dining room, hingga living room. 



Living room juga diletakkan berada dekat dengan halaman belakang agar dapat memandangi area kolam renang.



Walaupun semula hanya sebuah taman belakang, lanskap hijau tidak luput dari area kolam renang. Terlihat bermacam tanaman merambat dari atas rumah membingkai eksterior serta terdapat juga tanaman hias yang mengitari pagar untuk membatasi lahan rumah. 


Dilansir dari: The Design Files
Sumber teaser + foto: David Mitchener Photography
Teks oleh: Annika Fathma