Kini bertanam merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di rumah. Menjadi metode menyegarkan suasana rumah seperti ini sebenarnya bukan menjadi hal yang baru. Karena hijaunya tanaman dapat menambah kesejukan dan kesegaran untuk hunian Anda. Tentunya, hadirnya tanaman juga memperbaiki sirkulasi udara di rumah, namun Anda tetap harus memperhatikan beragam aspek yang mendukung, seperti alat-alat bertanam yang mendukung tumbuhnya tanaman Anda di rumah, yaitu: 


1. Sekop





pingpoint


Alat berkebun berbentuk seperti sendok yang berguna menggali tanah atau media tanam lain ini wajib Anda miliki. Sekop yang terbuat dari besi atau stainless stieel ini memiliki bagian tajam pada ujungnya guna memudahkan saat memotong akar tanaman dan mengambil tanah padat.


2. Garpu Taman

Product Nation


Berfungsi untuk mengumpulkan daun-daun kering dan aneka sampah lain yang berada di sekitar tanaman. Garpu tanam ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menggali pot dalam ukuran kecil dan meratakan tanah. Sebelumnya, tentukan dulu ukran garpu taman yang cocok untuk tanaman hias yang Anda miliki di rumah agar lebih menghemat tenaga dan waktu.


3. Gunting Tanaman


Sarujuk


Ada kalanya tanaman tumbuh dan juga membusuk. Dalam menangani hal ini Anda wajib memiliki gunting tanaman, yang terbagi menjadi gunting ranting yang bentuknya melengkung, dan juga gunting rumput yang berbentuk lurus dan panjang. 


4. Cangkul




Okezone


Termasuk salah satu bagian dari perkakas bangunan, cangkul selain menjadi alat pengaduk semen dan pasir juga berfungsi untuk menggali tanah dalam jumlah yang banyak. 


5. Sarung Tangan Berkebun


aliexpress


Dalam menghindari masuknya tanah ke dalam kuku, sarung tangan menjadi solusi pencegahan yang jitu. Alat berkebun satu ini biasanya terbuat dari kain tebal yang nyaman digunakan dan memudahkan dalam memegang alat berkebun lainnya. Tentunya selain melindungi kuku dari kotoran, Anda juga bisa terlindungi dari duri-duri tanaman yang sedang di rapikan.


6. Penyiram Tanaman


asset-agrid


Memiliki bentuk seperti cerek air, alat penyiram tanaman ini wajib Anda miliki untuk mempermudah dalam menyiram tanaman dengan air pada nantinya. Terdapat beragam ukuran sesuai kapasitasnya masing-masing, Anda bisa menyesuaikan ukuran penyiram tanaman dengan besar tanaman yang di miliki.


Sumber teaser: asset-agrid