Jika mendengar nama Banksy, kontroversi dan isu sosial merupakan hal yang paling utama terbesit dalam benak. Sebagai seorang street artist atau seniman jalanan, Banksy memang selalu menghadirkan karya yang merespon keadaan sosial dalam bentuk yang tidak terduga, bahkan kerap kali jadi perbincangan bagi banyak orang.


Kembali Berulah, Banksy Hias Kereta Untuk Respon Covid




Kali ini, Banksy merespon isu sosial terkait Covid-19 atau virus corona dengan cara menghias interior kereta London Underground dengan mural stensil bergambar tikus yang menyebarkan virus melalui bersin serta membawa alat pelindung diri dari virus, seperti masker dan hand sanitizer.


Baca juga: Aktivitas Anti Bosan Untuk Anak: Buat Robot di Rumah






Tikus-tikus di dalam kereta ini digambarkan sebagai oknum yang mengambil keuntungan dari minimnya stok alat pelindung diri serta sebagai masyarakat yang abai terhadap bahaya virus corona. Padahal sejak 15 Juni 2020 yang lalu, pemerintah Inggris telah mengimbau agar masyarakat untuk tetap menggunakan masker saat bepergian menggunakan transportasi publik.


Kembali Berulah, Banksy Hias Kereta Untuk Respon Covid


Baca juga: Segar! Partisi Social Distancing Menggunakan Tanaman


Melalui video di Instagram-nya, Banksy melakukan aksi ini dengan berada di depan publik dengan berpakaian sebagai petugas kebersihan guna melindungi identitas aslinya. Gambar ini seakan jadi pesan dari Banksy untuk masyarakat agar tetap menjaga diri meskipun kehidupan sudah tampak normal walau belum sepenuhnya.


Sumber foto: dok. Banksy / Design Boom