Menghadapi panasnya iklim tropis, penggunaan tirai kerap dinilai esensial demi membuat interior rumah tetap terasa adem. Umumnya tirai terbagi atas tipe blind dan gorden. Lalu, tipe yang manakah yang lebih sesuai dengan rumah modern masa kini?


Jawaban pertanyaan ini bersifat relatif tergantung kebutuhan, fungsi, serta kesukaan dari pemilik rumah. Bagi yang menyukai gaya modern dengan kesan chic dan kontemporer, tirai tipe blind dapat menjadi pilihan. Selain itu, produk blind termasuk mudah untuk dibersihkan tanpa harus dry clean atau dicuci secara khusus seperti tirai lainnya. 






Baca juga, 26 Model Gorden Minimalis untuk Mempercantik Ruangan


Sebelum berbelanja untuk keperluan rumah, tentunya Anda tak ingin salah membeli blind yang akan diterapkan pada jendela. Dimulai dari pertimbangan akan ukuran serta peletakan jendela, CASA Indonesia akan kupas lebih dalam pilihan tirai paling tepat sesuai bentuk jendela yang dimiliki di hunian. 


1. Jendela berukuran standar

Pada umumnya, dimensi dari jendela adalah sekitar 80 x 120 sentimeter. Dengan ukuran standar seperti ini seluruh jenis blind cocok untuk diterapkan, seperti halnya produk dengan tipe blackout bagi yang menginginkan cahaya seminim mungkin dalam interior rumah. 


Baca Ini Dulu Sebelum Beli Tirai Baru untuk di Rumah 1

Timothee Mercier / Simone Bossi 


Baca Ini Dulu Sebelum Beli Tirai Baru untuk di Rumah 2

Toscana Iron Blackout Electric Roller Blind / DotComBlinds


2. Bay window

Jendela seperti ini terbagai atas dua tipe, yaitu box bay dan angled bay. Di masa kini, box bay populer hadir dalam desain rumah modern terutama bagi yang gemar membaca buku sambil duduk bersantai di bay window ini. Blind tipe apa saja bisa digunakan asalkan mempertimbangkan detail ukuran jendelanya. Ukuran ini menjadi krusial demi mengetahui detail pemasangan terutama bagian ujung rail milik blind yang saling bertemu pada sudut jendela saat dipasang.


Baca Ini Dulu Sebelum Beli Tirai Baru untuk di Rumah 3

Baldwin & Bagnall / Tom Ferguson 

Baca Ini Dulu Sebelum Beli Tirai Baru untuk di Rumah 4

Toscana Beige Vertical Blind / DotComBlinds


Baca juga, Pecinta Buku akan Suka dengan 11 Inspirasi Rak Buku Ini




3. Jendela di dapur

Di area ini, jendela kerap dibuat menjorok ke dalam pada dinding backsplash di dapur. Berkaitan pula dengan fungsi ruang, maka venetican blind yang mudah dibersihkan, tahan terhadap air serta panas menjadi pilihan tepat untuk digunakan. Terutama yang terbuat dari bahan aluminium ataupun faux wood yang cocok untuk di area lembab pada dapur.


Baca Ini Dulu Sebelum Beli Tirai Baru untuk di Rumah 5

Hearth Architects / Yuta Yamada


Baca Ini Dulu Sebelum Beli Tirai Baru untuk di Rumah 6

Sugar Maple Real Wood Venetian Blind / DotComBlinds


Baca juga, Mau Renovasi Dapur? 5 Inspirasi Desain Dapur Minimalis


4. Jendela dengan lebar lebih dari 2 meter

Saat memiliki bukaan jendela yang luas namun tetap ingin mengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah, maka bisa digunakan vertical blind ataupun roller blind yang dapat dibuat sesuai lebar dari jendela yang dimiliki. Sistem tirai yang dapat dinaik dan turunkan cukup kuat untuk menopang kain pada tirai tanpa khawatir membengkok akibat bentang blind yang sangat lebar. Contoh bahan yang tepat adalah wooden blinds karena cenderung ringan.


Baca Ini Dulu Sebelum Beli Tirai Baru untuk di Rumah 7

Studiofour / Shannon McGrath


Baca Ini Dulu Sebelum Beli Tirai Baru untuk di Rumah 8

Hunter Douglass Roller Shades


5. Jendela sekaligus pintu

Ini kerap digunakan untuk pintu menuju patio ataupun teras rumah. Dikarenakan jendela akan sering digunakan sebagai akses keluar masuk, maka vertical blind serta pleated blind dapat diterapkan tanpa harus khawatir mengekspos jendela tiap kali membuka pintu.


Baca Ini Dulu Sebelum Beli Tirai Baru untuk di Rumah 9

Lindsay Chambers


Baca Ini Dulu Sebelum Beli Tirai Baru untuk di Rumah 10Com

Lime Blackout Conservatory Blind / DotComBlinds




Foto teaser: A2Z Office Supply Sdn Bhd
Sumber foto: dotcomblinds