Pengadilan kerap kali memiliki gambaran sebagai sebuah bangunan yang kaku dan intimidatif. Hal tersebut terasimilasi karena fungsi dari pengadilan yang sarat akan ketertiban dan keadilan. Namun bagaimana jika sebuah gedung pengadilan didesain dengan tampilan yang lebih indah dan elegan?


Inilah Desain Pengadilan yang Transparan Untuk Publik




Dalam hal ini Sou Fujimoto bersama Coldefy & Associés Architects Urban Planners menjadi salah satu dari empat finalis yang berhasil melayangkan proposal untuk merancang sebuah gedung pengadilan di Prancis. Kompetitsi desain ini juga diikuti oleh firma arsitektur ternama lainnya, Oma dari Belanda.


Baca juga: Hebat! Rumah Kaca ini Mandiri Secara Energi


Inilah Desain Pengadilan yang Transparan Untuk Publik


Berlokasi di kota Lille, proyek kolaborasi antara Sou Fujimoto bersama Coldefy & Associés Architects Urban Planners ingin menghadirkan konsep yang menggabungkan gedung pengadilan yang terkesan kaku dengan ruang publik terbuka hijau yang fleksibel.




Inilah Desain Pengadilan yang Transparan Untuk Publik


Bangunan dengan proyeksi lima lantai ini nantinya diharapkan dapat memberikan kesan ramah guna memperkuat hubungan antara badan pemerintahan kepada masyarakatnya. Hal tersebut coba diaplikasikan melalui struktur bangunan yang hadir dengan warna putih dan dominasi elemen kaca yang menggambarkan transparansi.


Baca juga: Mahasiswa Arsitektur UI Hadirkan Pameran Digital


Inilah Desain Pengadilan yang Transparan Untuk Publik


Tidak hanya dikelilingi taman yang luas, pada area dekat bangunan pun tersedia ruang komunal, parkir sepeda, serta kafetaria yang dapat digunakan secara bebas oleh masyarakat kota Lille di Prancis.


Sumber foto: dok. Sou Fujimoto dan Coldefy & Associés Architects Urban Planners / Arch Daily