Merupakan salah satu jenis vegetasi yang bisa menjadi alternatif untuk mempercantik desain taman rumah. Tanaman rambat memiliki banyak jenis, baik yang merambat di dinding ataupun atap pergola yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Ternyata selain menjadi tanaman hias, tanaman merambat memiliki manfaat lain, seperti sebagai tanaman obat, misalnya sirih, baik sirih hijau ataupun sirih merah. Dan tentunya sebagai penyejuk lingkungan dengan membiarkannya tumbuh merambat pada dinding rumah, pagar maupun di taman, itu akan membuat udara sekitar menjadi lebih sejuk dan menyehatkan.

Oleh karena itu CASA Indonesia merangkum beberapa jenis tanaman rambat yang bisa menjadi pilihan Aanda untuk menghiasi taman atau dinding di rumah!




1. Morning Glory

Tanaman Rambat, Morning Glory

Gardener's Path


Memiliki banyak spesies dan varian warna bunga yang cantik, tanaman Morning Gloy masuk menjadi salah satu tanaman yang cukup populer bagi penggemar tanaman hias. Tanaman ini bisa menjadi pilihan untuk mempercantik taman vertikal ataupun sebagai penyejuk yang indah secara bersamaan.


Baca juga, Sehat dan Segar, Inilah 15 Jenis Tanaman Hias Gantung


2.  Dollar

Tanaman Rambat, Dollar

Dekoruma


Ficus pumila atau yang lebih dikenal sebagai tanaman dollar ini memiliki akar yang mencengkram kuat pada media rambatnya. Sering menjadi pilihan tanaman untuk dinding ataupun pagar rumah, media rambat terbaik untuk tanaman ini ialah media vertikal dengan tekstukr yang kasar, seperti bata. Memiliki daun berwarna hijau cerah, tanaman ini memberikan kesan sejuk dan menyegarkan untuk hunian Anda, tapi jangan lupa untuk merawatnya dan memangkasnya ketika daun sudah menjalur kemana-mana.


3. Vernonia elliptica

Tanaman Rambat, Janda Merana

Pinterest


Dikenal sebagai tanaman janda merana atau tanaman Lee Kwan Yew, tanaman merambat ini tumbuh menjuntai kebawah (curtain creeper). Cocok untuk bangunan tropis yang dapat ditanam pada balkon sebagai dekorasi atau kanopi agar memberikan kesejukan tersendiri pada hunian.


Baca juga, Percaya? Ada Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Feng Shui


4. Sirih

Tanaman Rambat, Sirih

Merdeka


Terkenal sebagai tanaman obat, ternyata tanaman sirih bisa juga jadi alternatif tanaman rambat yang menyejukkan tanaman. Sirih ini mudah untuk dirawat, dan bisa di tanaman baik di dinding vertikal, atap rumah, dan kanopi. Mampu menjulur tinggi apabila diimbangi penopang, sebab ia tidak mempunyai kekuatan berdiri sendiri sehingga memerlukan berbagai objek tinggi yang berada di dekatnya.


5. Bunga Alamanda

Tanaman Rambat, Bunga Alamanda

Garderner.id


Berbentuk menyerupai terompet dan memiliki banyak variasi warna, Allamanda catharitica atau yang kita kenal sebagai bunga Alamanda ini cocok sebagai tanaman penghias pagar dengan media tanam yang kuat. Berbunga sepanjang tahun, jangan lupakan untuk tetap memberi perawatan khusus terhadap tanaman ini. Dengan memangkassnya dan memastikan tidak ada daun gugur di dalam tanaman rimbun satu ini.




Baca juga, Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi


6. Golden Moneywort

Tanaman Rambat, Golden Moneywort

Pinterest


Merupakan tanaman merambat yang tidak memiliki bunga, Golden Moneywort memiliki warna hijau cerah yang dapat menyejukkan. Bersifat menjuntai dan cocok untuk di tanam di kanopi, tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman cantik untuk melengkapi elemen vegetasi di rumah.


7. Flame of Irian

Tanaman Rambat, Flame of Irian

Bibit Bunga


Memiliki kemampuan untuk tetap hidup meskipun berada di suhu yang panas, tanaman yang berasal dari Papua ini cocok dijadikan alternatif tanaman rambat untuk kanopi di rumah. Memiliki bentuk yang menjuntai, ternyata tanaman ini tergolong langka, jadi jika Anda ingin memilikinya siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkannya.


Baca juga, Tips Ahli: Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Segar


8. Bougenville

Tanaman Rambat, Bougenville

Bibit Bunga


Kelopak berwarna ungu atau merah yang terkenal setipis kertas, ternyata mampu bertahan lama tanpa perlu disiram air setiap hari. Fakta menarik dari Bougenville ini juga kelopak cantik yang selama ini di kira bunga sebenarnya adalah bagian dari daun.


9. Ivy

Tanaman Rambat, Ivy

fassadengruen


Merupakan jenis tanaman evergreen yang relatif agresif, Ivy dapat memiliki rentang hidup yang cukup panjang. Oleh karena itu, tanaman ini cocok untuk di tanam di perkotaan, terutama di wilayah dataran rendah, karena mampu membantu menyerap polusi dengan baik. Walaupun tanaman ini terlihat cantik ketika sudah menempel kuat di tembok, namun Anda tetap harus berhati-hati, karena bisa menyebabkan iritasi kulit dengan sensasi terbakar.


Baca juga, Tanaman Hias Apa yang Cocok di Dalam Rumah?


10. Mandevilla

Tanaman Rambat, Mandevilla

Gardening.id


Memiliki bunga berwarna putih, pink, dan merah, Mandevilla bisa menjadi salah satu tanaman rambat yang pas untuk di tanam di pagar rumah. Batangnya yang cukup lemas membuat tanaman ini perlu diikat di beberapa sudut untuk merambat ke tempat yang diinginkan. Daunnya yang rimbun juga menjadi salah satu jurus terjitu untuk membuat suhu rumah menjadi lebih sejuk.


Sumber teaser: Talde Brooklyn