Jika Anda ingin memberikan sentuhan desain interior yang unik dan original, terracotta adalah warna yang tepat untuk Anda, karena akan menghadirkan kesan rumah yang hangat, keelokan, dan harmoni. Warna ini menjadi semakin populer dunia desain interior, karena kemampuannya untuk berpadu sempurna dengan berbagai macam warna berbeda dan efeknya yang hangat dan menenangkan.


Dalam artikel ini, CASA Indonesia akan menunjukkan kepada Anda cara mengaplikasikan warna terracotta pada hunian Anda. 




Menggunakan Furnitur Warna Terracotta

warna terracota

                                       (Furnitur warna terracota. Foto: Dok. Woods and Warner/Pinterest)


Furnitur adalah salah satu komponen penting dalam hunian Anda. Memilih dan menempatkan furnitur seperti sofa berwarna terracotta akan membuat ruangan terlihat lebih statement. Sofa sendiri dirancang untuk memberikan kenyamanan dan relaksasi, dan pemilihan warna terracotta akan memperkuat efek ini. Anda bisa menggabungkan sofa terracotta dengan cat dinding berwarna krem, abu-abu atau putih. 


Menerapkan Cat Dinding Warna Terracotta

warna terracotta

                                    (Cat dinding warna terracota. Foto: Dok. Last Minuet Stylist /Pinterest)


Dinding ruangan atau kamar tidur juga bisa menjadi tempat yang efektif untuk memasukkan warna ini ke rumah Anda. Perlu diperhatikan, jika Anda ingin menggunakan warna ini di dinding kamar Anda, hindari furnitur-furnitur dengan warna yang lebih gelap.


Salah satu cara menarik untuk memasukan warna ini ke dalam hunian Anda adalah dengan membuat dinding fitur, yang memungkinkan Anda untuk membuat kontras dengan warna-warna lainnya dalam satu ruangan. Idealnya, dinding lain harus dicat dengan warna yang lebih terang, seperti putih atau abu-abu pucat. Sederhananya, jika Anda ingin memiliki dinding berwarna terracotta, sebaiknya gunakan furnitur berwarna kontras dan tidak serasi.


Mengaplikasikan Tile Terracotta

warna terracotta

                         (Ilustrasi kitchen island dengan tiles warna terracota. Foto: Dok. EclecticTrends/Pinterest)


Siapa bilang ubin (tiles) berwarna terracotta hanya bisa digunakan untuk lantai saja? Karena ternyata, tiles terracotta yang menyerupai batu bata ini dapat dipasang dinding atau kitchen island. Warna terracotta bisa menghasilkan kesan alami di rumah dan membuat interior yang terasa eksotis.


Membuat Efek Washed Out Pada Dinding Terracotta


                                          (Ilustrasi washed out warna terracota. Foto: Dok. @wanneska.interiores )


Salah satu kelebihan warna terracotta adalah bisa diberi efek apapun. Semisal, Anda mau hasil warna yang smooth atau diberi efek washed out. Dinding ruangan berwarna terracotta dengan efek washed out akan membuat dinding seakan bertekstur, sehingga memberikan kesan yang lebih menarik dibandingkan dengan efek smooth biasa. 


Menghadirkan Rumah Bergaya Rustic Dengan Tile Terracotta

warna terracotta

                     (Ilustrasi rumah bergaya rustic dengan warna terracota. Foto: Dok. Rustico Tile and Stone)


Warna intens dan alami dari ubin terracotta yang dihasilkan dari proses pembakaran tanah liat dengan jenis ubin, membuatnya banyak digunakan untuk memperkuat kesan rumah bergaya rustic. Anda dapat menemukan ubin terracotta dengan sentuhan akhir yang berbeda-beda, dengan atau tanpa kilap, dan dalam nuansa yang berbeda, yang dapat disesuaikan dengan selera dan desain interior rumah Anda.


Menciptakan Kamar Tidur Bergaya Bohemian 

warna terracotta

                        (Ilustrasi kamar tidur bohemian dengan warna terracota. Foto: Dok. Hunker/Pinterest)


Jika Anda ingin menciptakan kamar tidur bergaya bohemian, Anda bisa memilih warna terracotta sebagai dinding kamar. Setelah itu, tinggal tata furnitur dan ornamen bergaya bohemian, lalu tambahkan tanaman tropis untuk memperkuat konsep bohemian. 




Menciptakan Kamar Tidur Bergaya Minimalis

warna terracotta

                         (Ilustrasi kamar tidur minimalis dengan warna terracota. Foto: Dok. Adairs/Pinterest)


Tak hanya dapat menciptakan kamar tidur bergaya bohemian, warna terracotta juga dapat Anda terapkan pada kamar tidur bergaya minimalis. Anda dapat mengkombinasikan warna putih sebagai cat dinding, ranjang kayu minimalis dan bedding warna terracotta. Hal ini akan menciptakan efek hangat dan nyaman pada kamar tidur Anda. 


Memadukan Warna Terracotta Dengan Warna-Warna Natural


      (Ilustrasi padupadan warna terracotta dengan warna natural. Foto: @wanneska.interiores Desain Interior : @bijbente)


Warna paling aman untuk dipadukan dengan warna terracotta adalah warna-warna natural, seperti warna putih gading, cream, dan cokelat terang, mulai dari kayu hingga rotan. Memadukan warna terracotta dengan warna-warna ini dijamin hasilnya akan terlihat sangat menarik. 


Namun, tak hanya dapat dipadukan dengan warna-warna natural dengan tone hangat, Anda juga bisa memadukan warna terracotta dengan warna-warna tone dingin seperti biru, hijau gelap dan abu-abu. 


Teaser: Foto & Desain Interior : Sandra @eentofhuis / Instagram)