Dalam mempersiapkan situasi new normal, banyak cara kreatif yang dapat diaplikasikan agar kegiatan sosial manusia dapat terakomodasi tanpa harus memiliki rasa takut yang berlebih. Didasari oleh ide tersebut, Arup, engineering firm asal Inggris ini merancang Parklets, street furniture hybrid dengan planters sebagai alternatif outdoor seating untuk beberapa restoran di Liverpool.


Sambut New Normal, Arup Rancang Parklets Untuk Restoran




Berkolaborasi bersama dewan kota Liverpool dengan Meristem Design, Arup memperkenalkan rancangan outdoor seating untuk restoran ini bersamaan dengan diangkatnya status lockdown di seluruh Inggris. Inisiasi bernama Liverpool Without Walls ini hadir dalam rupa desain Parklets menggunakan material modular terbuat dari hardwood dan dilengkapi screen dari tanaman dan kaca perspex.


Baca juga: Terasa Lebih Aman Saat Pandemi Jika Ide Ini Benar Ada


Sambut New Normal, Arup Rancang Parklets Untuk Restoran


Penggunaan furnitur modular untuk kebutuhan parklets restoran ini didasari agar dapat mudah dibersihkan. Karena untuk masa transisi pandemi seperti ini, kebersihan jadi faktor penting dalam mengurangi penyebaran virus Covid-19. Penggunaan hardwood juga dipilih karena karakteristiknya yang kuat namun memiliki beban yang cukup ringan, sehingga memudahkan proses membersihkan furniturnya. 




Sambut New Normal, Arup Rancang Parklets Untuk Restoran


Dalam merancang desain Parklets ini, Arup terinspirasi oleh proyek desain temporary seating yang dihiasi planters di tahun 2017 silam bernama FitzPark. Arup telah mempersiapkan 4 desain Parklets yang bisa diaplikasikan di berbagai tempat seperti tempat parkir, pavements, hingga ruang terbuka hijau yang luas.


Baca juga: Yori Antar Langsungkan Revitalisasi Goa Batu Cermin


Sambut New Normal, Arup Rancang Parklets Untuk Restoran


Untuk langkah awal, rencananya Arup akan mempersiapkan 9 parklets yang tersebar di Bold Street sebagai pusat hangout di Liverpool yang identik dengan bar dan kafe. Alternatif outdoor seating yang ditawarkan Arup untuk Liverpool Without Walls ini sangat berguna agar para pengunjung restoran, bar, dan kafe bisa tetap menikmati waktu santai tanpa harus khawatir terhadap transmisi virus dari orang yang tidak dikenal.


Sumber foto: dok. Arup / Dezeen