Siapa yang tidak tergiur dengan ramen? Makanan berbasis mi asal Jepang ini merupakan salah satu kuliner yang kini jadi favorit di berbagai kalangan. Sebagaimana sajian mi yang ada di Indonesia, ramen ini juga tersedia dalam bentuk kemasan. Namun, dalam menjaga kondisi alam yang sustainable, seorang mahasiswa desain produk merancang sebuah kemasan ramen instan yang dapat berubah jadi bumbu penyedapnya.


Ramen Instan Ini Bisa Menjaga Kondisi Alam




Dalam merancang produk yang unik ini, Holly Grounds yang baru saja menyelesaikan studinya di Ravensbourne University London, terinspirasi dari saat dirinya menjadi mahasiswa yang gemar memakan ramen instan. Kala itu, dirinya sedang memakan ramen instan favoritnya lalu terbesit pikiran bahwa hanya membutuhkan waktu 10 menit dalam menghabiskan makanannya namun kemasan yang dibuangnya akan membutuhkan waktu hingga delapan dekade untuk terurai.


Baca juga: Ide Desain Ini Bisa Bantu Ringankan Biaya Bangun Rumah


Ramen Instan Ini Bisa Menjaga Kondisi Alam


Atas dasar ide tersebut akhirnya Holly merancang sebuah kemasan ramen instan yang dapat dikonsumsi sebagai pelengkap hidangan. Kemasan ini merupakan sebuah biofilm yang terbuat dari tepung kentang, air, serta glycerin.  


Ramen Instan Ini Bisa Menjaga Kondisi Alam




Holly menerangkan bahwa Anda akan dengan sangat aman dapat memasak ramen instan tersebut bersama kemasannya. Kemasan rancangannya tersebut akan terurai secara cepat sesaat dimasukkan ke dalam air mendidih.


Baca juga: Inspirasi Hunian di Lahan 43M2 yang Cukup Untuk 6 Orang


Ramen Instan Ini Bisa Menjaga Kondisi Alam


Pada kemasan tersebut juga sudah ditambahkan bumbu penyedap dan rempah pilihan. Hal tersebut juga teraplikasi sehingga tidak adanya kemasan tambahan lainnya yang dapat merusak kondisi alam yang semakin mengkhawatirkan.


Sumber foto: dok. Holly Grounds / Dezeen