Unik dan tidak biasa, itu kesan pertama yang tampil ketika pertama kali melihat koleksi furnitur terbaru Marija Puipate dan Vytautas Gecas.


Terinspirasi dari pelana kuda, upholstery tufting berwarna velvet dengan kombinasi susunan kaki-kaki kayu yang saling terkait ini secara visual begitu mencolok. Duo desainer Lithuania tersebut menamakannya dengan Envisioned Comfort.







Koleksinya sendiri terdiri dari kursi pelana, armchair, dan meja konsol. Seluruh koleksi tersebut memiliki kaki-kaki serupa yakni susunan kayu beech yang disatukan dengan penjepit berbahan kayu dan kuningan.


Baca juga: Percaya? Bahan Kulit Vegan ini Terbuat Dari Kaktus


Setiap kaki kayu tersebut terhubung dengan upholstery velvet dan ditempel dengan kancing kuningan di bagian atas sehingga memunculkan efek tufting yang sering muncul pada sofa.


"Satu dari kami memiliki khayalan tentang objek yang membawa kesenangan seperti di dalam rahim," ujar Gecas. "Maksudnya, ada kenikmatan sempurna yang dapat diberikan oleh material ini."






Elemen desain yang indah dari furnitur ini dikerjakan berdua oleh mereka. Puipaite merancang upholstery yang empuk sedangkan Gecas mengembangkan struktur kayunya.


Baca juga: Kursi Lipat Terinspirasi dari Origami Agar Travel Aman


Kombinasi bantalan yang empuk dengan struktur yang keras menjadi solusi teknis untuk menghubungkan bagian yang lembut dan keras.




"Bentuk konstruksi ini bisa diaplikasikan ke hampir seluruh jenis furnitur yang dapat dibayangkan," tambah sang desainer.




Koleksi Envisioned Comfort telah dipamerkan pada Collectible Design Fair 2020 oleh Galerija Vartai di Brussels, Belgia, Maret silam.


Sumber: Dezeen
Foto & Teaser: Darius Petrulaitis