Jika Anda berencana untuk menyediakan kamar terpisah bagi anak, pastinya harus memperhatikan beberapa furnitur yang akan ditempatkan di dalamnya, salah satunya adalah lemari pakaian anak. Hal ini karena, seiring bertambahnya usia, kebutuhan sandang anak juga akan semakin bertambah. Inilah mengapa anak membutuhkan lemari untuk menyimpan pakaian kesayangannya. Dengan begitu, Anda juga bisa mengajarkan anak untuk menata pakaian dengan lebih rapi tanpa bantuanmu. Berikut ini CASA Indonesia telah merangkum beberapa model lemari pakaian anak yang bisa diletakkan di kamar tidur anak. 


Lemari Pakaian Anak Model Built-in

lemari pakaian anak




(Lemari pakaian anak model built-in. Foto:Dok. House Plans & More/Pinterest)


Lemari pakaian anak model built-in akan membuat kamar tidur terlihat lebih luas. Selain itu, lemari pakaian model ini juga membuat ruangan terlihat lebih rapi, karena adanya beberapa kabinet untuk menyimpan lebih banyak pakaian, sepatu dan aksesoris. Jika Anda tertarik menggunakan model lemari pakaian anak seperti ini, Anda dapat menggunakan pintu geser atau sliding, agar ruangan sempit tetap terasa lega karena dapat menghemat ruang. 


Lemari Pakaian Anak dengan Banyak Laci

lemari pakaian anak

(Lemari pakaian anak dengan banyak laci. Foto: Dok. IKEA)


Banyaknya perlengkapan pakaian anak membuat lemari pakaian mereka seringkali terlihat penuh dan berantakan. Oleh karena itu, model lemari pakaian anak dengan banyak laci dapat Anda gunakan untuk mengakali hal ini. 


Baca juga, 6 Meja Kursi Belajar Anak Lucu untuk Sekolah di Rumah


Jika lemari pakaian biasanya hanya terdiri dari pintu-pintu, tetapi model lemari pakaian anak ini agak sedikit berbeda. Karena, pada sisi sebelah kiri, terdapat dua pintu untuk tempat gantung pakaian, sedangkan pada sisi sebelah kanan, terdapat banyak laci dengan berbagai ukuran. Dengan begitu, akan memudahkan Anda atau Si Kecil menyimpan pakaian-pakaiannya ke tempat yang berbeda-beda seperti di dalam laci atau digantung, dan pastinya kamar tidur anak akan terlihat lebih rapi. 


Lemari Pakaian Anak dengan Bentuk Dinding Kamar Tidur

lemari pakaian anak


(Lemari pakaian anak mengikuti bentuk dinding. Foto: Dok. IKEA)


Jika kamar tidur anak Anda memiliki bentuk ruangan yang tidak simetris, Anda dapat menerapkan model lemari pakaian anak yang mengikuti bentuk dinding kamar tidur. Anda bisa memilih lemari pakaian anak modular yang dapat Anda sesuaikan dengan bentuk dinding di kamar tidur anak. Selain itu, sesuaikan pula lemari pakaian anak dengan kebutuhannya, agar lemari dapat tetap berfungsi secara maksimal untuk menyimpan pakaian-pakaiannya. 




Lemari Pakaian Anak dengan Material Kayu

lemari pakaian anak


(Lemari pakaian anak dengan material kayu. Foto: Dok. IKEA)


Model lemari pakaian anak dengan material kayu umumnya sangat cocok digunakan bagi segala usia. Selain itu, lemari pakaian anak seperti ini juga lebih tahan lama, kuat, dan kokoh dibandingkan lemari pakaian anak berbahan plastik, sehingga dapat digunakan hingga anak beranjak dewasa. Penggunaan lemari pakaian bermaterial kayu juga dapat memberikan efek natural di dalam ruangan. 


Lemari Pakaian Anak dengan Tirai 

lemari pakaian anak


(Lemari pakaian anak dengan tirai. Foto & Desain Interior: Dok. Gabrielle /Pinterest) 


Tentu, pintu lemari adalah suatu keharusan, tetapi terkadang pintu lemari bisa merepotkan bagi anak-anak. Sebagai alternatif pengganti pintu lemari, Anda bisa menggunakan tirai, sehingga pakaian-pakaian anak tetap terhindar dari debu atau kotoran, dan pastinya lebih mudah diakses oleh Si Kecil. 


Lepaskan pintu lemari, pasang jalur tirai di langit-langit kemudian tambahkan tirai dengan warna cerah atau bermotif, bisa tirai dengan motif yang menyenangkan atau tirai dengan motif karakter favorit anak. Menariknya lagi, tirai pada lemari pakaian bisa diganti sewaktu-waktu dengan warna atau motif lainnya, jika bosan atau ketika ingin mencuci tirai. 


Itulah beberapa model lemari pakaian anak yang bisa Anda terapkan di kamar tidur Si Kecil. Ajarkan juga Si Kecil untuk bertanggung jawab terhadap barang-barang miliknya dan menata pakaiannya dengan rapi. Bagaimana, sudah menemukan model lemari pakaian yang tepat untuk anak? 


Teaser: Foto: Robert Benson Desain Interior: California Closets (@caclosets) )